Top Social

FIRA KAHAR

Ibu adalah sekolah utama, bila engkau mempersiapkannya, maka engkau telah mempersiapkan generasi terbaik.

KHASIAT BUNGA TURI

Sunday, October 6, 2019


Koleksi Pribadi

Pertama Kali Makan Bunga Turi


Teman-teman pernahkah makan bunga turi?

Aku pernah lho.

Baru-baru ini aku makan bunga turi untuk yang pertama kalinya. Waktu itu disekolah tempat aku mengajar ada seorang bu guru namanya Ibu Min, yang membawa menu bunga turi. Awalnya aku penasaran dengan sekerumunan guru yang sedang mengunyah-ngunyah sesuatu dari tangan bu Min, akupun mendekati kerumunan itu dan ikutan mencoba menu yang dibawa bu Min. menu bunga turi yang bu Min buat menu urap. Sambil mengunyah-ngunyah urap bunga turi, ibu-ibu pada berkomentar tentang rasa menu serta info bunga turi. Sedangkan aku hanya menjadi pendengar saja. Jujur aku baru ini makan bahkan melihat bentuk bunga turi, itupun bunganya sudah diurap jadi gak tau gimana bentuk asli bunga turi. Akhirnya nanya-nanya juga sekilas untuk ma'rifat dengan bunga turi. 
Kalau rasanya, bagiku tak begitu aneh karena aku adalah manusia pemakan segala bentuk jenis sayuran....kayak mbeek aja yach hehe.
Rasa bunga turi ada rasa sedikit pahit, berserat dan lembut. lumayan enak kok, apalagi ada pahitnya, aku suka.

[Manfaat] Dan Khasiat Kembang Turi Bunga Ungu Atau Putih

Kandungan Nutrisi di dalam 100g Bunga Turi


Nah seperti biasanya teman-teman, setiap aku menemukan suatu hal yang baru, hal itu akan menjadi trending topik di otakku, akupun akan gencar mencari tau tentang hal tersebut. Akhirnya akupun terperangah akan bunga turi ini, sangat banyak mengandung nutrisi yang bagus dikonsumsi oleh kita. Diantaranya :
  • Kandungan Protein 1,8 g
  • kandungan Lemak 0,6 g
  • Kandungan Kalsium 23 mg
  • Kandungan Zat Besi 1 mg
  • Kandungan Energi 44 kkal
  • Kandungan Fosfor 29 mg
  • Kandungan Vitamin C 41 mg
  • Kandungan B1 0,13 mg
  • Kandungan A 305 IU
Sangat banyak yaa kandungan yang terdapat pada bunga turi, berarti akan banyak pula nilai manfaat atau khasiat yang ada pada bunga turi.

Khasiat Bunga Turi Untuk Kesehatan


Dijaman yang penuh dengan makanan serba instan, banyak sekali terdapat zat-zat kimia yang sulit dicerna oleh tubuh kita. bagi mak-mak seperti saya, mesti punya strategi dan selektif terhadap makanan yang masuk pada tubuh. menu natural seperti buah dan sayur-sayuran organic sangat saya sukai dan saya buru....apalagi kalau sayuran itu memiliki khasiat yang luar biasa, seperti bunga turi ini. yuuk kita lihat apa aja sich khasiat bunga turi untuk kesehatan :


  • Mengobati Sakit Mata
  • Memperkuat Tulang
  • Mengobati Sariawan
  • Menyembuhkan Luka
  • Mengatasi Keputihan
  • Meredakan Radang Tenggorokan
  • Mengobati Cantengan
  • Mengobati Disentri
  • Mengatasi Pegel Linu
  • Mengobati Batuk Berdahak

Khasiat Bunga Turi Untuk Ibu Hamil



Selain berkhasiat untuk kesehatan bunga turi memiliki khasiat untuk ibu hamil, diantaranya:
  • Baik untuk Janin
  • Memperlancar Asi

Khasiat Bunga Turi Untuk Kecantikan



Khasiat yang satu ini yang sangat menarik bagi semua perempuan milenial, bahwa bunga turi memiliki khasiat yang luar biasa untuk kecantikan. Diantaranya: 
  • Menghilangkan Jerawat
Dengan mengambil beberapa pucuk bunga turi, lalu ditumbuk sampai halus dan dicampur sedikit air kemudian dibalurkan kemuka bagian yang berjerawat. lakukan dengan rutin, Insyaa Allah muka akan kinclong tanpa jerawat.
Coba yuuuk....

  • Menghaluskan Kulit
Buah yang ada pada bunga turi dapat juga dihaluskan dan dicampur sedikit air, lalu di balurkan ke kulit, diamkan hingga 20 menit, lakukan secara teratur untuk hasil yang maksimal.



Koleksi pribadi

Sangatlah banyak khasiat yang terdapat pada bunga turi. Terdapat beberapa jenis bunga turi, dari segi warnanya ada warna putih dan ada warna merah.


Mengeksekusi Bunga Turi di Dapurku


Setelah memburu info bentuk, warna, dan khasiat bunga turi, seminggu setelah makan perdana bunga turi, akupun dapat satu kantong bunga turi dari ibu Min secara cuma-cuma. 
Alhamdulillah....bathinku, rezeki anak sholeh.
Secara kebetulan sekarang ini aku dalam kondisi menyusui bayiku yang sedang berusia enam bulan. Setelah mengetahui salah satu khasiat bunga turi addalah melancarkan air susu ibu, naah langsung bunga turinya ku eksekusi di dapurku. kuolah dengan menu sederhana yang cepat  saji yakni tumis bunga turi.

Resep yang kubuat menggunakan 3 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, cabe merah 3, 2 helai bawang daun, semua bumbu kuiris, lalu kutumis bumbu dengan minyak secukupnya, setelah aroma bumbu mulai tercium bunga turi yang sudah dibersihkan dimasukkan dalam kuali, lalu diaduk-aduk hingga layu, kemudian diberi sedikit air untuk melunakkan. Tunngu beberapa menit hingga Bunga turi benar-benar layu dan lunak. Lalu diangkat  dan siap untuk disajikan.

Gak berapa lama kemudian si ibu mnyusui makan, menu tumis bunga turipun ludes seketika....hahahaaa

Makasih ya bu Min, sudah mengenalkan aku dngan menu enak dan berkhasiat yakni bunga turi.
Selamat mencoba bagi teman-teman yang belum pernah mencicipi menu bunga turi....byeee.


Auto Post Signature

Auto Post  Signature