Total Tayangan Halaman

Materi Ajar Seni Budaya Kelas VII Menerapkan Ragam Hias Pada Bahan Kayu
Materi Ajar Seni Budaya Kelas VII Menerapkan Ragam Hias Pada Bahan Kayu

Materi Ajar Seni Budaya Kelas VII Menerapkan Ragam Hias Pada Bahan Kayu

- 183
PENERAPKAN RAGAM HIAS
PADA BAHAN KAYU

Oleh: Fira Kahar


                Kayu merupakan bahan alami yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan. Kerajinan kayu di Indonesia memiliki harga jual yang tinggi karena keindahannya. Kerajinan kayu memiliki motif yang beragam. Motif-motif tersebut berasal dari kebudayaan dan kepercayaan masyarakat setempat. Bentuk-bentuk kerajinan kayu yang dapat ditemui berupa meja, lemari, maupun benda kayu lainnya. Lantas, bagaimana pembuatan ragam hias pada sebuah kayu dengan cara sederhana? Untuk lebih jelas pelajari materi yang akan kutulis berikut.

                Tujuan pembelajaran pada materi kali ini, siswa diharapkan dapat mengapresiasi dan berkreasi seni rupa, yaitu:

1. Mengidentifikasi keunikan beragam penerapan ragam hias pada bahan kayu.
2. Mendeskripsikan keunikan beragam penerapan ragam hias pada bahan kayu.
3. mengekspresikan diri melalui penerapan ragam hias flora, fauna, dan/atau geometis pada bahan kayu.
4. mengkomunikasikan hasil karya penerapan ragam hias flora, fauna, dan/atau geometris pada bahan kayu secara lisan.

A. Penerapan Ragam Hias pada bahan Kayu

        Kayu banyak dimanfaatkan oleh manusia sejak jaman dahulu. Kayu digunakan untuk membuat bagian bangunan, seperti pintu dan jendela, serta perabotan rumah, seperti kursi, lemati dan meja. Banyak perabot rumah tangga atau bagian bangunan yang terbuat dari kayu diberi sentuhan ragam hias. Motif hias yang digunakan berupa motif flora, fauna, figurati, geomet4ris, atau gabungan dari motif-motif tersebut. Motif yang digunakan beragam, tergantung pada kebudayaan masyarakat setempat. Berikut jenis-jenis ragam hias pada bahan kayu.

        Sejak masa lampau kayu digunakan untuk membuat perabot rumah tangga (misalnya kursi, lemari, dan peti) dan bagian bangunan (misalnya tiang, pintu, dan jendela). Banyak perabot kayu atau bagian bangunan tersebut diberi sentuhan ragam hias. Motif hias yang digunakan berupa motif tumbuhan, binatang, figuratif, dan geometris atau gabungan dari motif-motif tersebut. Penerapan ragam hias padda bahan kayu dilakukan dngan teknik mengukir atau teknik menggambar (melukis) atau gabungan dari keduannya. 

       Selain digunakan sebagai hiasan, ada ragam hiasan, ada ragam hias pada benda-benda tersebut yang juga memiliki nilai simbolis, terkait dengan kepercayaan atau agama. Beberapa daerah di Indonesia seperti Jawa, Sumatera, kalimantan, Bali, Sulawesi, dan Papua memiliki ragam hias yang khas pada bahan kayu.

1. Ragam Hias Flora
        Ragam hias flora merupakan ragam hias yang menggunakan bentuk tumbuhan sebagai moti ragam hias. Jenis tumbuhan yang dijadikan objek/inspirasi juga berbeda tergantung pada lingkungan (alam, sosial dan kepercayaan pada waktu tertentu) tempat motif tersebut diciptakan. Motif flora pada bahan kayu dapat ditemui di hampir seluruh daerah di Indonesia.


2. Ragam Hias Fauna
        Ragam hias fauna adalah ragam hias yang menggunakan gambar motif hewan-hewan tertentu. Beberapa hewan yang biasa dipakai sebagai objek ragam hias adalah kupu-kupu, burung, kadal, gajah, dan ikan. Daerah-daerah yang banyak menggunakan ragam hias fauna pada kerajinan kayu adalah Yogyakarta, Bali, Sumater, Kalimantan, Sulawesi dan Papua.


3. Ragam Hias Figuratif
        Ragam hias figuratif adalah ragam hias yang menggunakan objek manusia yang digambar dengan mendapatkan penggayaan bentuk. Manusia sebagai salah satu objek dalam penciptaan motif ornamen mempunyai beberapa unsur, baik secara utuh maupun terpisah. Secara terpisah contohnya, kedok atau topeng, dan secara utuh contohnya, bentuk-bentuk dalam pewayangan.


4. Ragam Hias Geometris
            Ragam hias geometris merupakan ragam hias dari bentuk-bentuk geometis. Motif geometris berkembang dari bentuk titik, garis, atau bidang yang berulang dari pola yang sedderhana sampai pola yang rumit. Ragam hias ini dapat dijumpai di wilaya Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Papua.


B. Contoh Penerapan Ragam Hias

         Kayu dapat diolah menjadi kerajinan yang bernilai seni tinggi. pengolahan kayu menggunakan teknik dan alat yang sesuai dengan karakteristik bahan kayu.
      
           Penerapan ragam hias bahan kayu terdiri atas beberapa teknik. Teknik-teknik tersebut, diantaranya mengukir dan menggambar atau perpaduan keduannya. Mengukir adalah proses membentuk cekungank dan tonjolan pada permukaan kayu dengan alat pahat sehingga menghasilkan ragam hias tertentu.  akegiatan mengukir menggunakan alat pahat. Alat utama dalam mengukir adalah pahat yang terdiri atas berbagai ukuran dan pemukul dari kayu. Ada empat jenis pahat sebagai berikut. 

        Ragam hias diterapkan pada permukaan bahan kayu yang berbentuk bidang ua dimensi dan tiga dimensi. Penerapan ragam hias pada bahan kayu ini dilakukan dengan menggambar atau mengukir. Penerapan ragam hias pada bahan kayu juga terdapat pada benda-benda seni kerajinan aerah seperti pada talenan, topeng, dan kerajinan lainnya. Ragam hias ini dikerjakan dengan cara digambar kemudian diberi warna.

Beberapa contoh karya ragam hias pada bahan kayu/bahan keras lainnya:


ragam hias pada talenan




C. Teknik Penerapan Ragam Hias pada Bahan Kayu

                Penerapan ragam hias pada bahan kayu dapat dilakukan dengan cara mengukir dan menggambar (melukis) atau gabungan keduanya. Mengukir dalam hal ini adalah membentuk tonjolan dan cekungan berbentuk ragam hias tertentu pada permukaan kayu dengan menggunakan alat pahat.

1. Alat Untuk Mengukir Ragam Hias di Atas Bahan Kayu

Alat utama untuk mengukir addalah pahat dan pemukul.

a. Pahat

Ada dua jenis mata pahat, yaitu maya pahat mendatar dan mata pahat melengkung. Penggunaan pahat harus disesuaikan dengan bentuk  ragam hias yang akan diukir. Ada empat jenis pahat, yaitu seperti:


Pahat Kuku (pahat penguku), bentuk pahat ini lengkung seperti kuku manusia. pahat penguku digunakan untuk mengerjakan bagian yang lengkung, melingkar, membentuk cembung, cekung, ikal dan pecahan aris maupun pecahan cawen.

Pahat Lurus (Pahat Penyilat), Pahat ini berbentuk lurus, digunakan untuk mengerjakan bagian yang lurus atau rata. Pahat ini juga dapat digunakan untuk membuat dasaran dan membuat siku-siku tepi ukiran dengan dasaran.

Pahat Lengkung Setengah Bulatan (Pahat Kol), Mata pahat kol berbentuk melengkung belahan bulatan, gunanya untuk mengerjakan bagian-bagian cekung yang tidak dapat dikerjakan dengan pahat kuku.

Pahat Miring (Pahat pengot), mata pahat pengot berbentuk miring meruncing dan tajamsebelah, gunanya untuk membersihkan pada sudut selah-selah ukiran dan meraut bagian-bagian yang diperlukan.

b. Pemukul
            Alat pemukul yang digunakan dalam kegiatan mengukir umumnya terbuat dari kayu meskipun ada juga yang menggunakan palu besi atau batu. 


2. Menggambar Ragam Hias Ukiran

            Bentuk kayu ada yang berupa batang dan ada juga yang berbentuk papan. Kayu banyak jenisnya. Ada kayu yang memiliki serat halus dan ada yang kasar. Mengukir kayu harus memperlihatkan alur seratnya. Sebelum kayu diukir, terlebih dahulu harus dibuatkan gambar ragam hiasnya.

        Membuat torehan pada kayu engan menggunakan ragam hias tertentu merupakan aktivitas dalam mengukir. Sebaiknya kamu harus mengenal tlebih dahulu alat dan bahan serta prosedur kerjanya. Kegiatan mengukir padda bahan kayu memiliki proseur sebagai berikut:
a. Menyiapkan alat an bahan menggambar ragam hias ukiran.
b. Memilih bentuk ragam hias sebagai objek berkarya.
c. Membuat sketsa ragam hias pada bahan kayu.
d. Memberikan warna pada hasil gambar. 

3. Melukis Ragam Hias di Atas Bahan Kayu

        Kayu pada dasarnya dapat diberi warna dengan berbagai macam cat, misalnya cat minyak atau cat akrilik. Oleh karena itu, produk dari bahan kayu dapat diberi hiasan ragam hias dengan teknik melukis. 

Berikut adalah contoh melukis ragam hias pada produk dai bahan kayu,
a. Menyiapkan bahan dan alat melukis (cat akrilik/cat tembok, kuas, dan palet).
b. Menyiapkan bahan kayu (papan kayu)
c. Membuat rancangan gambar ragam hias pada kertas.
d. Memindahkan gambar rancangan pada permukaan bahan kayu.
e. Menerapkan cat untuk menyelesaikan gambar ragam hias.
f. Memberikan lapisan vernis atau cat transparan pada permukaan kayu.

TUGAS PENERAPAN RAGAM HIAS PADA BAHAN KAYU

Setelah membaca materi ragam hias pada bahan kayu, selesaikan tugas berikut:

A. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar!

1. Kayu dapat diolah menjadi bangunan seperti ..........
2. Motif pada kerajinan kayu beragam, tergantung pada ............
3. Ragam hias geometri memiliki objek berupa ..............
4. Alat utama untuk mengukir ada dua jenis mata pahat, yaitu ............
5. Kegiatan mengukir menggunakan .........
6. Dalam pengolahan kayu, alat dan teknik yang digunakan harus sesuai dengan .....
7. Pahat pengot berbentuk .......
8. Kayu dapat diberi warna dengan berbagai macam cat, maka produk dari bahan kayu dapat diberi hiasana ragam hias dngan teknik .........
9. Pahat Penyilat memiliki bentuk .......
10. Alat dan bahan untuk menggambar pada kayu adalah ........

B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!

1. Sebutkan jenis ragam hias ukiran di Indonesia!
2. Apa yang dimaksud dengan mengukir?
3. Sebutkan macam-macam pahat dan kegunaanya!
4. Sebutkan langka-langka mengukir pada bahan kayu!
5. Jelaskan langkah-langkah menggambar ragam hias pada bahan kayu!

C. Tugas Praktek Penerapan Ragam Hias pada Bahan Kayu

Buatlah karya penerapan ragam hias pada bahan kayu, boleh juga bahan-bahan keras lainnya. seperti pada talenan kayu, sandal jepit, tampah, tudung pak tani, asbak kayu, dan benda-benda yang berbahan keras lainnya.

Jika kelengkapan alat untuk teknik mengukir tidak lengkap, maka gunakan teknik melukis/menggambar saja dalam membuat tugas praktek penerapan ragam hias pada bahan kayu atau bahan keras lainnya.

Selamat belajar dan berkarya anak-anakku, Semangat ya!       
Diperbarui

183 Komentar

+ Tambahkan
Wah hiasan kayu nih lumayan pricey, andai bisa bikin sendiri seru juga. Hemat budget hias menghias rumah, atau mungkin bisa dijadikan sumber cuan juga hihiii
unik-unik banget ya mbak, bisa jadi cuan juga nih...
Nama:Meza Kurniyati
Kelas:7.4
Jawaban soal bagian A
1.Pintu,tiang,tepian jendela,pagar kayu,lemari,meja.
2.Sesuai dengan karakteristik bahan kayu.
3.Motif geometris berkembang dari bentuk titik, garis, atau bidang yang berulang dari pola yang sedderhana sampai pola yang rumit.
4.mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung.
5.pahat dan pemukul.
6.karakteristik bahan kayu.
7.(Pahat pengot), mata pahat pengot berbentuk miring meruncing dan tajamsebelah.
8.Teknik pahat.
9.Pahat ini berbentuk lurus.
10.Kuas.
Cat.
Kayu.
Pensil.
Penghapus kalau perlu.
Nama:Raden khahar zakaria
Kelas:7.7
Jawaban soal bagian A
1.Pintu,tiang,tepian jendela,pagar kayu,lemari,meja.
2.Sesuai dengan karakteristik bahan kayu.
3.Motif geometris berkembang dari bentuk titik, garis, atau bidang yang berulang dari pola yang sedderhana sampai pola yang rumit.
4.mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung.
5.pahat dan pemukul.
6.karakteristik bahan kayu.
7.(Pahat pengot), mata pahat pengot berbentuk miring meruncing dan tajamsebelah.
8.Teknik pahat.
9.Pahat ini berbentuk lurus.
10.Kuas.
Cat.
Kayu.
Pensil.
Penghapus kalau perlu

Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar
Nama:Rizki ilham maulidi
Kelas:75

Jawaban soal bagian A

1.Pintu,tiang,tepian jendela,pagar kayu,lemari,meja.
2.Sesuai dengan karakteristik bahan kayu.
3.Motif geometris berkembang dari bentuk titik, garis, atau bidang yang berulang dari pola yang sedderhana sampai pola yang rumit.
4.mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung.
5.pahat dan pemukul.
6.karakteristik bahan kayu.
7.(Pahat pengot), mata pahat pengot berbentuk miring meruncing dan tajamsebelah.
8.Teknik pahat.
9.Pahat ini berbentuk lurus.
10.-Kuas.
-Cat.
-Kayu.
-Pensil.
-Penghapus kalau perlu.
Nama:Afri roni tua pasaribu
Kelas:7.3

1.Rumah,kursi
2.Tergantung pada kebudayaan masyarakat setempat
3.Berupa hiasan bentuk-bentuk geometis
4.Mata pahat mendatar dan melengkung
5.Pahat,pemukul
6.Pola dan alur
7.Miring meruncing dan tajamsebelah
8.Melukis
9.Lurus
10.Cat akrilik,kuas,kayu dan palet

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Nama:Swedo Raharjo Islami
Kelas:7.3

1.Rumah,kursi
2.Tergantung pada kebudayaan masyarakat setempat
3.Berupa hiasan bentuk-bentuk geometis
4.Mata pahat mendatar dan melengkung
5.Pahat,pemukul
6.Pola dan alur
7.Miring meruncing dan tajamsebelah
8.Melukis
9.Lurus
10.Cat akrilik,kuas,kayu dan palet
Faismirul39@gmail.com
Nama:Yuliya arnelita
Kelas:7.1



1.Pintu,tiang,tepian jendela,pagar kayu,lemari,meja.
2.Sesuai dengan karakteristik bahan kayu.
3.Motif geometris berkembang dari bentuk titik, garis, atau bidang yang berulang dari pola yang sedderhana sampai pola yang rumit.
4.mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung.
5.pahat dan pemukul.
6.karakteristik bahan kayu.
7.(Pahat pengot), mata pahat pengot berbentuk miring meruncing dan tajamsebelah.
8.Teknik pahat.
9.Pahat ini berbentuk lurus.
10.-Kuas.
-Cat.
-Kayu.
-Pensil.
-Penghapus kalau perlu.
Nama : Ayrien Dwi Ol Liviea
Kelas : 7.8

Jawaban :
1. Pintu, jendela, lemari, kursi, penyanggah seng untuk atap rumah, dan lain-lain
2. Karekteristik bahan kayu
3. Titik, garis, atau bidang yang berulang dari pola yang sederhana sampai pola yang rumit.
4. Mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung.
5. Alat pahat
6. Serat kayu atau alur serat
7. Miring runcing dan tajam
8. Teknik menggambar
9. Berbentuk lurus dan rata
10. Kayu, cat akrilik/cat tembok, kuas, palet
1.tiang,pintu,dan jendela
2.kebudayaan masyarakat setempat
3.titik,garis,atau pola yang sederhana
4.mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung
5.alat pahat
6.bahan
7.melengkung, seperti kuku manusia
8.teknik melukis
9.lurus
10.alat:pahat dan pemukul bahan:kuas,dan cat,
Nama:Arin Nandini Syahfitri
Klas:7.7



1.tiang,pintu,jendela
2.batang kayu dan motif
3.garis garis bentuk diagonal pola berulang
4.pahat kuku dan pahat lurus
5.pahat
6.alat:pisau dan pahat ,teknik:pahat
7.miring meruncing dan tajam sebelah
8.pahat
9.berbentuk lurus
10.pensil , pewarna bisa cat air ,cat minyak ,cat tembok,pilok
Nama: Priska Olifvia
Kelas:7.4
Jawaban soal bagian A
1.tiang,pintu, jendela
2.batang kayu yang di gunakan,serta motif suatu kota
3.garis garis, biasanya terdapat pada bahan tekstil maupun kayu
4.mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung
5.palu besi, dan batu
6.batang kayu yang di gunakan
7.miring meruncing dan tajam sebelah
8.teknik pahat
9.berbentuk lurus
10.Kuas.
Cat.
Kayu.
Pensil.
Penghapus kalau perlu
Nama:Bima putra Agusti
Kelas:7.6
1.tiang,pintu,dan jendela
2.kebudayaan masyarakat setempat
3.titik,garis,atau pola yang sederhana
4.mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung
5.alat pahat
6.bahan
7.melengkung, seperti kuku manusia
8.teknik melukis
9.lurus
10.alat:pahat dan pemukul bahan:kuas,dan cat,
Nama : Shafira Dwi Wahyuni
Kelas : 7.4

1.Pintu, jendela, kursi, lemari, meja dan
lainnya.
2.Kebudayaan masyarakat setempat
3.Berupa titik, garis atau bidang yang
berulang dari pola sederhana sampai pola
yang rumit.
4.Mata pahat mendatar dan mata pahat
melengkung.
5.Pahat dan pemukul.
6.Karakteristik bahan kayu.
7.Berbentuk miring meruncing dan tajam
Sebelah
8.Teknik melukis
9.Bentuk Lurus
10. - Kuas, palet
- cat akrilik / cat tembok
- papan kayu
- membentuk rancangan gambar pada
Kertas.
Nama: m.alfarikoh Pratama
Kelas:7.4
Jawaban bagian a
1.pintu.jendela.kursi.meja.rumah.
2.teegantung dengan karakteristik dan bentuk Kayu
3.motif giometeiberkembang dari titik garis atau bidang yang berulang dari pola yang sederhana sampai pola yang sulit
4.pahat mendatar dan melengking
5.pahat dan pemukul
6.pola dan alur
7.miring meruncing dan tajam sebelah
8.teknik pahat
9.berbentuk lurus
10.cat.kias .kayu pensil.penghapus kalau perlu
Nama: adhytia Alif muharam
Kelas: 7.4


1. Lemari,kursi,meja,dan lain lain
2. coraknya
3. Motif geometris berkembang dari bentuk titik, garis, atau bidang yang berulang dari pola yang sedderhana sampai pola yang rumit.

4. Mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung
5.pahat dan pemukul
6.alat atau bahan
7.Pahat pengot), mata pahat pengot berbentuk miring meruncing dan tajamsebelah
8.tekhnik pahat
9.berbentuk lurus dan rata
10.Cat akrilik, kuas, kayu dan palet
Nama:Ananda khoirun nisa
Kls:72
Tugas bagian A

1.pintu.jendela.kursi.meja.rumah.
2.teegantung dengan karakteristik dan bentuk Kayu
3.motif giometeiberkembang dari titik garis atau bidang yang berulang dari pola yang sederhana sampai pola yang sulit
4.pahat mendatar dan melengking
5.pahat dan pemukul
6.pola dan alur
7.miring meruncing dan tajam sebelah
8.teknik pahat
9.berbentuk lurus
10.cat.kias .kayu pensil.penghapus kalau perlu
Nama:Lucya Aldrich Ariyes
Kls:75
Tugas Bagian A

1.Meja.
Kursi.
Lemari.
Jendela.
Gitar.
Pintu.
Pantung Pahatan.
Palu.
2.tergantung dengan karakteristik dan bentuk kayu
3.motif Geometri berkembang dari titik garis atau bidang yg berulang dari pola yg sederhana sampai pola yg sulit
4.mata pahat mendatar dan melengking
5.Pahat dan pemukul
6.pola dan alur
7.miring meruncing,dan tajam sebelah
8.teknik pahat
9.berbentuk lurus
10.Cat,luas,kayu pensil,penghapus


Nama: Tasya Adita
Kelas: 72

1. Pintu,jendela, kursi,meja.
2.tergantung dengan karakteristik dan bentuk kayu
3. Motif geometris berkembang dari titik garis atau bidang yg berulang dari pola yang sederhana sampai pola yg sulit

4. Pahat mendatar dan melengking
5. Pahat dan pemukul
6. pola dan alur
7. Miring meruncing dan melengkung
8. Teknik pahat
9. Berbentuk lurus dan rata
10.cat, kuas, kayu,pensil, penghapusan.
Nama: Nurul Anggraini syafiatulula
Kelas:VII.5

Jawaban

1.lemari,meja,kursi,papan iris,dll
2.pada rancangan sesuai gambar
3.garis-garis,bentuk diagonal,pola ruangan dll
4.pahat kuku dan pahat lurus
5.alat pemukul
6.batang kayu
7.berbentuk miring meruncing dan tajam sebelah
8.teknik pahat
9.berbentuk lurus
10.pahat,pemukul,cat
nama:Ziddan Gustav kls:7.8
jawaban A
1.meja,kursi,rumah adat,pintu,dan lemari
2.tergantun kepada kebudayaan masyarakat setempat
3.berupa bentuk bentuk geometri
4.pahat mendatar dan pahat melengkung
5.pahat dan pemukul
6.serat kayu atau alur serat
7.miring runcing dan tajam
8.teknik menggambar
9.berbentuk lurus dan rata
10.kayu,cat akrilik/cat tembok,kuas palet
Nama:iksan daffa
Kelas:7.6
Bagian A

1.pintu.jendela.kursi.meja.rumah.
2. teegantung dengan huruf dan bentuk Kayu
3. motif giometeiberkembang dari titik garis atau bidang yang berulang dari pola yang sederhana sampai pola yang sulit
4.pahat mendatar dan melengking
5.pahat dan pemukul
6.pola dan alur
7.miring meruncing dan tajam sebelah
8.teknik pahat
9. bentuk lurus
10. cat.kias .kayu pensil.penghapus kalau perlu
Nama:iksan daffa
Kelas:7.6
Bagian A

1.pintu.jendela.kursi.meja.rumah.
2. teegantung dengan huruf dan bentuk Kayu
3. motif giometeiberkembang dari titik garis atau bidang yang berulang dari pola yang sederhana sampai pola yang sulit
4.pahat mendatar dan melengking
5.pahat dan pemukul
6.pola dan alur
7.miring meruncing dan tajam sebelah
8.teknik pahat
9. bentuk lurus
10. cat.kias .kayu pensil.penghapus kalau perlu
Nama : mozza Dwi Jayanti
Kelas : 7.3

Jawaban soal bagian A ( senbud ) :

1.) Pintu,rumah,tepian jendela.
2.) Tergantung pada kebudayaan masyarakat setempat.
3.) Ragam hias geometris adalah ragam hias yang berupa garis dan unsur seperti lurus, lengkung, Zig zag. 
4.) PAHAT KUKU, PAHAT LURUS.
5.) Pahat,pemukul.
6.) Pola dan alur.
7.) berbentuk miring meruncing dan tajam sebelah.
8.) Teknik melukis
9.) Lurus
10.) Kuas,cat,kayu,pensil,pengapus.
Nama :CHERA ENDI ANGGRAINI
Kelas :7.1

Jawaban:
1.kursi,pintu,meja,lemari,dan jendela.
2.batang kayu yg digunakan,serta motif suatu kota dan tergantung pada kebudayaan dan kepercayaan masyarakat setempat.
3.bentuk titik,garis atau bidang yang berulang dari pola yang rumit.
4.mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung.
5.pahat dan pemukul.
6.karakteristik bahan kayu.
7.miring meruncing dan tajam sebelah.
8.pahat.
9.berbentuk lurus atau rata.
10.kuas,cat,kayu,pensil,penghapus,cat minyak,dan pilok
Nama:Alvin pedom prameynata
Kls:72
Tugas bagian A

1.meja,kursi,lemari,dll
2.Tergantung pada,batang kayu yg sering digunakan serta motif suatu kota(sebagai simbol dari kota tersebut
3.garis-garis,bentuk diagonal dan pola berulang
4.mata pahat mendatar dan pahat melengkung
5.pahat dan pemukul
6.bahan
7.miring meruncing dan tajam sebelah
8.teknik pahat
9.lurus
10.pensil,cat,kayu,dan kuas
Nama :Davina anja putri
Kelas:V11.5

Jawaban bagian A

1.seperti pintu,jendela,serta perabotan rumah , seperti kursih,lemari dan meja.

2.Tergantung pada kebudayaan masyarakat setempat.

3.Berdasarkan bentuk titik,garis,atau bidang yang berulang dari pola yang sederhana sampai pola yang rumit.

4.mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung.

5.menggunakan alat pahat.

6.yang sesuai dengan bahan kayu.

7.miring meruncing dan tajam sebelah.

8.teknik melukis.

9.bentuk lurus.

10.kuas , cat , kayu , pensil , dan penghapus
Nama: putri puspa kartika m
Kelas: 72


1. Pintu,jendela,lemari,kursi,penyanggah seng
untuk atap rumah dan lain-lain
2. Karekterisrik bahan kayu
3. Titik. Garis. Atau bidang yang berulang dari pola
Yang sederhana sampai pola yang rumit
4. Mata pahat mendatar dan mata pahat
Melengkung
5. Alat pahat
6. Serat kayu atau alur serat
7. Miring runcing dan tajam
8. Teknik menggambar
9. Berbentuk lurus dan rata
10. Kayu.cat akrilik/cat tembok.kuas.palet

Nama:M.radius Saputra
Kelas:7.1
Jawaban soal bagian A
1.Tiang,pintu,jendela
2.batang kayu yang di gunakan,serta motif suatu kota
3.garis garis bentuk diagonal pola berulang
4.Pahat kuku,pahat lurus
5.pahat pemukul
6.batang kayu yang digunakan
7.miring meruncing dan tajam
8.teknik pahat
9.berbentuk lurus
10.kuas,cat,kayu,pensil,

Soal jawaban B
1.ragam hias flora,ragam hias fauna,ragam hias figuratif,ragam hias geomatris
2.mengukir adalah meegekspresikan hasil buah pikiran kepada pola yg sesuai aas dasar pikiran yang secara spontan
3.pahat kuku
Gunanya:mengerjakan bagian yang lengkung ,melingkar,cekung dan pecah Aris maupun cewen
Paha lurus
Gunanya:mengerjakan bagian yang lurus dan rata
Pahat lengkung
Gunanya:mengerjakan bagian bagian cekung yang tidak dapat di kerjakan dengan pahat kuku
Pahat miring
Gunanya:untuk membersikan pada sudut sela sela ukiran dan meraut bagian bagian yg di perlukan
4.nggetak'ki:proses memindahkan motif/garis ke benda kerja
INDASARI:proses mencongkel bagian dasar fi luar motif
MBUKAKI:proses pembentukan pahatan
5.1.Menyiapkan bahan dan melukis
2.menyiapkan bahan kayu
3.membuat rancangan ragam hias pada kertas
4.memindahkan gambar rancangan pada permukaan bahan kayu
5.menerapkan cat untuk menyelaraskan gambar ragam hias
6.memberikan lapisan vernis atau cat transparan pada permukaan kayu




Nama salwa oktarinaa
Vll.5
Jawaban bagian A

1.seperti pintu,jendela,serta perabotan rumah , seperti kursih,lemari dan meja.

2.Tergantung pada kebudayaan masyarakat setempat.

3.Berdasarkan bentuk titik,garis,atau bidang yang berulang dari pola yang sederhana sampai pola yang rumit.

4.mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung.

5.menggunakan alat pahat.

6.yang sesuai dengan bahan kayu.

7.miring meruncing dan tajam sebelah.

8.teknik melukis.

9.bentuk lurus.

10.kuas , cat , kayu , pensil , dan penghapus
Nama Ria Rama Dona
Kelas 7.4
1.pintu. jendela. Kursi meja rumah
2.yeegantung dengan karakterisitik dan bentuk kayu
3.motif giomoteiberkembang dari titik garis atau bidang yg berulang dari pola yg sederhana sampai pola yg sulit
4.pahat mendatar dan melengking
5.pahat dan pemukul
6. Pola dan alur
7.miring meruncing dan tajamsebelah
8.teknik pahat
9.berbentuk lurus
10cat kias kayu
Pensil penghapus kalau perlu
Nama: kasih mutiara sari
Kelas: 7.8

Jawaban bagian A

1.seperti tiang pintu, jendela.Perabotan rumah lemari, meja, kursk

2.tergantung pada batang kayu yang digunakan, serta motif suatu kota( sebagai simbol suatu)

3.garis garis bentuk diagonal pola berulang

4.pahat kuku,( pahat penguku). Pahat lrus,( pahat penyilat)

5.umunya terbuat dari kayu meskipun masih ada yang menggunakan palu besi dan batu

6.batang kayu yang digunakan

7.miring meruncing dan tajam sebelah

8. Teknik pahat

9.berbentuk lurus

10. Kuas, cat, kayu, pensil, penghapus kalo perlu

1. Seperti ting pintu, jendela
Nama : Gibriel Deunov
Kelas : 7.3
Jawaban bagian A

1. Pintu,jendela,kursi,lemari,
meja
2. Kebudayaan masyarakat setempat
3. Titik,garis,atau bidang yang berulang dari pola yang sederhana sampai pola yang rumit
4. Mendatar dan melengkung
5. Pahat dan pemukul
6. Karakteristik bahan kayu
7. Miring
8. Melukis
9. Lurus
10. Kayu,kuaa,cat,pensil,penghapus
Nama:Melan Eka Pitri Lestari
Kelas:7.6

1.Pintu rumah, tepian jendela,
Lemati, Kursi, Meja, pagar kayu.
2.Tergantung Dengan kastaristik dan bentuk kayu
3.Motif geometri berkembang dari titik garis atau bidang yg berulang dari pola yg sederhana sampai pola yg sulit
4.Pahat mendatar dan melengkir
5.Pahat dan pemukul
6.Pola dan alur
7.Miring meruncing dan tajam sebelah
8.Teknik pahat
9.Berbentuk Lurus 10 kucing kias kayu
10.Pensil Penghapus kalau perlu
Nama:Delpi Agus Tina Putri
Kelas:7.6 24-02-2021
Mapel:Seni Budaya

JAWABAN BAGIAN A

1.)meja, kursi, lemari, jendela, pintu, perabotan rumah, Dan Lain Lain

2.) batang kayu yg digunakan,serta motif suatu kota ( sebagai simbol suatu kota ) atau Tergantung pada kebudayaan masyarakat setempat.

3.)Motif geometris berkembang dari bentuk titik, garis, atau bidang yang berulang dari pola yang sedderhana sampai pola yang rumit.

4.)mata pahat mendatar dan pahat melengkung

5.)menggunakan alat pahat

6.)yang sesuai dengan bahan kayu

7.)miring meruncing dan tajam sebelah.

8.)teknik melukis

9.)Bentuk lurus

10.)Kuas, Cat, Kayu, Pensil, dan Penghapus
Ayolah dek kita bikin karya sendiri, dengsn cara menghias-hias barang di rumah dengan motif ragam hias.
Yuk kita hasilkan cuan dengan membuat karya seni
Nama: Fadila Nur Shakinah
Kelas: Vll.5
Jawaban bagian A

1.seperti pintu,jendela,serta perabotan rumah , seperti kursih,lemari dan meja.

2.Tergantung pada kebudayaan masyarakat setempat.

3.Berdasarkan bentuk titik,garis,atau bidang yang berulang dari pola yang sederhana sampai pola yang rumit.

4.mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung.

5.menggunakan alat pahat.

6.yang sesuai dengan bahan kayu.

7.miring meruncing dan tajam sebelah.

8.teknik melukis.

9.bentuk lurus.

10.kuas , cat , kayu , pensil , dan penghapus
Good!

Lanjutkan tugas bagian B ya.
Dikerjakan di buku latihan, terus dikumpulkan di grup telegram mapel kelas masing-masing.
Nama:amanda puspita sari
Kelas:7.3

Jawaban soal bagian a

1.pintu,jendela dan tiang.
2.tergantung pada kebudayaan masyarakat setempat.
3.motif geometris berkembang dari bentuk titik,garis,atau bidang yang berulang dari pola yang sederhana sampai pola yang rumit.
4.mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung.
5.pahat dan pemukul .
6.karakteristik bahan kayu.
7.miring meruncing dan tajam sebelah.
8.melukis.
9.lurus.
10.cat akrilik,kayu,kuas,dan palet.

Good!

Lanjutkan tugas bagian B ya.
Dikerjakan di buku latihan, terus dikumpulkan di grup telegram mapel kelas masing-masing.
Good!

Lanjutkan tugas bagian B ya.
Dikerjakan di buku latihan, terus dikumpulkan di grup telegram mapel kelas masing-masing.
Good!

Lanjutkan tugas bagian B ya.
Dikerjakan di buku latihan, terus dikumpulkan di grup telegram mapel kelas masing-masing.
Good!

Lanjutkan tugas bagian B ya.
Dikerjakan di buku latihan.
Nama :Rangga Anugrah
Kelas:7,6
Mapel:seni-budaya

Jawaban bagian A

1:pintuh,rumah,jendela,lemari,meja,kursih,perabotan rumah tangga

2:tergantung pada kebudayaan masyarakat

3:berdasarkan bentuk garis titik atau bidang yg berulang dari pola yg sederhana sampai pola yg sulit

4:bahan pahat dan melengkir

5:menggunakan alat pahat

6:pola dan alur

7:miring meruncing dan tajam

8:teknik melukis

9:bentuk lurus

10:kuas,cat,kayu,pensil,dan penghapus
Ayu aljunnil
Ayu aljunnil
Kelas:78
Nama: ayu aljunnil
Kelas:78

Jawaban bagian A

1.pintu,rumah,jendela,lemari,meja,kursi,perabotan rumah tangga

2tergantung pada kebudayaan masyarakat

3. Bentuk berdasarkan garis titik Atau bidang yang berulang dari pola ya sederhana sampai pola yang sulit

4. Bahan pahat dan dan melengkir

5. Menggunakan alat Bahat

6. Pola dan alur

7. Miring meruncing dan tajam

8. Teknik lukisan

9. Bentuk lurus

10. Kuas,cat,kayu,pensil,dan penghapus
Nama: Aprilia Lestari
Kelas: 7.2
Jawaban soal bagian A
1.Pintu, tiang, tepian jendela, pagar kayu, lemari, meja.
2. Sesuai dengan bahan kayu.
3. Motif geometris berkembang dari bentuk titik, garis, atau bidang yang berulang dari pola yang sedderhana sampai pola yang rumit.
4.mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung.
5.pahat dan pemukul.
6.karakteristik bahan kayu.
7. (Pahat pengot), mata pahat pengot berbentuk miring meruncing dan tajamsebelah.
8. Teknik pahat.
9. Pahat ini berbentuk lurus.
10. Kuas.
Kucing.
Kayu.
Pensil.
Penghapus kalau perlu.
Agus farelion pakpahan
Kls 7.8

1.pintu,jendela,kerajinan tangan tempat tidur, tiang.
2.Sesuai dengan karakteristik bahan kayu atau sesuai dengan keinginan motif yang telah di seketrakan.
3.Motif geometris berkembang dari bentuk titik, garis, atau bidang yang berulang dari pola yang sedderhana sampai pola yang rumit.
4.mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung.
5.pahat dan pemukul.
6.karakteristik bahan kayu.
7.(Pahat pengot), mata pahat pengot berbentuk miring meruncing dan tajamsebelah.
8.Teknik pahat.
9.Pahat ini berbentuk lurus.
10.Kuas.
Cat.
Kayu.
Pensil.
Penghapus kalau perlu

Nama:abdil vladimir akbar
Kls:7.2
1.Pintu,tiang,tepian jendela,pagar kayu,lemari,meja.
2.Sesuai dengan karakteristik bahan kayu.
3.Motif geometris berkembang dari bentuk titik, garis, atau bidang yang berulang dari pola yang sedderhana sampai pola yang rumit.
4.mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung.
5.pahat dan pemukul.
6.karakteristik bahan kayu.
7.(Pahat pengot), mata pahat pengot berbentuk miring meruncing dan tajamsebelah.
8.Teknik pahat.
9.Pahat ini berbentuk lurus.
10.-Kuas.
-Cat.
-Kayu.
-Pensil.
-Penghapus kalau perlu
Nmaa;abdil Vladimir akbar
Kls. 7.2
Bagian a

1.pintu,jendela dan tiang.
2.tergantung pada kebudayaan masyarakat setempat.
3.motif geometris berkembang dari bentuk titik,garis,atau bidang yang berulang dari pola yang sederhana sampai pola yang rumit.
4.mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung.
5.pahat dan pemukul .
6.karakteristik bahan kayu.
7.miring meruncing dan tajam sebelah.
8.melukis.
9.lurus.
10.cat akrilik,kayu,kuas,dan palet.
Nama: Gea nanda Ramadhani
Kelas: 7.2
Jawaban soal bagian A
1.Pintu, tiang, tepian jendela, pagar kayu, lemari, meja.
2. Sesuai dengan bahan kayu.
3. Motif geometris berkembang dari bentuk titik, garis, atau bidang yang berulang dari pola yang sedderhana sampai pola yang rumit.
4.mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung.
5.pahat dan pemukul.
6.karakteristik bahan kayu.
7. (Pahat pengot), mata pahat pengot berbentuk miring meruncing dan tajamsebelah.
8. Teknik pahat.
9. Pahat ini berbentuk lurus.
10. Kuas.
Kucing.
Kayu.
Pensil.
Penghapus kalau perlu.
Nama: Gea Nanda Ramadhani
Kelas: 7.2
Jawaban soal bagian A
1.Pintu, tiang, tepian jendela, pagar kayu, lemari, meja.
2. Sesuai dengan bahan kayu.
3. Motif geometris berkembang dari bentuk titik, garis, atau bidang yang berulang dari pola yang sedderhana sampai pola yang rumit.
4.mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung.
5.pahat dan pemukul.
6.karakteristik bahan kayu.
7. (Pahat pengot), mata pahat pengot berbentuk miring meruncing dan tajamsebelah.
8. Teknik pahat.
9. Pahat ini berbentuk lurus.
10. Kuas.
Kucing.
Kayu.
Pensil.
Penghapus kalau perlu.
Nama: Gea Nanda Ramadhani
Kelas: 7.2
Jawaban soal bagian A
1.Pintu, tiang, tepian jendela, pagar kayu, lemari, meja.
2. Sesuai dengan bahan kayu.
3. Motif geometris berkembang dari bentuk titik, garis, atau bidang yang berulang dari pola yang sedderhana sampai pola yang rumit.
4.mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung.
5.pahat dan pemukul.
6.karakteristik bahan kayu.
7. (Pahat pengot), mata pahat pengot berbentuk miring meruncing dan tajamsebelah.
8. Teknik pahat.
9. Pahat ini berbentuk lurus.
10. Kuas.
Kucing.
Kayu.
Pensil.
Penghapus kalau perlu.
Nama:william aldi pratama
Kls :74

1.tiang,pintu,jendela
2.batang kayu yang digunakan
3.titik,garis,bangun
4.pahat kuku dan pahat lurus
5.palu besi dan batu
6.batang kayu
7.miring runcing dan panjang sebelah
8.teknik pahat
9.berbentuk kurus
10.kuas cat kayu dan penghapus
Nama:Aisyah utami putri
Kelas:7.2
Tanggal:25.02.2021.

Jawaban tugas bagian A:

1.seperti pintu,lemari,meja,kursi,dll

2.tergantung pada batang kayu yg digunakan,serta motif suatu kota( sebagai simbol suatu kota).

3.garis garis.
Bentuk diagonal.
Pola berulang.

4.pahat kuku,( pahat penguku)
Pahat lrus,( pahat penyilat)

5.alat pahat dan alat pemukul.

6.batang kayu yg digunakan.

7.miring meruncing dan tajam sebelah.

8.teknik pahat.

9.berbentuk lurus.

10.1. Kuas
2. Cat
3. Kayu
4. Pensil
5. Penghapus kalau perlu.


Nama:FAJAR NUR HIDAYAT
Kelas:7.8
Mata pelajaran:Seni Budaya

Jawaban bagian B

1.Pintu dan jendela, serta perabotan rumah, seperti kursi,lemari dan meja

2.Kebudayaan masyarakat setempat

3.Titik, garis, atau bidang yang berulang dari pola yang sederhana sampai pola yang rumit

4.Mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung

5.Pahat dan pemukul

6.Karakteristik bahan kayu

7.Miring meruncing dan tajam sebelah

8.Teknik melukis

9.Bentuk lurus

10. Alat dan bahan untuk menggambar pada kayu yaitu bahan (papan kayu), alat melukis yaitu cat akrilik/cat tembok,kuas dan palet


Nama:Sucelsi adriani
Kls:7.7
Jawaban soal bagian A
1.Pintu,tiang,tepian jendela,pagar kayu,lemari,meja.
2.Sesuai dengan karakteristik bahan kayu.
3.Motif geometris berkembang dari bentuk titik, garis, atau bidang yang berulang dari pola yang sedderhana sampai pola yang rumit.
4.mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung.
5.pahat dan pemukul.
6.karakteristik bahan kayu.
7.(Pahat pengot), mata pahat pengot berbentuk miring meruncing dan tajamsebelah.
8.Teknik pahat.
9.Pahat ini berbentuk lurus.
10.Kuas.
Cat.
Kayu.
Pensil.
Penghapus kalau perlu
Nama:Jonathan william fernando
Kelas:7.6



1. Tiang,pintu dan jendela
2.kebudayaan masyarakat setempat
3.garis-garis,bentuk diagonal,dan pola berulang
4.mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung
5.alat pahat
6.bahan
7.berbentuk miring meruncing dan tajam sebelah
8.teknik melukis
9.lurus
10.alat:pahat,dan pemukul
Bahan:kuas dan cat
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
February-25-2020
Nama: Bintang andikha pratama
Kelas:76
Mapel:seni budaya

Jawaban bagian A

1.pintu,jendela,meja,kursi

2.batang kayu yg digunakan

3.garis garis,bentuk diagonal,pola berulang

4.PAHAT KUKU,Pahat Penguku,PAHAT LURUS,Pahat Penyilat

5.alat pahat

6.batang kayu

7.miring meruncing dan tajam sebelah

8.teknik pahat

9.lurus

10.Kuas.
Cat.
Kayu.
Pensil.
Nama:dewi mutiara suci
Kelas:7.7

Jawaban soal bagian A.

1.Pintu ,jendela, kursi lemari dan meja
2.tergantung pada kebudayaan masyarakat setempat
3.Motif geometris berkembang dari bentuk titik, garis, atau bidang yang berulang dari pola yang sedderhana sampai pola yang rumit.
4.mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung
5.pahat dan pemukul
6.pola dan alur
7.pahat pengot berbentuk miring meruncing dan tajamsebelah
8.teknik pahat
9.bentuk lurus
10.cat akrilik/cat tembok, kuas, dan palet.
Widiya Arida putri
Kls, 78
Nama:Gilang yenanda putra
Kelas:7.5

Jawaban bagian A

1.pintu,lemari,kursi
2.tergantung pada batang kayu Yg digunakan
3.garis dan unsure sperti lurus,lengkung,zig zag
4.pahat Juju(pahat penguku2) dan pahat Lurus (pahat penyilat1)
5.alat pemukul yg terbuat dari bahan kayu dan Ada juga dari palu besi dan Batu
6.alat dan bahan yg di gunakan
7.miring meruncing dan tajam sebelah
8.melukis/menggambar
9.berbentuk lurus
10.kuas,cat,kayu,pensil,penghpus jika di perlukan
Nama:Maater P Silaban
Kelas:74
1.Pintu,Jendela,Meja,kursi,Lemari
2.Kualitas Kayu
3.dari bentuk Titik,garis,atau bidang yang berulang dari pola yang sederhana sampai pola yang rumit
4.Mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung
5.Pahat
6.Karakteristik kayu
7.Miring meruncing dan tajam sebelah
8.Melukis
9.Lurus
10.Pencil,penghapus,cat air,tuas.

Widiya Arida putri
Kls.78

Jawaban A
1.pintu tiang, tepian jendela pagar kayu,lemari,meja
2.sesuai dengan bahan kayu
3.motif geometris berkembang dari bentuk titik garis atau bidang yg berulang dari pola yg sederhana sampai pola yg rumit.
4.mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung.
5.pahat dan pemukul.
6.karakteristik bahan kayu.
7.pahat pengot,mata pahat pengot berbentuk miring,meruncing dan tajam sebelah.
8.tehnik pahat.
9.oahat ini berbentuk lurus.
10.kuas,cat kayu,pensil

Nama :lola Olivia
Kelas:7,6
Mapel:seni budaya
J
Nama:lola Olivia
Kelas:7,6
Mapel:seni budaya
Jawaban A
1.pintu tiang, tepian jendela pagar kayu, lemari, meja
2.sesuai dengan bahan kayu
3. motif geometris berkembang dari bentuk titik garis atau bidang yang berulang dari pola yang sederhana sampai pola yang rumit.
4.mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung.
5.pahat dan pemukul.
6.karakteristik bahan kayu.
7.pahat pengot, mata pahat pengot berbentuk miring, tajam dan tajam sebelah.
8. tehnik pahat.
9.oahat ini berbentuk lurus.
10. kuas, cat kayu, pensil
Nama:gustinievika
Kelas:7.8
Mapel:seni budaya

Jawaban A
1.pintu tiang, tepian jendela pagar kayu, lemari, meja
2.sesuai dengan bahan kayu
3. motif geometris berkembang dari bentuk titik garis atau bidang yang berulang dari pola yang sederhana sampai pola yang rumit.
4.mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung.
5.pahat dan pemukul.
6.karakteristik bahan kayu.
7.pahat pengot, mata pahat pengot berbentuk miring, tajam dan tajam sebelah.
8. tehnik pahat.
9.oahat ini berbentuk lurus.
10. kuas, cat kayu, pensil


Nama:nabila sabrina azzahra
Kelas:72
mapel:seni budaya

1.kayu dapat di ukir dengan beberapa motif,yaitu flora,fauna dll,bahan kayu yg keras dan tak mudah patah sangat cocok di gunakan untuk ukiran

2.ragam hias geometri,kayu di bentuk dengan bentuk geometri ragam hias figuratif

3.mengidentifikasi teknik penerapan ragam hias pada media tekstil

4.seni ukir dan pahat di sertai dengan,

Cara yang digunakan dalam teknik ini yaitu dengan cara mengurangi bahan sedikit demi sedikit dengan menggunakan alat pahat sampai dengan tercipta barang yang diinginkan. Dan material yang digunakan pada teknik ini adalah berbahan dasar keras seperti batu, kayu, dll
Nama:Master P Silaban
Kelas:74

Bagian B

1.Ragam Hias
Flora,FaunaFiguratif,Geometris
2.Ukiran adalah kegiatan mengolah permukaan suatu objek trimatra dengan membuat perbedaan ketianggian dari permukaan tersebut sehingga didapat imaji tertentu.Mengukir sering dihubung kan dengan memahat
3.Pahat Kuku (penguku) digunakan untuk mengerjakan bagian yang lengkung,melingkar,membentuk cembung,cekung,ikal,dan pecahan aris maupaun pecahan cawen.
Pahat Lurus(penyilat)digunakan untuk mengerjakan bagian yang lurus atau rata
Pahat Lengkung Setengah Bulatan(Kol) digunakan untuk mengerjakan bagian-bagian cekung yang tidak dapat dikerjakan dengan pahat kuku
Pahat Miring(Pengot) digunakan untuk membersihkan pada sudut selah-selah ukiran dan meraut bagian-bagian yang diperlukan
4.A.menyiapkan alat dan bahan menggambar ragam hias ukiran
B.Memilih bentuk ragam hias sebagai objek berkarya
C.Membuat sketsa pada bahan kayu
D.Meberikan warna pada hasil gambar
5.A Menyiapkan bahan dan alat melukis (cat akrilik/cat tembok, kuas, dan palet).
B. Menyiapkan bahan kayu (papan kayu)
C. Membuat rancangan gambar ragam hias pada kertas.
D. Memindahkan gambar rancangan pada permukaan bahan kayu.
E. Menerapkan cat untuk menyelesaikan gambar ragam hias.
F. Memberikan lapisan vernis atau cat transparan pada permukaan kayu.
Nama:tiara
Kelas:76


Jawaban soal bagian A
Nama:tiara
Kelas:76

Jawaban soal bagian A

1.pintu, tiang, tepian kayu, lemari, dan meja.
2.sesuai dengan karakteristik bahan kayu.
3.motif geometris berkembang dari bentuk titik, garis, atau bidang yg berulang dari pola yg sederhana sampai pola yg rumit.
4.mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung.
5.pahat dan pemukul.
6.karakteristik bahan kayu.
7.(pahat pengot) mata pahat pengot terbentuk miring meruncing dan tajam sebelah.
8.teknik pahat.
9.pahat ini berbentuk lurus.
10.-kuas
-cat
-kayu
-persis
-penghapus bila perlu
Nama:tiara
Kelas:76

Jawaban soal bagian A

1.pintu, tiang, tepian kayu, lemari, dan meja.
2.sesuai dengan karakteristik bahan kayu.
3.motif geometris berkembang dari bentuk titik, garis, atau bidang yg berulang dari pola yg sederhana sampai pola yg rumit.
4.mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung.
5.pahat dan pemukul.
6.karakteristik bahan kayu.
7.(pahat pengot) mata pahat pengot terbentuk miring meruncing dan tajam sebelah.
8.teknik pahat.
9.pahat ini berbentuk lurus.
10.-kuas
-cat
-kayu
-persis
-penghapus bila perlu
Nama: exeleri maruka putra
Kelas:7.8

Jawaban soal bagian a

1.pintu,jendela dan tiang.
2.tergantung pada kebudayaan masyarakat setempat.
3.motif geometris berkembang dari bentuk titik,garis,atau bidang yang berulang dari pola yang sederhana sampai pola yang rumit.
4.mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung.
5.pahat dan pemukul .
6.karakteristik bahan kayu.
7.miring meruncing dan tajam sebelah.
8.melukis.
9.lurus.
10.cat akrilik,kayu,kuas,dan palet
Nama jovi surya purnanda
Kelas 7.8
Mata pelajaran seni budaya


Jawaban A
1.pintu tiang, tepian jendela pagar kayu, lemari, meja
2.sesuai dengan bahan kayu
3. motif geometris berkembang dari bentuk titik atau bidang yang berulang dari pola yang sederhana sampai pola yang rumit.
4.mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung.
5.pahat dan pemukul.
6.karakteristik bahan kayu.
7.pahat pengot, mata pahat pengot berbentuk miring, tajam dan tajam sebelah.
8. tehnik pahat.
9.oahat ini berbentuk lurus.
10. kuas, cat kayu, pensil


Good!

Lanjutkan tugas bagian B ya.
Dikerjakan di buku latihan.
Good!

Lanjutkan tugas bagian B ya.
Dikerjakan di buku latihan.
Good!

Lanjutkan tugas bagian B ya.
Dikerjakan di buku latihan.
Good!

Lanjutkan tugas bagian B ya.
Dikerjakan di buku latihan.
Good!

Lanjutkan tugas bagian B ya.
Dikerjakan di buku latihan.
Good!

Lanjutkan tugas bagian B ya.
Dikerjakan di buku latihan.
Good!

Lanjutkan tugas bagian B ya.
Dikerjakan di buku latihan.
Good!

Lanjutkan tugas bagian B ya.
Dikerjakan di buku latihan.
Good!

Lanjutkan tugas bagian B ya.
Dikerjakan di buku latihan.
Good!

Lanjutkan tugas bagian B ya.
Dikerjakan di buku latihan.
Good!

Lanjutkan tugas bagian B ya.
Dikerjakan di buku latihan.
Good!

Lanjutkan tugas bagian B ya.
Dikerjakan di buku latihan.
Good!

Lanjutkan tugas bagian B ya.
Dikerjakan di buku latihan.
Good!

Lanjutkan tugas bagian B ya.
Dikerjakan di buku latihan.
Good!

Lanjutkan tugas bagian B ya.
Dikerjakan di buku latihan.
Good!

Lanjutkan tugas bagian B ya.
Dikerjakan di buku latihan.
Good!

Lanjutkan tugas bagian B ya.
Dikerjakan di buku latihan.
Good!

Lanjutkan tugas bagian B ya.
Dikerjakan di buku latihan.
Nama:indah kasih mira ardella
Kelas:7.4
Mata pelajaran:Senibudaya

Jawaban soal bagian A
1.tiang,pintu, jendela
2.batang kayu yang di gunakan,serta motif suatu kota
3.garis garis, biasanya terdapat pada bahan tekstil maupun kayu
4.mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung
5.palu besi, dan batu
6.batang kayu yang di gunakan
7.miring meruncing dan tajam sebelah
8.teknik pahat
9.berbentuk lurus
10.Kuas.
Cat.
Kayu.
Pensil.
Penghapus kalau perlu

Good!

Lanjutkan tugas bagian B ya.
Dikerjakan di buku latihan.
Good!

Lanjutkan tugas bagian B ya.
Dikerjakan di buku latihan.
Good!

Lanjutkan tugas bagian B ya.
Dikerjakan di buku latihan.
Good!

Lanjutkan tugas bagian B ya.
Dikerjakan di buku latihan.
Good!

Lanjutkan tugas bagian B ya.
Dikerjakan di buku latihan.
Good!

Lanjutkan tugas bagian B ya.
Dikerjakan di buku latihan.
Good!

Lanjutkan tugas bagian B ya.
Dikerjakan di buku latihan.
Good!

Lanjutkan tugas bagian B ya.
Dikerjakan di buku latihan.
Good!

Lanjutkan tugas bagian B ya.
Dikerjakan di buku latihan.
Good!

Lanjutkan tugas bagian B ya.
Dikerjakan di buku latihan.
Good!

Lanjutkan tugas bagian B ya.
Dikerjakan di buku latihan.
Good!

Lanjutkan tugas bagian B ya.
Dikerjakan di buku latihan.
Good!

Lanjutkan tugas bagian B ya.
Dikerjakan di buku latihan.
Good!

Lanjutkan tugas bagian B ya.
Dikerjakan di buku latihan.
Good!

Lanjutkan tugas bagian B ya.
Dikerjakan di buku latihan.
Good!

Lanjutkan tugas bagian B ya.
Dikerjakan di buku latihan.
Good!

Lanjutkan tugas bagian B ya.
Dikerjakan di buku latihan.
Good!

Lanjutkan tugas bagian B ya.
Dikerjakan di buku latihan.
Nama :Valen Pratama
Kls : 7.8
Mapel : seni budaya
Jawaban A
1.Pintu, tiang, tepian jendela, pagar kayu, lemari, meja.
2. Sesuai dengan bahan kayu.
3. Motif geometris berkembang dari bentuk titik, garis, atau bidang yang berulang dari pola yang sedderhana sampai pola yang rumit.
4.mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung.
5.pahat dan pemukul.
6.karakteristik bahan kayu.
7. (Pahat pengot), mata pahat pengot berbentuk miring meruncing dan tajamsebelah.
8. Teknik pahat.
9. Pahat ini berbentuk lurus.
10. Kuas.
Kucing.
Kayu.
Pensil.

Good!

Lanjutkan tugas bagian B ya.
Dikerjakan di buku latihan.
Good!

Lanjutkan tugas bagian B ya.
Dikerjakan di buku latihan.
Good!

Lanjutkan tugas bagian B ya.
Dikerjakan di buku latihan.
Good!

Lanjutkan tugas bagian B ya.
Dikerjakan di buku latihan.
Good!

Lanjutkan tugas bagian B ya.
Dikerjakan di buku latihan.
Good!

Lanjutkan tugas bagian B ya.
Dikerjakan di buku latihan.
Good!

Lanjutkan tugas bagian B ya.
Dikerjakan di buku latihan.
Hamidah marsus
Kelas ,7.8
Hamidah marsus
Kelas ,7.8
Nama:Viona Fronicha
kelas:7.8

jawaban bagian A.
1.kursi,pintu,lemari,meja
2.tergantung pada karakteristik bahan kayu dan kebudayaan masyarakat setempat
3.berupa bentuk titik, garis, atau bidang yang berulang dari pola yang sederhana sampai pola yang rumit
4.mata pahat mendatar dan melengkung
5.pahat dan pemukul
6.pola dan alur
7.miring meruncing dan tajam sebelah
8.melukis
9.lurus
10.cat,kuas,kayu,pensil,dan palet
Nama: Jastin evander
Kelas: 7.2
Jawaban soal bagian A
1.Pintu, tiang, tepian jendela, pagar kayu, lemari, meja.
2. Sesuai dengan bahan kayu.
3. Motif geometris berkembang dari bentuk titik, garis, atau bidang yang berulang dari pola yang sedderhana sampai pola yang rumit.
4.mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung.
5.pahat dan pemukul.
6.karakteristik bahan kayu.
7. (Pahat pengot), mata pahat pengot berbentuk miring meruncing dan tajamsebelah.
8. Teknik pahat.
9. Pahat ini berbentuk lurus.
10. Kuas.
Kucing.
Kayu.
Pensil.
Penghapus kalau perlu.
Hamidah marsus
Kelas 7.8
Senibudaya
Nama : hamidah Marsus
Kelas: 7.8
Senibudaya
1.Tiang, Pintu, Jendela

2.tergantung pada batang kayu
Yang di gunakan serta motifsuatu
Kota
3.garis garis bentuk diagonal
Polaberulang
4. Pahat lengkung / penguku
Pahatlurus/penyilat
5.pahat
6.batang kayu yang di gunakan
7.pahat kuku
8.teknik pahat
9.pahat kuku
10.1.kuas 2.cat 3.kayu 4.pensil
5.penghapus
NAMA:M.Thoriq al faruqi
kls:7.5
1.kharakteristik bahan kayu.
2.(pahat pengot), Mata pahatpengotberbentuk miring meruncing dan tajam sebela.
3.tejnik pahat.
4.pahat ini berbentuk lurus.
5.kuas.
kucing.
kayu.
pensil.
penghapus kalau perlu.
Nama:Ery Silvia Gusnita
Kelas:7.3

1.Tiang, Pintu rumah,Tepian Jendela, Meja, lemari.
2.tergantung pada batang kayu yg digunakan,serta motif suatu kota ( sebagai simbol suatu kota ).
3.Motif geometris berkembang dari bentuk titik, garis, atau bidang yang berulang dari pola yang sedderhana sampai pola yang rumit.
4.PAHAT KUKU, (Pahat Penguku). PAHAT LURUS, (Pahat Penyilat).
5.pahat dan pemukul.
6.batang kayu.
7.Mata pahat pengot berbentuk miring meruncing dan tajam sebelah.
8.teknik lukis.
9.saat ini berbentuk lurus, gunanya pahat lurus digunakan untuk mengerjakan bagian yang lurus , rata .
10.Kuas
Cat
Kayu
Pensil
Penghapus.
Nama: Muhammad Rifkhan Al Habsyi
KLS:7,6

1.pintu,jendela,kerajinan tangan tempat tidur, tiang.
2.Sesuai dengan karakteristik bahan kayu atau sesuai dengan keinginan motif yang telah di seketrakan.
3.Motif geometris berkembang dari bentuk titik, garis, atau bidang yang berulang dari pola yang sedderhana sampai pola yang rumit.
4.mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung.
5.pahat dan pemukul.
6.karakteristik bahan kayu.
7.(Pahat pengot), mata pahat pengot berbentuk miring meruncing dan tajamsebelah.
8.Teknik pahat.
9.Pahat ini berbentuk lurus.
10.Kuas.
Cat.
Kayu.
Pensil.
Penghapus kalau perlu
NAMA:M.Ramadhan Adriano
KLS :7.5
JAWABAN BAGIAN (A)
1.seperti pintu dan jendela, serta perabotan rumah, seperti kursi, lemati dan meja.
2.tergantung pada kebudayaan masyarakat setempat.
3.dari bentuk titik, garis, atau bidang yang berulang dari pola yang sedderhana sampai pola yang rumit.
4.yaitu maya pahat mendatar dan mata pahat melengkung.
5.kayu,pahat,dan alat pemukul
6.yang sesuai dengan karakteristik bahan kayu.
7.tajam sebelah
8.melukis.
9.lurus
10.cat akrilik/cat tembok, kuas, dan palet,Menyiapkan bahan kayu.
Nama. aditya dwi saputra
Kls 7.6
1 pintu jendelah dan perabotan rumah tangga
2.Kebudayaan masyarakat setempat
3.titik .Garis atau bidang yang Berulang ulang dari pola Yang Sedarhana sampai pola Yang rumit
4.mata pahat mendatar dan mata pahat Melengkung
5.pahat dan pemukul
6. Bahan baku
7. Miring meruncing dan tajam Sebela
8.melukis
9. Lurus
10.kaus kucing kayu pensil
Nama:Muhammad Rafli Alfarezi
Kelas:7.3

1.pintu,jendela dan tiang.
2.tergantung pada kebudayaan masyarakat setempat.
3.motif geometris berkembang dari bentuk titik,garis,atau bidang yang berulang dari pola yang sederhana sampai pola yang rumit.
4.mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung.
5.pahat dan pemukul .
6.karakteristik bahan kayu.
7.miring meruncing dan tajam sebelah.
8.melukis.
9.lurus.
10.cat akrilik,kayu,kuas,dan palet.
Nama:Rain Delizky
Kelas7.6
1.tiang,pintu,jendela
2.batang kayu yang di gunakan
3.Motif geometris berkembang dari bentuk titik, garis, atau bidang yang berulang dari pola yang sedderhana sampai pola yang rumit.
4.mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung
5.pahat dan pemukul
6.batang kayu yang di gunakan
7.mata pahat pengot berbentuk miring meruncing dan tajam sebelah.
8.menggunakan teknik mengecat
9.berbentuk lurus
10.kuas,cat,kayu,
Nama:Mutia marlina
Kelas:78

Jawaban bagian A
1.menyiapkan alat dan bahan untuk mengukir kayu
2.melihat bentuk ragam hias yang akan diukir
3.membuat sketsa ragam hias pada bahan kayu
4.mengukir kayu sesuai sketsa gambar yang telah dibuat
5.menghaluskan bagian-bagian ukiran dengan menggunakan amplas agar permukaan ukiran lebih halus
6.memberikan sentuhan akhir pada hasil ukiran, biasanya menggunakan silak agar serat kayu ukiran tetap tampak
7.setelah media kayu diukir,media tersebut diwarnai sedemikian rupa agar jadi lebih indah
Nama :galuh surya dhaniarsa
Kls:7.2

1.pintu,jendela dan tiang.
2.tergantung pada kebudayaan masyarakat setempat.
3.motif geometris berkembang dari bentuk titik,garis,atau bidang yang berulang dari pola yang sederhana sampai pola yang rumit.
4.mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung.
5.pahat dan pemukul .
6.karakteristik bahan kayu.
7.miring meruncing dan tajam sebelah.
8.melukis.
9.lurus.
10.cat akrilik,kayu,kuas,dan palet.
Nama:Tiara Diva
Kelas:7⁸

Bagian A
1.Tiang, Pintu rumah,Tepian Jendela, Meja, lemari.
2.tergantung pada batang kayu yg digunakan,serta motif suatu kota ( sebagai simbol suatu kota ).
3.Motif geometris berkembang dari bentuk titik, garis, atau bidang yang berulang dari pola yang sedderhana sampai pola yang rumit.
4.PAHAT KUKU, (Pahat Penguku). PAHAT LURUS, (Pahat Penyilat).
5.pahat dan pemukul.
6.batang kayu.
7.Mata pahat pengot berbentuk miring meruncing dan tajam sebelah.
8.teknik lukis.
9.saat ini berbentuk lurus, gunanya pahat lurus digunakan untuk mengerjakan bagian yang lurus , rata .
10.Kuas
Cat
Kayu
Good!

Lanjutkan tugas bagian B ya.
Dikerjakan di buku latihan.
Good!

Lanjutkan tugas bagian B ya.
Dikerjakan di buku latihan.
Good!

Lanjutkan tugas bagian B ya.
Dikerjakan di buku latihan.
Good!

Lanjutkan tugas bagian B ya.
Dikerjakan di buku latihan.
Good!

Lanjutkan tugas bagian B ya.
Dikerjakan di buku latihan.
Good!

Lanjutkan tugas bagian B ya.
Dikerjakan di buku latihan.
Good!

Lanjutkan tugas bagian B ya.
Dikerjakan di buku latihan.
Good!

Lanjutkan tugas bagian B ya.
Dikerjakan di buku latihan.
Good!

Lanjutkan tugas bagian B ya.
Dikerjakan di buku latihan.
Senin merupakan salah satu jalan untuk mengasah kreativitas, Bu. Rasa puas itu mencul tatkala kita sudah berhasil menyelesaikan sebuah karya seni.
Suka banget liat hiasan dari kayu, lebih seneng lagi kalo ada yang ngasih karena kalo beli harganya lumayan hehe Tapi tetep kagum banget ama orang yang berbakat di seni hias.
Asik belajar kerajinan, aku kurang punya bakat mbak tapi suka aja gitu
Nama = Adli Ar rahman
kelas = 7.7
bagian A
1.Pintu, tiang, tepian jendela, pagar kayu, lemari, meja.
2. Sesuai dengan bahan kayu.
3. Motif geometris berkembang dari bentuk titik, garis, atau bidang yang berulang dari pola yang sedderhana sampai pola yang rumit.
4.mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung.
5.pahat dan pemukul.
6.karakteristik bahan kayu.
7. (Pahat pengot), mata pahat pengot berbentuk miring meruncing dan tajamsebelah.
8. Teknik pahat.
9. Pahat ini berbentuk lurus.
10. Kuas.
Kucing.
Kayu.
Pensil.
Penghapus kalau perlu.
mantap ini pelajarannnya jadi bisa dapat ide juga saya, mantap buk guru
Keren nih... cara pengajaran bu guru..
Selain bikin siswa2 melek sama blog, pemilik blog dapet manfaat juga... keren 👍
Ide muncul kareba tuntutan prosesi dek hihihi
Ide muncul karena tuntutan kondisi dan profesi mak.....
Semoga bermanfaat
Nama : meisya diva saputri
Kelas: 7.2
Senibudaya
1.Tiang, Pintu, Jendela

2.tergantung pada batang kayu
Yang di gunakan serta motifsuatu
Kota
3.garis garis bentuk diagonal
Polaberulang
4. Pahat lengkung / penguku
Pahatlurus/penyilat
5.pahat
6.batang kayu yang di gunakan
7.pahat kuku
8.teknik pahat
9.pahat kuku
10.1.kuas 2.cat 3.kayu 4.pensil
5.penghapus
Nama: Nurul anisyah
Kelas:7.3
Bagian A
1.pintu,jendela dan perabotrumah
2.kebudayaan masyarakat setempat
3.bentuk titik garis atau bidang yang berulang dari pola yang sederhana sampai pola yang rumit
4.mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung
5.proses membentuk cekungank dan tonjolan pada permukaan kayu dengan alat pahat sehingga menghasilkan ragam hias tertentu
6.kerajinan dan batang kayu yang digunakan
7.miring meruncing dan tajam sebelah
8.melukis
9.lurus atau rata
10.cat akrilik atau cat tembok, kuas ,dan palet ,papan kayu membuat rancangan gambar ragam hias pada kertas ,memindahkan gambar rancangan pada permukaan bahan kayu, menetapkan cat untuk menyelesaikan gambar ragam hias ,memberikan lapisan vernis atau cat transparan pada permukaan kayu.
Nama:Aril Ramadan Saputra
Kelas 7,3
Bagian A
1.pintu jendela perabotan rumah serta lemari pakaian
2.tergantung pada bahan kayu yg digunakan
3.motif geometris dari titik-titik atau bidang yang berulang dari pola rumit
4.jenis mata pahat untuk mengukir adalah pahat kuku pahat lurus (pahat penyilat
5.pahat dan pemukul
6.kerajinan bahan kayu yg digunakan
7.Pahat pengot
8.teknik melukis
9.pahat ini yang berbentuk lurus dan rata
10.kuas cat dan kayu dan cat akrilik
Ragam hias pada kayu ini unik bgt ya Mbk. Algkah baiknya kl bisa berkreasi sndiri, psti lbh seru.
Asal tangan telaten, semua bisa jadi hiasan yang menghasilkan pundi-pundi rupiah ya mba..
Aku kurang teliti klo buat begini hehe, cari yg lebih telaten.
Nama :Witri Hastuti
Kelas:7.2
Hari/tgl:kamis,25 Februari 2021
Pelajaran:Seni budaya

1.meja,kursi,lemari,pintu.
2.sesuai dengan bahan kayu
3.motif geometris berkembang dari bentuk titik,garis,atau bentuk bidang yang berulang dari pola sederhana sampai pola yang rumit
4.mata Pahat mendatar dan melengkung
5.pahat dan pemukul
6.karakteristik bahan kayu
7.pahat pengot,berbentuk miring meruncing dan tajam sebelah
8.teknik Pahat
9.berbentuk lurus
10.kuas,kayu,pensil,cat air atau tuas
Nama:Gina Kinanti
Kelas:7.4
Bagian A
1.meja,kursi,lemari,rumah, perabot rumah,pintu
2.kayu yang digunakan
3.garis garis bentuk diagnoal
4.pahat kuku,pahat lurus
5.pahat
6.batang kayu
7.miring
8.teknik mengecat
9.berbentuk lurus
10.pahat,pemukul,cat,pensil,kayu
Nama: Mutiara Saharani Muit Nasution
Kelas: 71
1.Tiang, Pintu, Jendela

2.tergantung pada batang kayu
Yang di gunakan serta motifsuatu
Kota
3.garis garis bentuk diagonal
Polaberulang
4. Pahat lengkung / penguku
Pahatlurus/penyilat
5.pahat
6.batang kayu yang di gunakan
7.pahat kuku
8.teknik pahat
9.pahat kuku
10.1.kuas 2.cat 3.kayu 4.pensil
5.penghapus
Nama:dina lorenza pratani putri
Kelas:71

Jawaban

1.pintu, tiang, tepian kayu, lemari, dan meja.
2.sesuai dengan karakteristik bahan kayu.
3.motif geometris berkembang dari bentuk titik, garis, atau bidang yg berulang dari pola yg sederhana sampai pola yg rumit.
4.mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung.
5.pahat dan pemukul.
6.karakteristik bahan kayu.
7.(pahat pengot) mata pahat pengot terbentuk miring meruncing dan tajam sebelah.
8.teknik pahat.
9.pahat ini berbentuk lurus.
10.-kuas
-cat
-kayu
-persis
-penghapus bila perlu
Publish
Publish
1.pintu,tiang tepian jendela ,pagar kayu,lemari
2.sesuai dengan bahan kayu atau sesuai dengan keinginan
3.motif geometris berkembang dari bentuk titik ,garis atau bidang
4.(mata pahat) mendatarar dan pahat melengkung
5.pahat dan pemukul
6.karakteristik bahan kayu
7.(pahat pengot) mata pahat pengot berbentuk miring meruncing dan tajam sebelah
8.teknik pahat
9.pahat berbentuk lurus
10.kuas
Kucing
Pensil
Penghapus kalau perlu
Nama :Decha Puspita Sari
Kelas.76
Seni budaya
1.pintu ,tiang,tepian jendela ,pagar kayu,lemari
2.sesuai dengan bahan kayu atau sesuai dengan keinginan
3.motif geometris berkembang dari bentuk titik ,garis ,atau bidang
4.mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung
5.pahat dan pemukul
6.karakteristik bahan kayu
7.(pahat pengot) mata pahat pengot berbentuk miring meruncing dan tajam sebelah
8.teknik pahat
9.pahat berbentuk lurus
10.kuas
Kucing
Pensil
Penghapus kalau perlu


Nama:Decha Puspita Sari
Kelas :7.6
1.pintu,tiang ,tepian jendela ,pagar kayu,lemari
2.sesuai dengan bahan kayu atau sesuai dengan keinginan
3.motif geometris berkembang dari bentuk titik ,garis ,atau bidang
4.mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung
5.pahat dan pemukul
6.karakteristik bahan kayu
7.(pahat pengot)mata pahat pengot berbentuk miring meruncing dan tajam sebelah
8.teknik pahat
9.pahat berbentuk lurus
10.kuas
Kucing
Pensil
Penghapus

Kelas :7.6
1.pintu,tiang ,tepian jendela ,pagar kayu,lemari
2.sesuai dengan bahan kayu atau sesuai dengan keinginan
3.motif geometris berkembang dari bentuk titik ,garis ,atau bidang
4.mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung
5.pahat dan pemukul
6.karakteristik bahan kayu
7.(pahat pengot)mata pahat pengot berbentuk miring meruncing dan tajam sebelah
8.teknik pahat
9.pahat berbentuk lurus
10.kuas
Kucing
Pensil
Penghapus
Kelas :7.6
1.pintu,tiang ,tepian jendela ,pagar kayu,lemari
2.sesuai dengan bahan kayu atau sesuai dengan keinginan
3.motif geometris berkembang dari bentuk titik ,garis ,atau bidang
4.mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung
5.pahat dan pemukul
6.karakteristik bahan kayu
7.(pahat pengot)mata pahat pengot berbentuk miring meruncing dan tajam sebelah
8.teknik pahat
9.pahat berbentuk lurus
10.kuas
Kucing
Pensil
Penghapus
Nama:putri hartatik
Kelas :7.6
1.pintu,tiang ,tepian jendela ,pagar kayu,lemari
2.sesuai dengan bahan kayu atau sesuai dengan keinginan
3.motif geometris berkembang dari bentuk titik ,garis ,atau bidang
4.mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung
5.pahat dan pemukul
6.karakteristik bahan kayu
7.(pahat pengot)mata pahat pengot berbentuk miring meruncing dan tajam sebelah
8.teknik pahat
9.pahat berbentuk lurus
10.kuas
Kucing
Pensil
Penghapus
Murid-murid aku juga pernah nih bikin ragam hias melukis di kayu talenan
nama:analia cikha putri ananda
Kls:7.4
Jawaban soal bagian A
1.tiang,pintu, jendela
2.batang kayu yang di gunakan,serta motif suatu kota
3.garis garis, biasanya terdapat pada bahan tekstil maupun kayu
4.mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung
5.palu besi, dan batu
6.batang kayu yang di gunakan
7.miring meruncing dan tajam sebelah
8.teknik pahat
9.berbentuk lurus
10.Kuas.
Cat.
Kayu.
Pensil.
Penghapus kalau perlu
Nama: Auliana Azahra
Kelas : 7.4
Jawaban bagian A
1.pintu rumah ,tepian jendela,penyangga untuk atap dan pagar kayu
2.batang yg digunakan serta motif suatu kota
3.geometri memiliki 4 objek bahasan yaitu titik garis bangunan ( datar dan ruang ) sudut
4.pahat kuku ( pahat penguku) pahat lurus ( pahat penyilat)
5.pahat
6.batang kayu
7.berbentuk miring meruncing dan tajam sebelah pahat tersebut digunakan untuk memberikan sudut sela sela ukiran dan untuk meraut bagian yg diperlukan
8. Kayu pada dasarnya dapat diberi warna dengan berbagai macam cat misalnya cat minyak atau cat akrilik
9.saat ini berbentuk lurus gunanya pahat lurus di gunakan untuk mengerjakan bagian yg lurus rata membuat sasaran dan membuat siku siku tepi ukiran dengan dasaran
10.pensil,palet,kuas,penghapus,penggaris

Nama: Auliana Azahra
Kelas: 7.4
Jawaban bagian B
1.ragam hias ,flora, fauna, figuren ,dan geometri
2.ukiran adalah kegiatan mengolah permukaan suatu objek Trimatra dengan membuat perbedaan ketinggian dari permukaan tersebut sehingga didapat imaji tertentu mengukur sering dihubungkan dengan memahat
3.pahat kuku( penguku) digunakan untuk mengerjakan bagian yg lengkung melingkar membentuk cembung cengkung membentuk cembung cekung ikal dan pecahan Aris maupun pecahan Cemen
4.a.menyiapkan alat dan bahan menggambar ragam hias ukiran
5.menyiapkan bahan dan alat melukis cat akrilik cat tembok kuas palet
Nama:ariya zeliza Safrizal
Kls:7.1
1. Pintu, tepian jendela,pagar kayu,lemari
2.sesuai dengan bahan kayu atau sesuai dengan keinginan
3.motif geometris berkembang dari bentuk titik,garis,atau bidang
4.mata pahat mendatar dan marah paham melengkung
5.pahat dan pemeluk
6.karakteristik bahan kayu
7.(pahat pengot) mata pahat pengot berbentuk miring meruncing dan tajam sebela
8. Teknik pahat
9. Pahat berbentuk lurus
10. Kuas, kucing, pensil, penghapus.
Tambahkan Komentar

Hello pembaca yang sholeh dan sholehah
Terima kasih ya, telah mampir dan baca tulisanku di blog www.firakahar.com ini.

Alhamdulillah wa syukrulillah aku bisa jumpai pembaca dengan menulis di blog, kalaulah ada tulisanku bermanfaat bagin pembaca, jangan sungkan dan ragu untuk di share, follow dan di coment ya.

Aku senang dan bahagia jika ada kritik ataupun masukan yang membangun terhadap tulisan-tulisanku di blog ini.

Jika ada kesempatan untuk bekerjasama boleh hubungi hp/wa-ku: 8117306556, by email_ku: mfwkk@yahoo.com

see you
regard from me
FIRA KAHAR


Materi Ajar Seni Budaya Kelas VII Menerapkan Ragam Hias Pada Bahan Kayu

Materi Ajar Seni Budaya Kelas VII Menerapkan Ragam Hias Pada Bahan Kayu