Total Tayangan Halaman

Kelas Blogger Bengkulu Mengantarkan Aku Menjadi Seorang Blogger
Kelas Blogger Bengkulu Mengantarkan Aku Menjadi Seorang Blogger

Kelas Blogger Bengkulu Mengantarkan Aku Menjadi Seorang Blogger

- 16

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

KISAH NYATA PERJALANAN MENJADI SEORANG BLOGGER
Dari tahun 1999 M hingga tahun 2018 M

Selamat Milad Bobe, Blogger Bengkulu tahun ini milad yang ke 2 yaaa. Aku ingin mempersembahkan sebuah tulisan special buatmu Bobe...Sedikit aku ingin berbagi cerita dari awal aku mengenal dunia internet, sampai aku mengenalmu Bobe....dan hingga sekarang aku selalu bersamamu....Love you Bobe, Blogger Bengkulu.

Ceritanya begini Bobe....
Aku orangnya sangat suka membaca, apa saja kubaca, dari kecil memang sudah senang dunia buku dan bacaan lainnya. sampai akhirnya sekitar tahun 1999 aku mengenal dunia internet. Waktu itu aku masih kuliah di salah  satu Universitas Negeri di Padang Sumatera Barat. Aku kuliah disana melewati jalur mahasiswa undangan yang dulunya disebut mahasiswa jalur PMDK.

Foto ini mewakili driku disaat baru mengenal dunia internet 
di tahun 1999 M
Awal aku mengenal internet ketika aku diajak teman Asrama Putri tempatku tinggal selama kuliah di Padang, Aku dan teman-temanku ikut workshop setengah hari di LP3I Padang. 
Kekira dapat apa ya workshop hanya setengah hari? 
Jangan salah loh, walau hanya sebentar belajarnya, tapi manfaatnya bisa kurasakan dan kunikmati hingga sekarang. 
Kok bisa? emang belajar apa aja waktu itu? 

Waktu itu aku dan teman-teman dapat pelajaran tentang cara menggunakan internet dan cara membuat dan manfaat sebuah email. Naah itu aja kok materinya....seingat aku bayaran belajarnya sebesar 15 ribuan. dapat sertifikat pula...Aku senang sekali dan sangat semangat membuat email.

Alhamdulillah emailku berhasil kubuat, waktu itu trennya email dengan @yahoo.com, email pertamaku jadi dan langsung ku gunakan untuk saling nge email sesama teman-teman yang ikut workshop waktu itu....sebagai bukti hasil dari workshop itu kami harus praktek send email dan reply email sesama kami.
mau tau gak email pertamaku yang sampai sekarang masih setia menemani setiap aku mengisi identitas diri atau CV ku, yakni mfwkk@yahoo.com. 
Apasih maksud dari nama emailnya? 
kok mfwkk?

mfwkk itu sebuah singkatan dari nama lengkapku yakni Mus-Fira-Wati, sedangkan kk itu singkatan dari nama orangtuaku yakni Kahar dan Kartini.
Waktu itu aku suka banget dengan nama email ini, walau banyak mengundang penasaran orang-orang ketika email ini kupakai untuk berinteraksi di yahoo massanger waktu itu.

Setelah mengenal dunia internet, dan sudah memiliki email, aku jadi sering berlama-lama di internet, hanya sekedar untuk membaca dan berinteraksi dengan teman-teman di dunia maya lewat internet. aku suka berteman dengan orang-orang luar negeri yang bagus bahasa inggrisnya, karena aku sangat terobsesi ingin bisa berbahasa inggris secara aktif ke siapapun.

Bobe...bacaan apa saja yang kubaca di internet? 
Banyak sekali yang  bisa kubaca dan aku ketahui dari internet, artikel islami, tentang motivasi, bahan-bahan kuliah, pengalaman hidup orang-orang sukses, dan masih banyak lagi info-info mendunia yang sudah kudapatkan. Aku sangat konsumtif dengan bacaan-bacaan baru yang belum pernah ku ketahui....Sempat terfikir olehku, gimana yaa agar bisa memberikan sumber bacaan yang ada di internet ini? 
pertanyaan itu sering terlintas olehku bobe...tapi hanya sebatas lintasan saja, tidak ada respon action yang menjawab pertanyaan dalam fikiranku. sampai akhirnya aku kenal dengan dirimu Bobe.....

Usiamu baru masuk dua tahun yaa, Akupun baru mengenalmu, tapi unsur manfaatmu sangat terasa olehku bobe...
Kamu masih ingat gak gimana awalnya kita jumpa bobe?
Foto Milda Ini.
Foto koleksi Bobe
Kelas Blogger 5 Taman Smart City Bengkulu
Aku ingat dan ingat sekali, waktu itu aku kenal kamu di Taman Smart City Simpang Lima Bengkulu. Tepatnya aku ikutan belajar di kelas blogger 5 dengan materi "Cara membuat video berdurasi satu menit".

Waktu itu ada status Mimin bahwa akan ada kelas blogger 5 di Smart City, akupun langsung nge japri mimin, mau ikutan dan alhamdulillah jadwalku cocok dengan jadwal kelasmu Be....Siang itu hadirlah aku bersama ke empat anakku yang ikutan semua mengawalku untuk menuntut ilmu padamu Bobe...
Sebelum pergi aku gak sempat mampir beli makanan untuk kunyahan anak-anak, padahal bawa anak balita, eeee ternyata ada stock Ayam geprek dari panitia, Alhamdulillah semua pada tenang dengan ayam gepreknya masing-masing...akupun khusuk belajar bersamamu dan teman-teman lainnya.

Bulan sebelumnya aku hampir saja ketemu kamu Be. Aku melihat ada status mimin di medsos bahwa akan ada kelas blogger 4 dengan kontribusi 25rb di kampus Dehasen, adminnya sudah aku japri bahwa aku mau ikutan, ternyata waktuku gak bisa kompromi sehingga aku tidak bisa ikutan belajar di kelas blogger 4, Aku tetap berharap dan berdo'a next time insayallah aku bisa belajar ke kamu Be....Akhirnya do'aku dikabulkan Allah, hingga sekarang aku bisa selalu belajar bersama Blogger Bengkulu.

Kelas blogger 5 adalah kelas pertamaku belajar bersama teman-teman Blogger bengkulu. Aku datang dengan niat ingin belajar dan menjawab lintasan-lintasan fikiranku selama ini "Bagaimana ya cara agar tulisan atau ide kita bisa di baca dan diketahui dunia" yakni membuat blog. Selama ini aku hanya sebatas pengguna atau pemakai saja. Seringkali karena penasaran dengan ilmu blog aku buka artikel-artikel tentang blog, trus disaat ke toko buku aku intip-intip juga ilmu blog, bahkan aku beli buku cara menjadi seorang blogger. Alhasil benar apa yang di bilang mak Bobe Mildaini, butuh kesabaran dalam belajar blog, belajarnya sedikit-sedikit dulu..... bener Be, semakin aku baca dan semakin aku pelajari sendiri bagaimana cara ngeblog, bukannya aku makin bisa dan mengerti, malahan otakku jadi kleyeng-kleyeng pusing sendiri.

Nah aku dapet kesimpulan bahwa menjadi seorang blogger mesti berguru, ilmu ngeblog bukanlah seperti ilmu memasak menu, yang dapat bahan dan cara membuatnya langsung bisa di praktekin, tapi ngeblog adalah ilmu yang mesti belajar dan mencontoh langsung pada para pelaku blogger yang sudah sukses dengan blog yang dimilikinya.....itulah kesimpulanku Bobe, sehingga aku datang padamu untuk belajar, belajar dan belajar.

Mildaini  say bahwa "ngeblog itu berat mak".
Seberat apakah ya?
Aku jadi ingat sebuah quate motivator bahwa "You Can  Do if  You Want"
Kamu bisa melakukan nya jika kamu mau..... so DO IT!!!!! lakukan saja!


Foto Milda Ini.


Koleksi Bobe
Suasana kelas pertama belajar bersama Bobe

Cerita seru selanjutnya ada di kelas Blogger 6, Aku kembali belajar bersama teman-teman Blogger Bengkulu dengan materi yang sangat seru yakni "Belajar Memotret" yang disampaikan pemateri kece dan keren oleh kak Komi Kendi. Ilmu memotret ini ternyata banyak sekali yang harus di pelajari yang sebelumnya ku kira sepele banget ternyata sangat penting di perhatikan dalam memotret agar hasil potret kita bagus dan senang untuk dilihat-lihat kembali.

Salah satu alat digital yang bisa digunakan untuk memotret dan hampir semua orang menggunakannya yakni handpone smartphone. Sebelum menggunakan kamera smartphone ternyata kita mesti setting dulu pengaturan kameranya. Selama ini aku asal potret aja tuh, gak pakek setting camera lagi, pantesan yaa hasil potretanku gak bagus, gak memiliki estetika atau keindahan.

Sejak dapat ilmu di kelas blogger 6, Alhamdulillah hasil potretanku mulai di sukai dan di apresiasi oleh teman-teman. bagiku orang senang saja melihat hasil potretanku aku sudah bahagia, apalagi jika potretanku bisa bermanfat dan digunakan oleh orang lain untuk kepentingan yang baik.



Foto Musfirah Abdul Kohar.


Kelas Blogger 6


Taman Berkas Pantai Panjang Bengkulu
Foto di atas hasil jepretanku ketika belajar di kelas blogger 6. Inilah yang paling aku suka di kelas Blogger, setiap mendapat materi baru selalu dilanjutkan dengan kegiatan action atau menerapkan langsung ilmu tersebut, sehingga aku dan teman-teman benar-benar merasakan kebermanfaatan ilmu tersebut, akupun jadi ingat....coba kalau tidak langsung praktek, bisanya ilmu hanya masuk di telinga kanan keluar di telinga kiri dech hehehe.....

Setelah kak Komi menyelesaikan materinya, kamipun mulai bergrilya mencari objek yang menarik untuk di potret. Semua antusias beraksi dengan ilmu barunya, saking semangatnya aku melihat ada kejadian seru....ada dua temanku yang posisi saling membelakangi, sama-sama sedang memotret objek di depan masing-masing...keduanya asik mengatur posisi agar bisa mendapat hasil potretan yang maksimal, keduanya sama-sama mundur dor! akhirnya tabrakan terjadi......Ha ha ha Aku jadi tertawa sendiri menyaksikan tabrakan tersebut.

Diakhir belajar selalu ditutup dengan do'a dan makan bersama, kali ini menu ayam geprek setia memenuhi kebutuhan sumatera tengah para peserta kelas Blogger Bengkulu.


Foto Musfirah Abdul Kohar.


Hasil jepretanku waktu belajar di kelas blogger 7


di Taman Mangrove Bhadrika Bengkulu
Bobe.... 
Seru ya kenangan yang kita alami sempat terabadikan di koleksi foto kita....ini adalah moment saat aku dan teman-teman bobe sedang belajar di kelas blogger 7. 

Kali ini tempat belajar kelas blogger lokasinya pertama kali aku kunjungi, tempatnya sangat natural, sejuk dan tenang dari kebisingan lalu lintas dan keramaian manusia. Pinter ya Bobe milih lokasi untuk belajar, sku suka style mu Be... 

Materi yang kudapat di kelas blogger kali ini tentang "Niche Blog" 
Disini aku dan teman-teman ketemu dengan para blogger bengkulu yang sudah lama ngeblog dan sudah banyak meraih apresiasi di dunia perblog an. Ada 4 orang sekaligus tampil sebagai pemateri blog yang berbeda niche, ada blogger traveler, blogger kecantikan, blogger buku, dan blogger kuliner. 
Aku terpesona mendengar paparan mereka yang luar biasa berkomitmen dengan niche blog masing- masing. 

Sedangkan aku ada di posisi baru punya blog, yang alhamdulillah sudah berdomain, kebetulan lagi ada domain promo dari Bobe khusus peserta yang ikut kelas blogger. Senang ya bergabung di komunitas ini, aku banyak ketemu orang-orang muda yang baik hati... seperti kak Piter JV foundernya Sepenggal Info. Beliau paham dengan keterbatasan mak-mak akan dunia IT, blogku jadi berdomain dan tertata berkat bantuan beliau. 

Seorang blogger akan sangat terbantu sekali jika mengerti hal IT. Karena cantiknya dan maksimalnya sebuah blog tergantung bagaimana tampilan template sebuah blog yang menarik yaa....

Kelas Blogger 8 di Bengkulu Ekspres Bengkulu
Bobe.....
Kamu kira aku selama ini dengan mudahnya ya datang di setiap kelasmu tiap bulan? 
Tidak Bobe, kamu salah. Setiap aku ingin mengikuti kegiatan belajar di kelasmu, berbagai halangan dan rintangan yang menggangguku. 
Seperti kelas blogger 5 yakni kelas pertama aku ketemu teman-teman di Bobe, hampir saja aku tidak jadi datang, ntah kenapa hari itu tiba-tiba bucik yang jaga anak-anak ada pula kegiatan di kampus, padahal biasanya gak ada, kan hari itu siang ahad yaa....karena kemauanku yang kuat untuk belajar dan penasaranku yang tinggi ingin memiliki blog, akhirnya ayook, kuajak semua anakku untuk ikut semua, berkemaslah aku dan anak-anak mulai dari jam 11.00, acaranya akan dimulai jam 13.30, aku gak boleh terlambat, karena rmpongnya dengan empat anak akhirnya nyampai juga, alhamdulillah acaranya belum dimulai.


Begitu juga di kelas blogger 6, rintangan dan perjuangan kulewati dengan beratnya, waktu itu suamiku lagi pulang, baru 3 hari landing dari Jogja, yang selama ini menuntut ilmu melanjutkan study S.3 di sana......strategi persiapan dan kemantapan hatiku membuat suami dan anak-anak survive kutinggal sebentar setengah hari, siang hingga sore. Alhamdulillah suamiku mengijinkan, itu semua kuyakinkan ke suami bahwa ini kegiatan yang akan menambah kebermanfaatan umi sebagai wanita yang punya karya dan mandiri di kehidupan bermasyarakat.

Kelas blogger 8 beda lagi keseruan perjuanganku untuk bisa hadir. Hari ahad juga dimana ada banyak undangan yang harus kuhadiri, gimana caranya ya, mana lokasi kelas bloggernya lumayan jauh dari rumahku, mana materi kelas 8 ini sangat menantang bagiku, aku butuh ilmu ini untuk menjadi seorang blogger, akhirnya undangan ku hadiri sore hari sabtu. trus paginya aku mesti ke pasar belanja kebutuhan mingguan, untuk bekal persiapan dalam kulkas, karena tau sendiri Bobe...aku ini punya anak lima orang dan 4 orang sudah sekolah yang mana sebelum berangkat sekolah mesti sarapan dulu. Hal itu sudah menjadi kebiasaan di keluargaku., trus 3 orang mesti dibekali makan siang di sekolah. jadi isi kulkas gak bisa kosong apalagi besok senin hari kerja. bisa-bisa kacau dunia persilatan jika bekal masak gak ada....bisa-bisanya keluargaku makan mi instan atau makan jajanan kedai sarapan pagi dech.
hadeh kok aku jadi curcol yaa....
keasikan nulis ini.....hehehee

Dengan  berbagai halangan bisa kutempuh sehingga aku berhasil mengikuti kelas blogger 8 dengan enjoy dan nyaman di gedung Bengkulu Ekspres, lantai tiga lho no lift no eskalator, manual saja naik ke lantai tiganya. Alhamdulillah ruangan belajarnya bikin nyaman dan ngadem ber AC hihiiii.... aku suka....aku suka.....materinya kuikuti dengan serius dan aku bahagia sekali dapat ilmu di kelas blogger 8 tentang "Menulis Liputan Blog" oleh kak Zalmi Herawati, beliau seorang redaktur di BE yang handal dan ketjeh, sudah lama berkecimpung dengan liput meliput berita.
Serunya lagi di kelas ini ada kegiatan nulis serempak, akupun menang dan dapat hadiah dari sponsor dua rasa Thaiteadimsum, hmmmm segarnyee maaak......

Hasil gambar untuk #bloggerbengkulu
Foto koleksi Blogger Bengkulu
Kelas Blogger 9 di Ponpes (Rumah Tahfidz Bakti Ilahi) RTBI Begkulu
Setiap kelas blogger yang diadakan oleh Bobe memiliki daya tarik tersendiri yang buat aku akan ngerasa rugi jika kulewatkan. Apalagi kelas blogger 9 , pas aku baca pengumumannya di Grup Bobe bahwa akan ada kelas blogger 9 pas menyambut waktunya bulan ramadhan sekalian mencarge diri ini untuk istiqamah di jalan Allah dan kembali kejalan yang benar jika mulai melenceng ke hal yang salah., Keswmpatan ini Bobe mau berdonasi ke salah Ponpes RTBI Rumah Tahfidz Bakti Ilahi.
Mataku langsung berbinar seketika melihat flyer yang beredar, baik di grup, wa, Ig dan Facebook. Gimana mungkin kesempatan ini kulewati, dimana aku lagi dilanda rinduuu berat dengan putra sulung buya Rozian Karnedi, nah Bobe taunya ngadain kelas disana, aku langsung japri admin bahwa aku ikutan.....Muhammad Rosikhan Rozi adalah salah seorang santri mukim di RTBI adalah putra sulungku yang selalu kurindukan, tapi sangan ku ridhoi ananda untuk belajar di ponpes RTBI, semoga cita-cita keluarga kami dapat tercapai yaa....Bantu do'a ya sahabat Bobe...Aamiin.

Belajar di kelas blogger 9 aku bawa adek bungsuku yang mulai tertarik belajar blog, setelah banyak hal kuceritakan apa saja keuntungan bergabung di kelas Blogger Bengkulu, selain kita dapat ilmu nge blog kita juga bisa mendapatkan banya teman baru, bahkan keluarga baru lho....


Alhamdulillah Akhirnya Aku Resmi menjadi seorang Blogger

Kapan nih aku menobatkan diriku menjadi seorang blogger?
Selama aku ikut kelas blogger, selama itu juga aku mulai mengarahkan diri untuk menjadi seorang blogger, aku awali membuat sebuah blog yang waktu itu di bimbing oleh kak Mira Kazen, kebetulan kami lagi musyawarah kerja FLP tahun 2017.
Akhirnya aku memiliki sebuah blog www.musfirahkahar.blogspot,com.

Sesuai ilmu dan saran dari teman-teman Blogger bahwa aku mesti rajin mengisi blog dengan postingan tuliasan secara kontinyu bahkan secara terjadwal. itupun mulai kulakukan diwaktu senggangku, aku belum bisa mnulis terjadwal seperti arahan dari mak Bobe Mildaini. Terngiang selalu olehku mak bobe pernah bilang bahwa syarat dimasukkan ke grup Bobe jika postingan sudah mencapai di angka minimal  10 tulisan yang di posting di blog....akupun ber azzam bahwa aku ingin masuk di grup Blogger Bengkulu. Alhamdulillah akhirnya postingan di blogku mencapai 10 tulisan, akupun menagih pada mak bobe agar kiranya aku dimasukkan ke grup Blogger Bengkulu. Selanjutnya aku ingin memiliki blog seperti blog teman-teman yang tidak gratisan atau berdomain. rasanya belum percaya diri aku mengaku  seorang blogger jika blogku masih gratisan hihi, singkat cerita teman-teman blogger membantu aku hingga aku memiliki blog yang kuinginkan yakni www.firakahar.com.


Sejak aku punya blog inilah aku berani menyebut diriku seorang blogger. terima kasih teman-teman Blogger Bengkulu yang telah mengantarkan diriku menjadi seorang blogger. 
Sebagai blogger pemula, aku masih banyak butuh bimbingan dan arahan dari teman-teman blogger yang sudah ketjeh dan kereeen sejagat raya....


Foto Milda Ini.
Bahagia Aku Bisa berada di Antara Kalian Semua
Taman Mangrove Bhadrika bengkulu

Hikmah yang dapat ku Ambil dari sebuah kisahku

Paling penting hikmah yang dapat aku ambil, diantaranya:
bahwa jangan pernah berhenti memikirkan sesuatu yang baik walaupun kita tidak tau kapan itu akan terjadi dalam kehidupan kita.

untuk menjadi seorang yang berhasil kita perlu contoh atau pedoman dari sosok orang-orang yang sudah berhasil.

Janganlah berhenti bersama dengan orang-orang di sebuah komunitas, jika orang-orang yang ada di komunitas itu akan membawa kamu kearah yang lebih baik lagi.

Ada kalanya kita harus lebih bersabar lagi demi tercapainya sebuah keinginan atau impian dalam hidup.

kebersamaan lambat laun akan menjadikan sesuatu keindahan nyata,, dari tidak kenal menjadi saling merindukan.

bersama Blogger Bengkulu, aku bisa menyalurkan banyak hobi dan kesenangan, diantaranya hobi nulis, hobi jalan-jalan, hobi makan, bahkan hobi shopping, kebetulan waktu itu aku pernah diajak Bobe nge buzzer tempat belanja, akupun dapat reward belanja, lumayan bisa beli kebutuhan kamar mandi, sabun menyabun beserta kawan-kawannya.

Komunitas Blogger Bengkulu mempertemukan aku dengan orang-orang hebat, special mak Milda yang full dengan aksesoris karakternya, kak Piter JV, kak Ria fasha, Aang, Zefron, Intan, Fira F, kak Linda, Pura,  Nengsih, dan teman-teman blogger lainnya....Love you All. Semoga pertemuan kita ini menjadi pertemuan yang saling memberi manfaat diri untuk ke kebaikan sehingga kita dapat kembali berkumpul di Jannah-Nya. Aamiin.


Bobe.....


Itulah kisahku hinggah aku menjadi seorang blogger
Tulisan ini kupersembahkan untuk miladnya Bobe yang ke 2 Tahun dalam "Sejuta Cerita Menjadi Blogger di Kota bengkulu"
kan kuukir kisah selanjutnya bahwa aku ingin menjadi Blogger yang TANGGUH, seperti yang di arahkan oleh mak Bobe Mildaini.

Foto Milda Ini.
Keseruan Belajar Bersama Bobe di kelas 8


Hasil gambar untuk #bloggerbengkulu
Foto koleksi Blogger Bengkulu
Buzzer pertamaku bersama Bobe di Mart 212 Bengkulu

Hasil gambar untuk #bloggerbengkulu
Foto koleksi Blogger Bengkulu
Keseruan kala ikut buzzer keduaku bersama Bobe di Central Elektro

Foto Milda Ini.
Kopdar with Mak Blogger Mira Sahid di RM Gelato








Diperbarui

16 Komentar

+ Tambahkan
Panjang juga mbak, perjalanannya dari 1999 :D Fira baru umur 2 tahun
Pabjang cerita dari mengenal internet fir.... kesampaian nge blognya baru di tahun ini 2018
welcome mak.. selamat datang di dunia perbloggingan ayok kita sama-sama belajar
Terima kasih pura, mak adis atas sambutannya.. . aku suka tampilan blogmu, sampai waktunya nanti aku ingin punya blog yang tampilannya nenarik seperti punyamu....
Salut Mak firah mah.. aktif bgt.. 😘
Banyak ya Mak kegiatan bobe.. mga kta konsisten buat ngeblog..
Semoga banyak kebahagiaan bersama Bobe ya mak
Semoga banyak kebahagiaan bersama Bobe ya mak
maaf ya mak, diantar doamg ga dijemput
Salut sama emak...semsngatnya begitu muda dan enerjik untuk mengikuti kegiatan bobe..
Semangat terus ya bu. Ngeblog ini seru banget emang. Gak akan ada kelarnya walo sudah bertahun-tahun dipelajari & harusnya gak aka nada bosannya. Semoga kita semua diberikan semangat menulis yang tinggi & bermanfaat ya bu. Sekalian memperluas networking juga. :)
aktif nimbrung, aktif nulisnnya belum
hihihii....
Aamiin....
iya dik Nengsih.
maunnya dijemput maak....
soalnya masih berasa muda terus kak.....hehehee
iya dek intana.....dirimu sudah ketceh dengan blogmu,
menginspirasi dech.
Tambahkan Komentar

Hello pembaca yang sholeh dan sholehah
Terima kasih ya, telah mampir dan baca tulisanku di blog www.firakahar.com ini.

Alhamdulillah wa syukrulillah aku bisa jumpai pembaca dengan menulis di blog, kalaulah ada tulisanku bermanfaat bagin pembaca, jangan sungkan dan ragu untuk di share, follow dan di coment ya.

Aku senang dan bahagia jika ada kritik ataupun masukan yang membangun terhadap tulisan-tulisanku di blog ini.

Jika ada kesempatan untuk bekerjasama boleh hubungi hp/wa-ku: 8117306556, by email_ku: mfwkk@yahoo.com

see you
regard from me
FIRA KAHAR


Kelas Blogger Bengkulu Mengantarkan Aku Menjadi Seorang Blogger

Kelas Blogger Bengkulu Mengantarkan Aku Menjadi Seorang Blogger