Top Social

FIRA KAHAR

Ibu adalah sekolah utama, bila engkau mempersiapkannya, maka engkau telah mempersiapkan generasi terbaik.

STIFIn KELUARGAKU Membersamai BLOGGER BENGKULU AWARD 3.0 di Balai Kota Bengkulu

Sunday, March 15, 2020
Selamat dari STIFIn Keluargaku buat Alfha Sari, S.pd, Sebagai Bobe Berprestasi
BLOGGER BENGKULU AWARD 3.0
Blogger Bengkulu kembali memberikan penghargaan kepada para blogger di Bengkulu. Seperti yang disampaikan Ibu Mildaini sebagai Founder Blogger Bengkulu dalam kata sambutannya, bahwa Award Blogger ini sudah dilakukan Blogger Bengkulu (Bobe) sejak tahun 2017. Kategori penghargaan yang diberikanpun setiap tahunnya bertambah, Tahun ini ada lima kategori penghargaan yang diberikan Bobe, Siapakah pemenangnya? yakni : 

1. Bobe Pendatang baru : Lina Azkiah
2. Bobe Berprestasi : Alfha Sari, S.Pd
3. Bobe inspiratif : Intan Novriza Kamala Sari, S.Pd
4. Bobe best couple : Peri Hariansyah dan Zefy Arlinda
5. Tokoh Perubahan di bidang TIK : Wali Kota Bengkulu, Helmi hasan.
Ucapan Selamat dari STIFIn Keluargaku buat Toko Perubahan di bidang TIK: Wali Kota Bengkulu, Helmi Hasan mendapat piagam penghargaan dari founer Blogger Bengkulu Mak MIldaini.
Kelima pemenang Blogger Bengkulu Award 3.0 hari ini, mendapat hadiah yang berlimpah dari para sponsor kegiatan, diantaranya :

1. Voucher tes STIFIn dari STIFIn Keluargaku.
2. Rumah Snack Bengkulu
3. Latern House
4. Alea Salon
5. Piagam Bobe dari Mildaini founder Blogger Bengkulu
Barakallah untuk semua kategori pemenang Bobe Award 3.0
BLOGGER BENGKULU TES STIFIn bersama STIFIn KELUARGAKU
Pada era mileneal sekarang ini tidak ada yang belum mengetahui apa itu tes stifin. 
Tes STIFIn dilakukan dengan cara men-scan kesepuluh ujung jari anda, mengambil waktu beberapa menit terkoneksi dengan jaringan STIFIn pusat, kemudian  akan keluar hasil tes yang bersangkutan. Tes ini memiliki reliabelitas yang tinggi.

Bagi teman-teman semua khususnya anggota blogger Bengkulu peraih penghargaan Bobe Award yang akan tes, silahkan datang langsung ke alamat STIFn Keluargaku di Jln. Sumur Dewa No.04 Blok A Rt/Rw. 15/06 Kel. Selebar Kota bengkulu. Wa.08117306556.
STIFIn Keluargaku sharing hasil tes STIFIn dengan keluarga Blogger Bengkulu
Tes STIFIn adalah tes yang memetakan mesin kecerdasan dan kepribadian seseorang cukup dengan mengambil sidik jari. Tes ini sudah dapat dilakukan sejak usia dua tahun, hasilnya ketika diulang kapanpun akan sama (realibitas tinggi) dan manfaatnya banyak sekali, diantaranta:
1. Mengetahui belahan otak yang dominan & chemistry yang nyaman
2. Mengetahui cara belajar yang efektif dan meningkatkan minat belajar yang nyaman.
3. Mengetahui kebiasaan & kehebatan yang sesungguhnya.
4. Mengetahui fokus & profesi yang optimal sebagai kunci sukses.
5. Mengetahui kekuatan utama dan bakatnya serta potensi yang belum tergali.
6. Mengetahui cara berkomunikasi, profesi & jurusan pendidikan yang nyaman.
STIFIn keluargaku Umi Fira bersama Bapak Wali Kota Bengkulu dan Pemenang BOBE Award 3.0
BALAI KOTA BENGKULU
Awal tahun 2020 ini Blogger Bengkulu membawaku bisa bersilaturahim kembali ke Balai Kota Bengkulu. Sedikit bernostalgia sewaktu Kota Bengkulu dipimpin wali kota periode Bapak Khalik dan walikota periode Bang Ken, saya, suami dan keluarga sering sekali mendapat undangan dan berkumpul di Balai Kota ini. Berbagai acara yang kami hadiri, diantaranya Acara pengajian rutin, Arisan keluarga, Buka Bersama, halal bi halal serta kegiatan Open House di hari Raya Islam.


Alhamdulillah...hari ini bisa kumpul-kumpul kembali di balai kota bersama semua Blogger Bengkulu dalam acara Blogger Bengkulu (BOBE) Award 3.0.
Para Blogger yang berkesempatan hadir di Milad Bobe ke-3 Tahun. 15 maret 2020 di Balai Kota Bengkulu

CERITA DIBUANG SAYANG
Kegiatan milad bobe ke-3 hari ini, 15 Maret 2020 di balai kota Bengkulu, banyak sekali meninggalkan kenangan, keseruan dan kehebohan yang mengasyikan, yangmana semua ceritanya sayang untuk dilupakan begitu saja.
Kita semua sudah berjuang untuk hadir tepat waktu, bahkan ada kawan-kawan yang sudah hadir 1 jam sebelum jadwal ditentukan. Ternyata semua ketentuan agenda kegiatan ada di tangan protokoler pak wali kota, kapan, dimana dan jam berapa acara dimulai menyesuaikan dengan agenda pak wali hari ini. Apa dikata, agenda pak wali sangatlah padat, sehingga dijadwal yang seharusnya sudah jatahnya kegiatan bobe, ternyata masih menunggu kegiatan sebelumnya selesai. Untung-untung panitia dan protokoler pada baik, kita para blogger dipersilahkan masuk ke ruangan walaupun waktu itu masih kegiatan lainnya, yakni pak wali kota live streaming bersama televisi lokal kota Bengkulu. Semua blogger boleh masuk dengan syarat semua handphone harus di silentkan agar tidak mengganggu proses live pak wali kota.
Akhirnya tibalah saatnya giliran kegiatan bobe dimulai "BLOGGER BENGKULU AWARD 3.0". jadwal telah disusun sedemikian rupa, seperfect mungkin, tapi...dipelaksanaannya acara dimulai langsung acara intinya, hingga membuat Kak Efri merasa dug dag dig sebagai MC acara. 
Belum puas rasanya berfoto bersama dan berselfie di ruangan dalam, ternyata kita sudah dipersilakan keluar ruangan karena pak wali mau melanjutkan agenda meet up dengan para OPD untuk membicarakan kebijakan tentang sikap antisipasi pemerintah terhadap penyebaran virus corona.
Seperti biasa para blogger belum akan bubar jika belum puas di sesi foto memotonya. Akhirnya kita pindah ke teras bagian depan balai untuk melanjutkan sesi berfoto ria.
Dokumen Kegiatan Bobe dibuang sayang.....
Mak Bobe, Mak STIFIn dan mak Ubay
Keluarga Ubay dan Ghazy


Blogger Family
Selamat dari STIFIn Keluargaku buat Bobe best couple : Peri hariansyah dan Zefy Arlinda
Keseruan para Blogger di Balai Kota Bengkulu

Azka Nadhirah Rozi with Ustadz Efri
Lady's Blogger 

KHASIAT BUNGA TURI

Sunday, October 6, 2019


Koleksi Pribadi

Pertama Kali Makan Bunga Turi


Teman-teman pernahkah makan bunga turi?

Aku pernah lho.

Baru-baru ini aku makan bunga turi untuk yang pertama kalinya. Waktu itu disekolah tempat aku mengajar ada seorang bu guru namanya Ibu Min, yang membawa menu bunga turi. Awalnya aku penasaran dengan sekerumunan guru yang sedang mengunyah-ngunyah sesuatu dari tangan bu Min, akupun mendekati kerumunan itu dan ikutan mencoba menu yang dibawa bu Min. menu bunga turi yang bu Min buat menu urap. Sambil mengunyah-ngunyah urap bunga turi, ibu-ibu pada berkomentar tentang rasa menu serta info bunga turi. Sedangkan aku hanya menjadi pendengar saja. Jujur aku baru ini makan bahkan melihat bentuk bunga turi, itupun bunganya sudah diurap jadi gak tau gimana bentuk asli bunga turi. Akhirnya nanya-nanya juga sekilas untuk ma'rifat dengan bunga turi. 
Kalau rasanya, bagiku tak begitu aneh karena aku adalah manusia pemakan segala bentuk jenis sayuran....kayak mbeek aja yach hehe.
Rasa bunga turi ada rasa sedikit pahit, berserat dan lembut. lumayan enak kok, apalagi ada pahitnya, aku suka.

[Manfaat] Dan Khasiat Kembang Turi Bunga Ungu Atau Putih

Kandungan Nutrisi di dalam 100g Bunga Turi


Nah seperti biasanya teman-teman, setiap aku menemukan suatu hal yang baru, hal itu akan menjadi trending topik di otakku, akupun akan gencar mencari tau tentang hal tersebut. Akhirnya akupun terperangah akan bunga turi ini, sangat banyak mengandung nutrisi yang bagus dikonsumsi oleh kita. Diantaranya :
  • Kandungan Protein 1,8 g
  • kandungan Lemak 0,6 g
  • Kandungan Kalsium 23 mg
  • Kandungan Zat Besi 1 mg
  • Kandungan Energi 44 kkal
  • Kandungan Fosfor 29 mg
  • Kandungan Vitamin C 41 mg
  • Kandungan B1 0,13 mg
  • Kandungan A 305 IU
Sangat banyak yaa kandungan yang terdapat pada bunga turi, berarti akan banyak pula nilai manfaat atau khasiat yang ada pada bunga turi.

Khasiat Bunga Turi Untuk Kesehatan


Dijaman yang penuh dengan makanan serba instan, banyak sekali terdapat zat-zat kimia yang sulit dicerna oleh tubuh kita. bagi mak-mak seperti saya, mesti punya strategi dan selektif terhadap makanan yang masuk pada tubuh. menu natural seperti buah dan sayur-sayuran organic sangat saya sukai dan saya buru....apalagi kalau sayuran itu memiliki khasiat yang luar biasa, seperti bunga turi ini. yuuk kita lihat apa aja sich khasiat bunga turi untuk kesehatan :


  • Mengobati Sakit Mata
  • Memperkuat Tulang
  • Mengobati Sariawan
  • Menyembuhkan Luka
  • Mengatasi Keputihan
  • Meredakan Radang Tenggorokan
  • Mengobati Cantengan
  • Mengobati Disentri
  • Mengatasi Pegel Linu
  • Mengobati Batuk Berdahak

Khasiat Bunga Turi Untuk Ibu Hamil



Selain berkhasiat untuk kesehatan bunga turi memiliki khasiat untuk ibu hamil, diantaranya:
  • Baik untuk Janin
  • Memperlancar Asi

Khasiat Bunga Turi Untuk Kecantikan



Khasiat yang satu ini yang sangat menarik bagi semua perempuan milenial, bahwa bunga turi memiliki khasiat yang luar biasa untuk kecantikan. Diantaranya: 
  • Menghilangkan Jerawat
Dengan mengambil beberapa pucuk bunga turi, lalu ditumbuk sampai halus dan dicampur sedikit air kemudian dibalurkan kemuka bagian yang berjerawat. lakukan dengan rutin, Insyaa Allah muka akan kinclong tanpa jerawat.
Coba yuuuk....

  • Menghaluskan Kulit
Buah yang ada pada bunga turi dapat juga dihaluskan dan dicampur sedikit air, lalu di balurkan ke kulit, diamkan hingga 20 menit, lakukan secara teratur untuk hasil yang maksimal.



Koleksi pribadi

Sangatlah banyak khasiat yang terdapat pada bunga turi. Terdapat beberapa jenis bunga turi, dari segi warnanya ada warna putih dan ada warna merah.


Mengeksekusi Bunga Turi di Dapurku


Setelah memburu info bentuk, warna, dan khasiat bunga turi, seminggu setelah makan perdana bunga turi, akupun dapat satu kantong bunga turi dari ibu Min secara cuma-cuma. 
Alhamdulillah....bathinku, rezeki anak sholeh.
Secara kebetulan sekarang ini aku dalam kondisi menyusui bayiku yang sedang berusia enam bulan. Setelah mengetahui salah satu khasiat bunga turi addalah melancarkan air susu ibu, naah langsung bunga turinya ku eksekusi di dapurku. kuolah dengan menu sederhana yang cepat  saji yakni tumis bunga turi.

Resep yang kubuat menggunakan 3 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, cabe merah 3, 2 helai bawang daun, semua bumbu kuiris, lalu kutumis bumbu dengan minyak secukupnya, setelah aroma bumbu mulai tercium bunga turi yang sudah dibersihkan dimasukkan dalam kuali, lalu diaduk-aduk hingga layu, kemudian diberi sedikit air untuk melunakkan. Tunngu beberapa menit hingga Bunga turi benar-benar layu dan lunak. Lalu diangkat  dan siap untuk disajikan.

Gak berapa lama kemudian si ibu mnyusui makan, menu tumis bunga turipun ludes seketika....hahahaaa

Makasih ya bu Min, sudah mengenalkan aku dngan menu enak dan berkhasiat yakni bunga turi.
Selamat mencoba bagi teman-teman yang belum pernah mencicipi menu bunga turi....byeee.


LIMA TIPS MERAIH MIMPI

Wednesday, July 10, 2019
(c) vemale.com
fimela.com
Jaman kuliah adalah jamanku bermimpi.
Banyak sekali mimpiku waktu itu, diantaranya adalah aku ingin punya suami yang sholeh, sama fikrah dalam menjalankan ajaran agama, bisa menjadi imamku baik dalam sholat maupun dalam menjalani kehidupanku di dunia ini hingga akhirat kelak. 

Sederhana ya mimpiku, he he sesederhana aku dalam memahami sebuah kehidupan. Hidup di dunia bagiku sebuah tempat persinggahan sementara, yang sangatlah singkat. Sedangkan hidup yang sebenarnya adalah hidup di akhirat kelak, dimana kita hidup kekal di dalamnya, yakni syurganya Allah SWT. Aamiin...

Dalam menjalani hidup di dunia ini kita membutuhkan teman hidup, pasangan hidup yangmana dia akan mengisi hari-hari kita selama di dunia yang sementara ini. Sangatlah rugi jika hidup di dunia ini tidak kita isi dengan sesuatu yang bermanfaat, karena bagaimana kehidupan di dunialah yang akan menghantarkan kehidupan yang hakiki nantinya. Untuk itu bagiku sangatlah penting bermimpi memiliki pasangan hidup yang baik dan sholeh agar hidup kita di dunia ini menjadi satu arah sesuai fitrahnya, yakni mengabdi kepada Allah SWT.

Kata ustadz, yang namanya jodoh, rezeki dan maut itu adalah ketetapan Allah SWT. Kita tidak tau siapa jodoh kita nantinya. Kita tidak tau berapa dan kapan kita akan mendapatkan rezeki. Kita juga tidak tau kapan dan di bumi mana malaikat maut menjemput kita. 

Yang kita tau adalah bahwa orang baik akan mendapatkan jodoh yang baik juga. Rezeki akan datang jika ada jalannya yakni punya usaha. Meninggal dengan husnul khotimah akan terjadi jika kita memiliki kebiasaan atau aktifitas yang baik juga. itulah yang kupahami selama ini. jadi semua akan baik jika peran kita sebagai manusia dalam menjalaninya juga baik.

Nah, sungguh jelas apa yang harus aku lakukan agar mimpiku memiliki suami yang sholeh dapat kuraih. Aku mesti menjadi orang baik, memiliki fikrah yang baik, akhlak yang baik, kegiatan yang baik, ibadah yang baik, teman yang baik, serta lingkungan yang baik. 

Kuyakin saja akan ketetapan Allah nantinya, jika semua yang kita lakukan adalah sebagai usaha untuk menempah diri menjadi orang baik, insyaAllah Allah juga sedang mempersiapkan dan menempah seseorang jodoh kita orang yang baik juga.

Pada tulisan kali ini aku mau berbagi lima tips atau cara yang kulakukan dalam meraih mimpi, kali ini mimpi tentang punya suami yang sholeh :

Persiapkan Diri Menyambut Suami yang Sholeh

Punya suami atau pasangan hidup yang sholeh adalah salah satu mimpiku, sehingga keinginan ini selalu ku asah dalam memori kepalaku agar profile suami yang sholeh itu tetap ada, ku baca beberapa buku referensi yang membahas tentang seperti apa sosok suami yang baik dan sholeh. Tak lupa pula kubaca  juga referensi tentang bagaimana menjadi istri yang sholehah. Karena seorang laki-laki yang sholeh pasti menginginkan pasangan hidup yang sholehah juga.

Memang kita tidak tau kapan dan siapa jodoh kita, tapi tidaklah salah jika kita mempersiapkan diri untuk menyambut kedatangan sang jodoh.
Dulu...akupun mempersiapkan diri menyambut jodohku, dengan cara selalu memperbaiki kualitas diri, yakni membaca buku tentang fiqih pernikahan, membersihkan badan, serta menjaga silaturahim kesiapapun yang kita kenal.

Berdo'a dalam sholat tahajut

3. Berdo'a disaat berbuka puasa Nabi Daud
4. Tilawah Al- Qur'an satu juz sehari
5. Berdo'a setiap habis sholat Duha

Hadiah Penguat Cinta

Tuesday, July 9, 2019
Hadiah, Penuh Sesak, Ulang Tahun
pixabay.com
Assalamu'alaikum Wr Wb

Kado Adalah Hadiah

Mendengar kata hadiah semua pada senang ya, termasuk diriku dan kamu. 
Kesan yang ada pada hadiah selalu memberikan perdamaian, rasa cinta dan penghargaan dari yang memberi kepada yang diberi hadiah.

Mendapatkan hadiah berarti akan mendapatkan sesuatu dari orang lain. Biasanya yang namanya hadiah itu merupakan sesuatu hal yang baik dan bermanfaat untuk orang yang kita beri hadiah.

Ajaran agama menganjurkan kita agar memberi dan menerima hadiah karena pengaruh hadiah sangatlah besar dalam meraih kecintaan dan kasih sayang diantara sesama.
Pernah mendengar sebuah hadis Rasulullah Saw yang artinya:

"Saling memberi hadiahlah kalian, niscaya kalian akan saling mencintai" (HR. al-Bukhari, al-Adab al-Mufrid)

Hadis ini sangatlah menyentuh dan mengetuk hatiku.
Hmm...pantesan ya kalau mendapat hadiah itu hati jadi senang dan bahagia. Kalau aku ya, kalau mendapat hadiah, sebelum dibuka dan dilihat hadiahnya pertama yang kucari dan kutanya adalah tuliasan dari siapa hadiah ini. kalau gak ada tulisannya hatiku kan terus penasaran sampai mengetahui siapa pemberi hadiah tersebut. Nah, setelah mengetahui siapa pemberi hadiah, hatiku kan damai banget terhadap orang tersebut, rasa sayang itu mucul seketika dan bertaburan. He he he.
Aku ngerasa termasuk orang yang sering mendapatkan hadiah dari mana-mana dan tak disangka-sangka. Yang paling sering kuterima hadiah dari suami tercinta, beliau itu kalau bepergian suka bawa sesuatu untuk ku, anak-anak dan keluarga. Bagiku itu adalah hadiah dari suami walaupun kutau bahwa suami juga dapatnya dari hadiah orang lain, hihi...hadiah estapet ya...
Dengan seringnya suami membawa hadiah, otomatis aku dan anak-anak makin sayang dan cintaaaa....tuh buat para suami agar sering-seringlah memberi hadiah untuk istri dan anak-anaknya agar sayang dan cinta mereka semakin bertaburan.
Kotak, Hadiah, Hadir, Hari Natal
pixabay.com

Bolehkah Menolak Hadiah

Menerima hadiah itu hukumnya wajib ya, gak boleh ditolak. Emangnya ada orang suka menolak hadiah? rugi banget tuh.
Ada hadisnya melarang untuk menolak hadiah. Rasulullah bersabda :
"Penuhilah undangan orang yang mengundang, janganlah menolak hadiah..." (HR. Ahmad dan al-Bukhari)

Rajin memberi hadiah akan menimbulkan rasa cinta.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, tahaadu tahaabbu,
تَهَادَوْا تَحَابُّوا
Salinglah memberi hadiah, maka kalian akan saling mencintai.” (HR. Bukhari dalam Al-Adab Al-Mufrod, no. 594. Hadits ini dihasankan oleh Syaikh Al-Albani dalam Al-Irwa’, no. 1601. Syaikh Musthofa Al-‘Adawi dalam catatan kaki Fiqh Al-Akhlaq menyatakan bahwa sanad haditsnya hasan dengan syawahidnya)
Juga ada hadits dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
تَصَافَحُوْا يَذْهَبُ الغِلُّ ، وتَهَادَوْا تَحَابُّوا ، وَتَذْهَبُ الشَحْنَاءُ
Saling bersalamanlah (berjabat tanganlah) kalian, maka akan hilanglah kedengkian (dendam). Saling memberi hadiahlah kalian, maka kalian akan saling mencintai dan akan hilang kebencian.” (HR. Malik dalam Al-Muwatha’, 2/ 908/ 16. Syaikh Al-Albani menukilkan pernyataan dari Ibnu ‘Abdil Barr bahwa hadits ini bersambung dari beberapa jalur yang berbeda, semuanya hasan)


Sumber https://rumaysho.com/15422-21-faedah-tentang-hadiah.html
Para ulama' memahami hadis ini bahwa Nabi saw mengecam tindakan menolak hadiah dikalangan sesama muslim. Bila seseorang diberi hadiah, wajib baginya untuk menerimanya dan tidak menolaknya sebab hadiah dapat melahirkan kecintaan dan menghilangkan rasa dendam.
Salah satu hadiah yang tidak pernah ditolak Nabi saw adalah wewangian.
"Siapa saja yang dihadiahi 'Raihan' , maka janganlah menolaknya sebab ia ringan dibawa namun sedap baunya." (HR. Muslim).

Wah pantesan setiap orang yang pulang dari haji ataupun umroh suka sekali memberi hadiah minyak wangi atau parfum. Begitu juga di Madinah dan Mekah, para penjual ataupun pedagang di sana sering menganjurkan dan menawarkan pada pengujung untuk membeli parfum sebanyak-banyaknya untuk dibawa ke kampung halaman.

Aku dan Suami juga melakukan hal itu, setiap pulang dari Haji dan Umroh, yang paling banyak dibeli adalah parfum yang dikemas dengan botol kecil-kecil agar banyak yang kebagian. parfum pavorit suami adalah Seribu Bunga sedangkan diriku parfum Kesturi.
Botol, Parfum, Wadah
pixabay.com

Nilai Sebuah Hadiah

Saking dianjurkannya memberi hadiah menilai sebuah hadiah bukan pada besar kecilnya atau nilai materinya akan tetapi lebih pada nilai maknawinya. ada juga hadisnya ya yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah ra :


“Wahai para wanita kaum muslimin, janganlah ada seorang tetangga meremehkan pemberian tetangganya yang lain sekali ia (pemberian tersebut) berupa ujung kuku (teracak) unta.” (HR.al-Bukhari).

Kalau dilihat materinya apalah arti ujung kuku ya, tapi kita yang menerimanya tidak boleh meremehkannya.
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, tahaadu tahaabbu,
تَهَادَوْا تَحَابُّوا
Salinglah memberi hadiah, maka kalian akan saling mencintai.” (HR. Bukhari dalam Al-Adab Al-Mufrod, no. 594. Hadits ini dihasankan oleh Syaikh Al-Albani dalam Al-Irwa’, no. 1601. Syaikh Musthofa Al-‘Adawi dalam catatan kaki Fiqh Al-Akhlaq menyatakan bahwa sanad haditsnya hasan dengan syawahidnya)
Juga ada hadits dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
تَصَافَحُوْا يَذْهَبُ الغِلُّ ، وتَهَادَوْا تَحَابُّوا ، وَتَذْهَبُ الشَحْنَاءُ
Saling bersalamanlah (berjabat tanganlah) kalian, maka akan hilanglah kedengkian (dendam). Saling memberi hadiahlah kalian, maka kalian akan saling mencintai dan akan hilang kebencian.” (HR. Malik dalam Al-Muwatha’, 2/ 908/ 16. Syaikh Al-Albani menukilkan pernyataan dari Ibnu ‘Abdil Barr bahwa hadits ini bersambung dari beberapa jalur yang berbeda, semuanya hasan)


Sumber https://rumaysho.com/15422-21-faedah-tentang-hadiah.html
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, tahaadu tahaabbu,
تَهَادَوْا تَحَابُّوا
Salinglah memberi hadiah, maka kalian akan saling mencintai.” (HR. Bukhari dalam Al-Adab Al-Mufrod, no. 594. Hadits ini dihasankan oleh Syaikh Al-Albani dalam Al-Irwa’, no. 1601. Syaikh Musthofa Al-‘Adawi dalam catatan kaki Fiqh Al-Akhlaq menyatakan bahwa sanad haditsnya hasan dengan syawahidnya)
Juga ada hadits dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
تَصَافَحُوْا يَذْهَبُ الغِلُّ ، وتَهَادَوْا تَحَابُّوا ، وَتَذْهَبُ الشَحْنَاءُ
Saling bersalamanlah (berjabat tanganlah) kalian, maka akan hilanglah kedengkian (dendam). Saling memberi hadiahlah kalian, maka kalian akan saling mencintai dan akan hilang kebencian.” (HR. Malik dalam Al-Muwatha’, 2/ 908/ 16. Syaikh Al-Albani menukilkan pernyataan dari Ibnu ‘Abdil Barr bahwa hadits ini bersambung dari beberapa jalur yang berbeda, semuanya hasan)


Sumber https://rumaysho.com/15422-21-faedah-tentang-hadiah.html

Menu Pavorit Pasca Operasi Melahirkan

Monday, July 8, 2019
Assalamu'alaikum Wr Wb,

Hai Hai Hai 

lama kutak menatap dan menjamah blogku ini, rasanya sangat rindu untuk memainkan jari dan kata-kata di sini. Banyak sekali alasan yang bisa kurangkai hingga kulama meninggalkanmu. padahal kupunya ide tulisan yang lebih banyak dari alasanku yang bisa kurangkai di sini. 

Untungnya punya sahabat-sahabat komunitas bobe yang setia memotivasi untuk tetap menulis, seperti sekarang bobe punya ide menantang untuk menulis satu hari satu tulisan dalam satu minggu. Entah kenapa ide itu membuatku berhasil mengalahkan kemalasanku, akupun membuka laptop hingga kuteringat sebuah ide tulisan menu pavoritku selama pasca operasi lahiran, yakni pindang ikan gabus air tawar.
Pindang ikan gabus foto resep utama
Cookpad.com
Teman-teman pada tau ya dengan ikan gabus air tawar?
yang konon ceritanya banyak mengandung zat protein albumin tertinggi dibanding dengan jenis ikan-ikan lainnya seperti ikan lele, mas,nila, bandeng dan lain-lain.
Jenis ikan gabus ini banyak sekali khasiatnya, diantara khasiat protein albumin pada ikan gabus adalah mempercepat penyembuhan pasca operasi dan melahirkan.
Info khasiat ikan gabus ini tidak kulewatkan begitu saja, setiap habis lahiran ikan ini adalah menu andalanku, apalagi lahiran anakku yang kelima dan keenam yang harus dioperasi karena bobot babynya melebihi standar bisa lahiran normal.

Sebenarnya cara pengolahan ikan gabus banyak sekali dan enak semua, tapi aku paling suka diolah cara pindang, apalagi pindang bening, syruuup syruuup....mantap banget menghirupnya. 
Habis operasi dan lahiran kok bisa dapat menu sesuai selera dan bernilai gizi tinggi ya, gimana bisa?, Alhamdulillah aku masih punya sepasang bidadari yang masih sehat, kuat dan memiliki kasih sayang yang tulus pada anak-anaknya, terkhusus makku yang selalu setia menjaga setiap anak-anaknya lahiran.
Mau gak nih resep pindang buatan bidadariku....ntar kubagi dech resepnya.

Dari lahiranku pertama sampai lahiranku yang keenam selalu menikmati menu spesial pindang ikan gabus cipta karya emakku. Apalagi lahiranku yang terakhir tiga bulan yang lalu, diusia yang sudah 39 Tahun sangat membutuhkan zat protein untuk penyembuhan pasca operasi lahiran. Kuingat habis subuh banget suami pergi ke pasar pagi mencari ikan gabus air tawar, khawatir kalau kesiangan biasanya gak dapat lagi yang masih hidup dan segar, dapatlah Dia ikan gabus hidup seberat 2 kg lebih yang harga perkilonya Rp.85.000,-
Memang sih harganya lumayan mahal, tapi sebadinglah dengan khasiat dan nilai manfaatnya. 
Berkas:Channa stri 060627 7960 jtgno ed resize.jpg
Foto:channa stri

Kata orang palembang Sumatera Selatan, Ternyata ikan gabus air tawar ini banyak juga jenis-jenisnya, sesuai dengan kondisi air tempat ikan tersebut hidup dan berkembang, yakni ada ikan gabus Ruan, Toman, Serandang, dan Bujuk.


Resep Pindang Ikan Gabus Ala makku

Bahan-bahan (1 porsi) 

  1. 1 ekor ikan gabus ukuran sedang
  2. 3 jari lengkuas/ laos memarkan
  3. 1 batang serai dimemarkan
  4. 2 lembar daun salam
  5. 3 tangkai kemangi
  6. 2 tomat dipotong memanjang
  7. 5 biji asam jawa
  8. 1.5 gelas air
  9. Bumbu halus:
  10. 5 bawang merah
  11. 3 bawang putih
  12. 5 cabe merah keriting
  13. 1 jari kunyit
  14. 1 jari jahe
  15. 1.5 sdm garam
  16. 1 sdt gula
Langkah
  1. Tumis bumbu halus, sereh, lengkuas dan daun salam hingga harum.
  2. Kemudian tambahkan air, masukkan asam jawa dan ikan.
  3. Biarkan hingga mendidih.
  4. Terakhir, tambahkan daun kemangi dan tomat, selanjutnya diangkat.
    Pindang Ikan Gabus foto resep utama
    cookped.com

MELATIH KEMAMPUAN MOTORIK SIKECIL DENGAN LATIHAN MEMAKAI BAJU SENDIRI

Tuesday, December 18, 2018
Hal yang sangatlah penting bagi kita sebagai orangtua agar dapat memenuhi kebutuhan asupan makanan yang kaya nutrisi dan susu terbaik bagi si buah hati. Hal tersebut memang akan membantu mengoptimalkan tumbuh kembang Si Kecil. Namun, kita juga perlu mengajarkan atau melatih Si Kecil untuk melakukan aktivitas supaya kemampuan motorik halusnya terus terasah, salah satunya adalah dengan melatih mengenakan pakaian sendiri. Ya, di usia Si Kecil yang telah melewati tiga tahun, ia biasanya mulai suka melakukan apa pun sendiri dan tidak ingin dibantu secara langsung, ia sudah mampu melakukan sesuatu berdasarkan petunjuk dan intruksi dari orang lain apalagi dari bundanya. 

Foto : Koleksi pribadi www.firakahar.com

Seandainya anak bunda melakukan hal di atas, bunda tidak usah langsungmembantunya. Pada usia ini, kemampuan motorik dan kognitif Si Kecil sudah mulai berkembang dan berpakaian sendiri akan menjadi latihan yang menantang untuknya.

Kepintaran memakai baju sendiri akan meningkatkan rasa percaya diri, mandiri, dan bangga pada Si kecil. Latihan ini akan membuatnya terbiasa melakukan aktivitas untuk menolong diri sendiri dan tidak bergantung pada orang lain.

Walaupun demikian, aktivitas ini butuh pembiasaan. Karena itu, bunda tidak boleh bosan mengajak Si Kecil untuk latihan melakukannya. Si kecil yang sudah mencoba berpakaian sendiri di usia dua tahun biasanya akan sudah mahir berpakaian menjelang usia tiga tahun, apalagi diusia empat dan lima tahun.

Foto : Koleksi pribadi www.firakahar.com

Sebagai usaha bunda untuk melatih Si Kecil agar ia pintar memakai baju sendiri pasti memiliki trik dan pengalaman masing-masing ya, setiap anakpun berbeda cara melatihnya karena masing-masing anak melalui fase perkembangan yang berbeda-beda.

Contohnya yang saya sendiri alami langsung pada kelima anak saya, mereka semua dari anak pertama, kedua, ketiga, keempat dan kelima memiliki fase perkembangan yang berbeda-beda. Diantaranya anak pertama saya sangatlah cepat berbicara, di usia sembilan bulan ia sudah bisa bicara kata yang lumayan sulit untuk ukuran di usianya, yakni kata jatuh, lampu, dll. Akan tetapi ia agak lamban bisa mengucapkan huruf "r" sedangkan anak saya yang kedua, kemampuan bicaranya tidak secepat anak yang pertama tapi ia cangatlah cepat dan pintar bilang huruf "r". Saya perhatikan kelima anak saya semua termasuk anak yang cepat pintar bicara dan membaca, kok bisa begitu, karena sering dibacakannya buku-buku cerita pada mereka sejak usia balita bahkan masih dalam kandunganpun sudah biasa diajak ngobrol dan suamipun sering melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur'an di atas perut saya yang semakin membesar.

Begitu juga pada fase perkembangan mereka dalam hal bagaimana latihan mengenakan baju sendiri, kelimanya berbeda-beda fasenya. Pada tulisan ini yang saya tampilkan anak yang kelima yang usianya sekarang sudah empat tahun. Di usianya sekarang adek Rey sudah bisa mengenakan pakaian sendiri, dari pakaian dalam, baju dan celana, bahkan ia sangatlah senang melakukannya sendiri tanpa di intruksi lagi.

Foto : Koleksi pribadi www.firakahar.com

Bisanya adek Rey mengenakan pakaian sendiri memang melewati proses latihan yang panjang, selain saya sebagai uminya yang selalu melatihnya, kakak-kakaknya juga menjadi motivasi dan contoh bagi adek Rey dalam setiap fase perkembangan motoriknya. Misalnya kakaknya Rifqon yang jaraknya 3 tahun dengannya suka mengajak adek rey lomba melakukan aktivitas harian, termasuk juga dalam hal mengenakan pakaian.

Apalagi kalau makanan yang disenangi adek rey, Boromon Cookies sudah tersedia di depan matanya maka ia akan dengan sigapnya mengambil pakaian sendiri, dan langsung mengenakannya sendiri. Sejak adek rey mencoba makan cookies yang satu ini, ia langsung suka karena Monde Boromon Cookies mudah sekali meleleh saat kena air liur, cocok untuk menstimulan atau melatih lidah dan mulut bayi atau Si Kecil sehingga bisa mengeksplorasi rasa bentuk, tekstur serta kemampuan untuk makan. Selain itu juga Monde Boromon Cookies dapat membantu melatih motorik, gluten free, mengandung sari pati kentang, madu dan DHA.

Foto : Koleksi pribadi www.firakahar.com
Sebagai usaha bunda untuk melatih Si Kecil agar ia pintar mengenakan baju sendiri pasti memiliki trik dan pengalaman masing-masing ya, setiap anakpun berbeda cara melatihnya karena setiap anak akan melalui fase perkembangan yang berbeda-beda pula.

Foto : Koleksi pribadi www.firakahar.com

ENAM PERSIAPAN IBU HAMIL KETIKA MAU PERGI KE LUAR KOTA

Wednesday, December 5, 2018
Foto : beautylivs.com
Dag dig dug jantungku berdetak, ketika seorang teman telpon bahwa minggu depan akan ada acara kongres nasional guru seni budaya Se-Indonesia.

Kegiatannya akan berlangsung selama 3 hari yang bertempat di Sleman Jogjakarta. Gimana ku tak dag dig dug, aku pengen sekali ikut acara besar ini sedangkan kondisiku sedang hamil masuk enam bulan. Aku pun langsung tanya kesuami, gimana responnya, apakah beliau ijin apa nggak ya? 

Alhamdulillah beliau sangat mensuportku untuk dapat menghadiri kegiatan kongres Nasional tersebut. 
langsung kukontak panitia kegiatan, mau menanyakan apakah boleh wanita hamil hadir pada acara kongres tersebut?

Akupun langsung dapat jawaban "Boleh" asalkan resiko yang tidak diinginkan tidaklah tanggung jawab panitia, dengan melampirkan surat pernyataan.

Bissmillahirrahmaanirrahiim, dengan suport suami dan wellcome dari panitia akupun sangat senang, insyallah kondisi kehamilanku baik-baik saja, selama ini tidak ada keluhan. Sekarang tugasku adaalah prepare keberangkatan. Karena ini adalah perjalanan dinas, butuh persiapan yang lebih. ada beberapa yang mesti kupersiapkan.

Pertama, persiapanku adalah menginventaris apa saja yang harus di bawa untuk menghadiri acara kongres tersebut.
Diantaranya:
Surat tugas dari Diknas dan dari Kepala Sekolah
Surat Perjalanan Dinas
Surat berbadan sehat dari dokter
Biodata Lengkap
Kartu BPJS
kartu Tanda Penduduk dan kawan-kawan
Beberapa stel pakaian untuk 3 hari disana
Sepatu untuk acara yang nyaman
Perlengkapan mandi dan kosmetik alakadarnya
Susu dan cemilan ringan
Koper

Kedua, menghubungi orangtua memohon ijin dan do'a restu selama kegiatan berlangsung dan pulang kembali bersama keluarga dengan selamat.

Ketiga, Melakukan pemesanan tiket untuk keberangkatan dan langsung untuk pulang. Sebelumnya browshing dulu beberapa maskapai dan penyedia layanan penjualan tiket, cari yang ternyaman tetapi tidak mahal, kalau ada yang promo baguslah hehee

Keempat, menyiapkan semua hal perlengkapan yang sudah di inventaris, yang telah siap langsung di conteng atau di ceklist.

Kelima, mengkondisikan rumah dan anak-anak yang akan di tinggalkan selama 3 hari, dari stock bahan makanan untuk dimasak, pakaian sekolah anak-anak, cemilan dan memberikan pesan-pesan yang harus mereka lakukan selama umi tidak berada di rumah bersama mereka. Tidak lupa berpamitan dan meyakinkan anak-anak bahwa selama umi di sana akan baik-baik saja begitu juga anak-anak di rumah juga akan baik-baik saja, serta berpamitan dengan tetangga kiri kanan muka dan belakang bahwa ku akan bepergian ke luar kota selama 3 hari.

Keenam,  Memastikan kembali bahwa semua perlengkapan yang harus dibawa sudah lengkap dan siap berangkat menuju bandara dengan tepat waktu.

Alhamdulillah semua sudah jelas apa saja yang harus kulakukan untuk mempersiapkan diri menghadiri acara kongres nasional guru seni budaya di Jogjakarta. Mohon do'anya ya dari semua agar perjalananku lancar, mudah dan sukses acaranya....Aamiin.
Insyallah cerita bagaimana perjalananku nantinya akan kubagikan ke temans semua.....tetap menunggu dengan cerita selanjutnya yaaaa.....SEE YOU

Auto Post Signature

Auto Post  Signature