Total Tayangan Halaman

MINUMAN YANG MENGHANGATKAN JAMA'AH TAKZIAH DI BENGKULU
MINUMAN YANG MENGHANGATKAN JAMA'AH TAKZIAH DI BENGKULU

MINUMAN YANG MENGHANGATKAN JAMA'AH TAKZIAH DI BENGKULU

- 12


Assalamu'alaikum pembaca setia dimanapun  berada, saya berada di kota Bengkulu, saya mau sedikit berbagi dengan pembaca bahwa salah satu budaya di kota bengkulu yang tidak dimiliki di daerah lain adalah adanya acara takziah di rumah duka atau rumah orang yang meninggal dunia. Acara ini biasanya selama tiga malam berturut-turut, yakni malam pertama, malam kedua dan malam ketiga. bahkan ada malam ketujuh, dan malam ke empat puluh. Tapi ada juga yang hanya satu malam saja, sesuai dengan kondisi kesiapan dan kebutuhan keluarga yang sedang mendapat musibah. Biasanya tuan rumah hanya menyiapkan tempat saja, misalnya tenda dan kursi, Sedangkan kesiapan yang lainnya misalnya kudapan, minuman, pengeras suara dan petugas pelaksana kegiatan seperti pembawa acara, yang ngaji pembukaan dan ustadz yang ceramah takziah biasanya diadakan atau diurus oleh panitia penyelenggara pada malam yang bersangkutan, Apakah dari unsur pemerintahan RT, RW, Jamaah mesjid, atau Instansi-instansi negeri dan swasta tempat anggota keluarga yang berduka bekerja. Kegiatan takziah ini semaksimal mungkin tidak memberatkan keluarga yang sedang berduka, karena tujuan bertakziah adalah menghibur keluarga yang sedang berduka.

Sebenarnya apa sih hukum bertakziah itu?
Takziah hukumnya yaitu sunnah. Takziah merupakan kewajiban bagi setiap muslim terhadap muslim yang lain serta orang yang sudah meninggal berhak atas hak takziah. perlu kita ketahui bahwasanya ada lima hak orang islam yang lainnya, diantaranya : menjawab salam, menjenguk orang sakit, mengantar jenazah, menghadiri undangan, dan mendo'akan orang yang bersin.

Pada kesempatan ini, dengan ijin Allah, saya ingin sedikit menulis tentang adab bertakziah di rumah duka, diantaranya:

  1. Hendaknya mengucapkan kalimat tayyibah yakni "Innalillahi Wa Inna Ilaihi Rojiun" yang mengandung arti Sesungguhnya kami adalah milik Allah dan kepada-Nya kami akan kembali.
  2. Sebaiknya memakai baju atau berpakaian rapi dan sopan. Apabila seorang muslim yang bertakziah sudah sampai di rumah orang yang meninggal, maka kita sebaiknya menunjukan rasa empati dan sedih, janganlah tertawa, dan tidaklah diperbolehkan berbincang-bincang dengan orang lain yang terlalu berlebihan sehingga menjadi pusat perhatian orang lain.
  3. Hendaknya selalu menghibur ashhabul musibah atau keluarga yang sedang mendapat musibah agar mereka sabar dan ikhlas dalam mengalami musibah, pada kenyataannya semua makhluk hidup pasti akan menjalani kematian atau meninggal. Jika keadaan mengijinkan, hendaknya orang yang sedang bertakziah mendekati jenazah dan memanjatkan do'a supaya dosa-dosa almarhum atau almarhumah diampuni Allah SWT.
  4. Jika kondisi mampu, orang yang bertakziah sebaiknya dapat memberikan sumbangan agar dapat meringankan beban bagi keluarga yang ditinggalkan.
  5. Hendaknya orang yang bertakziah agar dapat berusaha untuk mensholatkan jenazah, mengantarkan jenazah ke tempat peristirahatan terakhir atau kuburan dan hendaknya turut mendoakan  jenazah.

Alhamdulillah.....akhirnya kelima adab bertakziah dapat  saya tulis, semoga bermanfaat dan dapat dilaksanakan, khususnya bagi diri saya sendiri. 

Selanjutnya saya ingin berbagi info yang menarik tentang kebiasaan masyarakat bengkulu ketika bertakziah di rumah orang meninggal dunia.   

Menariknya acara takziah di kota Bengkulu selalu ditemani dengan minuman yang menghangatkan yakni minuman jahe hangat. kandungan jahe alami memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, selain menghangatkan serta membuat tubuh nyaman sehingga memberikan efek relaksasi. Rasa hangat dari jahe pun bermanfaat untuk meredakan masuk angin, kembung serta mengurangi rasa mual. 
Saya suka minuman ini, apalagi yang rasa original, saya selalu memilih yang rasa original, terkadang panitia juga menyiapkan air jahe rasa susu.

Sebuah kenikmatan dan keuntungan bagi saya ketika menghadiri takziah adalah mendapatkan minuman sari jahe gratis yang rasanya sangat nikmat dan dapat menghangatkan badan di saat mendengarkan tausyiah ceramah takziah dari ustadz.....hehehe.




Beberapa waktu yang lalu saya mampir ke mini market, kebetulan ada kebutuhan bulanan yang tertinggal atau kelupaan saya beli, salah satunya minuman herbal. Sayapun menelusuri rak-rak area pajangan minuman, akhirnya mata saya tertuju pada sejejer kotak minuman yang rapi dan banyak sekali, terbacalah oleh saya tulisan "Herbadrink" ada delapan warna kotak yang berbeda dengan tulisan atasnya yang sama, akhirnya saya baca satu-satu, oh ini kotak minuman herbal herbadrink yang memiliki variasi dan rasa yang berbeda-beda. Ada Herbadrink Krisantemun, Herbadrink Kopi Ginseng, Herbadrink Kunyit Asam, Herbadrink Temu Lawak, Herbadrink Lidah Buaya, Herbadrink Wedang Uwuh, Herbadrink Beras Kencur, dan terakhir saya temukan Herbadrink Sari Jahe

Akhirnya saya masukan beberapa kotak minuman Sari Jahe Herbadrink Sugar Free dalam keranjang belanjaan, masing-masing kotak isinya lima saset, terbayanglah kenikmatan malam tadi disaat takziah menyeruput secangkir minuman jahe origial. wah kalau ada yang kayak gini saya bisa minum air jahe kapan saja saya suka nih, gak harus repot bikin ataupun gak harus nunggu minuman jahe gratis di acara takziah hehehe....




Sari Jahe Herbadrink Sugar Free merupakan resep minuman tradisional yang diproduksi tanpa pengawet. Minuman ini mengandung pemanis buatan Sukralosa, yakni pemanis buatan tanpa kalori dan tidak memiliki efek pada metabolisme karbohidrat, kontrol glukosa darah jangka pendek maupun jangka panjang, ataupun pelepasan insulin. Sukralosa diperbolehkan penggunaannya pada makan ddan minumana di hampir 80 negara termasuk Indonesia dan telah disetujui oleh BPOM. Alhamdulillah berarti minuman ini aman diminum oleh semua anggota keluarga ya.....

Minuman ini sangatlah praktis, tinggal diseduh dengan air hangat dan sangat praktis untuk di bawa kemana-mana higienis, dan tanpa endapan karena diproduksi dengan teknologi tinggi. Sari Jahe Herbadrink Sugar Free diracik tanpa mengurangi ras kenikmatan minuman herbal alami, kualitas dan rasa manisnya yang pas terjaga dengan baik serta tepat  untuk menjadi minuman yang menghangatkan setiap hari bagi semua anggota keluarga.

Diperbarui

12 Komentar

+ Tambahkan
Asik ya mbak kalau minuman kesukaan bikinnya gampang, tinggal seduh dan enak pula
Sudah menjadi tradisi ya kalo lagi takziah kita disuguhi air jahe untuk menghangatkan tubuh. Sejak ada herbadrink kita bisa menikmati air jahe dimanapun dan kapan pun ya
Kalau lagi takziah biasanya disuguhkan yang menghangatkan tubuh ya mak, tepat banget herbadrink aja praktis
Aku jga minum yg jahe mbak. .Rasanya enak .
Iyah, kalo malam takziah. Minum air serobat kan. Enak segar dan hangat.jadi gak bakalan masuk angin
Suami saya suka banget mbk minum sari Jahe. Banyak manfaat
Rasa sari jahe yang menurutku paling enak hihihhh
Saya juga suka sari jahe yang sugar free.. Samaan kita mbk..hehe..
ini bener banget ya, sari jahe sering ditemukan di tempat takziah, enak apalagi dicampur dengan susu kental manis. enak dan hangat
Sari jahe memang sering di hidangkan saat takziah, sekarang lebih praktis ya buatnya mbak
Praktis ya herbadrink ini tinggal seduh aja. Gak repot lagi nambahin ini itu
Pas musim hujan, enak nih mbak minum sari jahe.
Tambahkan Komentar

Hello pembaca yang sholeh dan sholehah
Terima kasih ya, telah mampir dan baca tulisanku di blog www.firakahar.com ini.

Alhamdulillah wa syukrulillah aku bisa jumpai pembaca dengan menulis di blog, kalaulah ada tulisanku bermanfaat bagin pembaca, jangan sungkan dan ragu untuk di share, follow dan di coment ya.

Aku senang dan bahagia jika ada kritik ataupun masukan yang membangun terhadap tulisan-tulisanku di blog ini.

Jika ada kesempatan untuk bekerjasama boleh hubungi hp/wa-ku: 8117306556, by email_ku: mfwkk@yahoo.com

see you
regard from me
FIRA KAHAR


MINUMAN YANG MENGHANGATKAN JAMA'AH TAKZIAH DI BENGKULU

MINUMAN YANG MENGHANGATKAN JAMA'AH TAKZIAH DI BENGKULU