Total Tayangan Halaman

TIPS SUKSES BERBICARA DEPAN ORANG BANYAK
TIPS SUKSES BERBICARA DEPAN ORANG BANYAK

TIPS SUKSES BERBICARA DEPAN ORANG BANYAK

- +

Gramedia.com

        Dari bangku sekolah, tepatnya diwaktu saya sekolah putih biru, saya sudah mulai tampil berpidato, baik pidato disaat saya aktif berorganisasi maupun pidato disaat ikut perlombaan. Ditingkat SMA sampai saya kuliahpun di Perguruan Tinggi saya sering mendapat kesempatan untuk berpidato di depan orang banyak. Saya masih punya contoh pidato singkat sewaktu saya berpidato mewakili para wisudawan dan wisudawati di kampus tempat saya kuliah yakni kampus Universitas negeri Padang Fakultas Bahasa dan Seni. Ada beberapa catatan bagi saya bagaimana tips sukses berbicara depan orang banyak, Diantaranya:

BERPENAMPILAN YANG RAPI DAN OK

Penampilan yang brapi dan ok sangatlah penting diperhatikan ketika kita akan tampil dihadapan orang lain apalagi orang banyak, karena penampilan yang rapi dan ok tersebut akan menjadikan diri kita percaya diri yang tinggi sehingga kita dapat lancar dlam menyampaikan isi pidato nantinya.

APA NAMA KEGIATAN TEMPAT KITA AKAN BERPIDATO

Kegiatan tempat kita akan brpidato mesti sudah kita ketahui dari hari sebelum kita brpidato, sehingga konsep pidato yang akan sampaikan natinya, kita dapat menyesuaikan  dengan jenis acara apa yang dilaksanakan hari ini.

PUNYA INFO YANG JELAS SIAPA SAJA YANG AKAN HADIR

Salah satu info yang tidak kalah pentingya kita ketahui sebelum mulai berpidato pada suatu kegiatan adalah kita mesti mengetahui siapa saja yang akan  hadir dan yang telah hadir pada kegiatan tersebut'

SIAPKAN KONSEP PIDATO

Walaupun kita sudah biasa bahkan sudah mahir dalam berpidato di depan orang banyak, akan tetapi konsep pidato masihlah sangat dibutuhkan, diantaranya sebagai pengingat akan hal-hal penting yang akan kita sampaikan besok.

SAMPAIKAN PIDATO DENGAN TENANG DAN SISTEMATIS

Bissmillahirrahmaanirrahiim, pastikan disaat sedang berpidato kondisi hati dan fikiran sedang tenang, sehingga pidatopun dapat disampaikan dengan sistematis s3suai yang sudah dikonsep.

WAKTU BERPIDATO TIDAK LEBIH 20 MENIT

Naah, ketika kita mulai berpidato waktu yang disiapkan tidak boleh lebih dari 20 menit, karena waktu 20 menit itu adalah waktu yang pas bagi audiens mendengarkan. Ketika waktunya lebih, makan audiens mulai tidak akan fokus lagi untuk mendengarkan pidato tersebut.

Diperbarui
Tambahkan Komentar

Hello pembaca yang sholeh dan sholehah
Terima kasih ya, telah mampir dan baca tulisanku di blog www.firakahar.com ini.

Alhamdulillah wa syukrulillah aku bisa jumpai pembaca dengan menulis di blog, kalaulah ada tulisanku bermanfaat bagin pembaca, jangan sungkan dan ragu untuk di share, follow dan di coment ya.

Aku senang dan bahagia jika ada kritik ataupun masukan yang membangun terhadap tulisan-tulisanku di blog ini.

Jika ada kesempatan untuk bekerjasama boleh hubungi hp/wa-ku: 8117306556, by email_ku: mfwkk@yahoo.com

see you
regard from me
FIRA KAHAR


TIPS SUKSES BERBICARA DEPAN ORANG BANYAK

TIPS SUKSES BERBICARA DEPAN ORANG BANYAK

Sukses berbicara depan orang banyak membutuhkan latihan dan pembiasaan agar lancar dan tidak gugup.