Total Tayangan Halaman

KIAT - KIAT AGAR PERJALANAN UMROH MENYENANGKAN : UMROH 2016
KIAT - KIAT AGAR PERJALANAN UMROH MENYENANGKAN : UMROH 2016

KIAT - KIAT AGAR PERJALANAN UMROH MENYENANGKAN : UMROH 2016

- 2



 


UMROH BERSAMA MAK DAN BAK
 17 Maret s/d 30 Maret 2016

Bissmilahi Tawakalna 'alalahi Lahaula wala Quwata'ilabillah.
Bissmillahi Majereeha Wamursaha Innarabbi Laghafurrurrahiim

Apa saja kiat-kiat agar perjalanan umroh kita menyenangkan? 

  
Kiat memilih waktu dan Persiapan sebelum Umroh

Sebagai seorang muslim menjalankan ibadah haji atau umroh adalah keinginan pasti selalu ada dalam diri kita. Untuk itu kita akan berusaha semaksimal mungkin agar bisa melaksanakannya, minimal umroh terlebih dulu, karena bisa dilaksanakan kapan saja.  Walaupun waktu umroh bisa kapan saja, tapi jika memungkinkan kita perlu mempertimbangankan waktu pelaksanaan yang nyaman. Apalagi biaya paket umroh yang kita keluarkan tidak sedikit. Sehingga kita bisa melaksanakan seluruh prosesi  ibadah tersebut dengan baik.

Kiat pemilihan waktu umroh antara lain mempertimbangan kondisi Arab Saudi yang beriklim gurun. Biasanya musim panas (juni sd Agustus)udara suhunya bisa mencapai lebih dari 45 derajat celcius. Sedangkan musim dingin (November-Februari) suhu udara siang hari 38-42 derajat dan malam suhunya bisa turun drastis menjadi sekitar  8 derajat celsius. Hal ini bagi kita yang biasa hidup di daerah khatulistiwa, yang suhu udaranya relatif stabil dapat menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Salah satu Kiat umroh nyaman dalam pemilihan waktu beribadah adalah pada bulan-bulan Maret-Mei dimana saat itu cuaca bisa dikatakan lebih sejuk dan bersahabat. Faktor cuaca ini perlu dipertimbangkan sehubungan dengan kondisi kita, palagi jika kita termasuk orang yang mudah lelah, karena keseluruhan prosesi haji atau umroh tidak hanya di masjid-masjid saja tapi juga  di ruang terbuka. Bulan yang biasanya padat jama'ah misalnya Desember, bertepatan dangan liburan kahir tahun.
 
Selain iklim yang perlu dipertimbangkan dalam tips persiapan pelaksanan umroh adalah waktu-waktu padat jama'ah, biasanya bulan Ramadhan dan waktu liburan (Juni-Agustus juga Desember). Pemilihan waktu juga mempengaruhi besaran biaya paket umroh yang ditawarkan travel, karena pada saat padat tarif pesawat dan hotel juga meningkat, pastinya akan mempengaruhi harga paket umroh. Jika anda mencari biaya perjalanan yang cenderung murah, pilihlah paket umroh april dan seterusnya.


          Kiat ibadah umroh yang tidak kalah penting setelah pemilihan waktu, terutama bagi anda yang baru pertama kali umroh atau pertama kali bepergian ke luar negri adalah tips persiapan sebelum keberangkatan antara lain:
1. Pilihlah travel yang terpercaya dan berpengalaman.
2. Sesuaikan paket dan budget yang kita punya. Jika kita hanya ingin fokus ibadah pilih reguler, tanpa perlu mampir/tour ke tempat-tempat lain.
3. Segera urus perlengkapan dokumen seperti:paspor, foto close up dan kartu kuning imunisasi. Waktu pengurusan sekitar 2 minggu.
4. Mencicil latihan jalan kaki (jogging)agar fisik kita terbiasa sebagai persiapan thawaf, Sa'i dan berjalan ke masjid setiap kali ibadah.
5. Mulailah membaca buku-buku tentang Islam terutama mengenai umroh, syarat rukun dan doa-doa umroh. Agar kita mempunyai bekal pengetahuan yang benar ketika beribadah.
6. Jaga kesehatan fisik dan rohani kita, dan banyak berdoa agar dilancarkan dalam beribadah. Kesehatan rohani yang perlu dipersiapkan adalah kesabaran dan keikhlasan, karena perjalanan yang akan kita lakukan perjalanan ibadah, bukan jalan-jalan biasa. 

        Kiat ibadah umroh, yang lain adalah tips perbekalan dan perlengkapan umroh
1.Persiapankan isi koper 1 minggu sebelum berangkat seperti: pakian ihrom (baju gamis), sandal/sepatu, kaos kaki, kaos tangan, kerudung/bergo, pelembab/sabun.
2.Baju bawalah sesimpel mungkin diluar baju ihrom atau baju tidur, demikian juga dengan pakian dalam untuk praktis bisa pakai cd/panty sekali pakai.
3.Perlengkapan yang lain buku saku doa-doa, Al Qur'an, payung kecil/topi, masker, syal/jaket, gantungan baju, detergent sachet, makanan instan/sereal, obat-obatan, perlengkapan komunikasi, camera dll. Perlu diingat bagasi yang diizinkan seberat 25 kg dan 10 liter air zam zam.
4.Bawalah uang secukupnya, jika tidak ingin berbelanja ATM atau kartu kredit tidak perlu dibawa. KTP, SIM tidak terlalu dibutuhkan. Penukaran uang lebih baik di
sana, selain menggunakan Riyal dalam berbelanja disana bisa juga menggunakan uang Rupiah.

         Demikian beberapa Kiat bepergian melaksanakan umroh, semoga bermanfaat dan menjadikan umroh sebagai Rihlah ruhani yang menyenangkan menjadi lebih mudah dan nyaman. Dua Ribu Wisata banyak menyediakan paket perjalanan umroh yang bisa menjadi pilihan anda.
Diperbarui

2 Komentar

+ Tambahkan
Semoga aku bisa juga jesano..,
Aamiin Yarabbal'alamiin....
Tambahkan Komentar

Hello pembaca yang sholeh dan sholehah
Terima kasih ya, telah mampir dan baca tulisanku di blog www.firakahar.com ini.

Alhamdulillah wa syukrulillah aku bisa jumpai pembaca dengan menulis di blog, kalaulah ada tulisanku bermanfaat bagin pembaca, jangan sungkan dan ragu untuk di share, follow dan di coment ya.

Aku senang dan bahagia jika ada kritik ataupun masukan yang membangun terhadap tulisan-tulisanku di blog ini.

Jika ada kesempatan untuk bekerjasama boleh hubungi hp/wa-ku: 8117306556, by email_ku: mfwkk@yahoo.com

see you
regard from me
FIRA KAHAR


KIAT - KIAT AGAR PERJALANAN UMROH MENYENANGKAN : UMROH 2016

KIAT - KIAT AGAR PERJALANAN UMROH MENYENANGKAN : UMROH 2016