Total Tayangan Halaman

TIPS SUKSES MENGIKUTI PEMBEKALAN CALON PENGAJAR PRAKTIK
TIPS SUKSES MENGIKUTI PEMBEKALAN CALON PENGAJAR PRAKTIK

TIPS SUKSES MENGIKUTI PEMBEKALAN CALON PENGAJAR PRAKTIK

- +
Peserta Pembekkalan Calon Pengajar praktik A7_G1.7_216_Musfirawati,M.Pd


        Akhirnya pengumuman kelulusan tahap 2 sebagai Calon Pengajar Praktik angkatan ke-7 keluar. Dalam waktu 1 minggu jadwal pembekalan pun masuk ke SIMPKB, tertera nama saya diurutan 216 masuk dalam peserta pembekalan Gelombang ke-1 kelas 7 yang akan dilaksanakan dari tanggal 25 Juli s.d 11 Agustus 2022.

        Sayapun bersiap-siap, dapat informasi dari angkatan sebelumnya bahwa pembekalan ini dilakukan secara daring dari jam 07.00 pagi sampai jam 19.00 malam, belum lagi banyaknya tugas dari para instruktur dan fasilitator yang mesti di unggah di LMS dengan limit waktu sampai jam 11.59  di hari yang sama. 

         Saya bertekat, bagaimana kegiatan pembekalan ini dapat saya ikuti dengan baik dan sempurna, sesuai niat dihati, bahwa dalam mengikuti seleksi program ini saya ingin berkontribusi pada transformasi pendidikan bangsa ini dengan mengambil peran sebagai Calon Pengajar Praktik pada program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 7. Saya cari info dan tanya-tanya pada teman yang sudah dahuluan mengikuti pembekalan ini, dari info yang saya dapat seperti kebiasaan saya mengelist to do hal-hal yang mesti saya persiapkan agar kegiatan pembekalan Calon Pengajar Praktik ini dapat saya ikuti dengan baik dan sukses, sehingga waktu, tenaga dan fikiran yang saya berikan pada kegiatan pembekalan ini tidaklah sia-sia, saya ingin mendapatkan ilmu dan wawasan bagaimana menjadi Pengajar Praktik yang baik dan berkualitas sehingga nantinya saya dapat mendampingi CGP menjadi Guru Penggerak yang berkualitas juga.

            Pada kesempatan menulis di blog ini saya ingin berbagi tips dari pengalaman pribadi dan teman-teman yang sudah lulus sebagai Pengajar Prktik angkatan sebelumnya. berbagi apa saja yang dilakukan agar sukses mengikuti kegiatan pembekalan Calon Pengajar Praktik, diantaranya sebagai berikut:

MEMPRINT SURAT UNDANGAN DAN JADWAL KEGIATAN

        Hal ini yang pertama saya lakukan, ketika mendapat surat undangan dan jadwal pembekalan langsung saya print, hal ini sangatlah penting untuk dilakukan karena surat ini adalah pemberitahuan resmi dari panitia pelaksana sebagai pedoman bagi peserta sebagai peserta dalam mengikuti pembekalan selama 15 hari, sehingga peserta mengetahui apa saja yang dilakukan selama 15 hari kedepan. mana waktu yang sangat sibuk dan mana waktu yang agak lapang, hasil print tersebut bisa dilihat kapan saja dan sangat membantu dalam mengatur hal-hal yang harus dilakukan selain hal kegiatan pembekalan, apalagi saya sebagai istri dari suami yang super sibuk, ibu dari 6 orang anak, kesibuan lainnya saya mengajar ful disekolah. 

MENGURUS SURAT TUGAS DAN IJIN KE PIMPINAN, KEPALA SEKOLAH DAN KEPALA DINAS

        Setelah mendapat informasi jadwal kegiatan pembekalan, saya langsung membuat surat ijin kepimpinan, yakni surat ijin ke Kepala Sekolah dan Surat Tugas mengikuti kegiatan dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Alhamdulillah Surat Tugas dari Kepala Dinas dibuat secara kolektif sehingga mengurusnya cukup diwakilkan kesalah seorang peserta dari Kota Bengkulu, kebetulan peserta dari Kota Bengkulu ada 18 orang, surat dari Kepala Dinas ini harus diunggah sebagai syarat mengikuti pembekalan CPP.

MEMBUAT RANCANGAN PEMBELAJARAN DAN TUGAS SISWA SECARA DETAIL.

            Waktu 15 hari adalah waktu lumayan lama, ada 3 x pertemuan KBM yang akan kita hadapi bersamaan, agar bisa fokus dan terarah dalam melaksanakan tugas mengajar sekaligus mengikuti pembekalan. Untuk itu perlu dibuat rancangan pembelajaran dan tugas yang sedetail mungkin, sehingga adakalanya tugas masuk kelas bisa diwakilkan dengan guru lain atau guru pengganti. Ketika rancangan pembelajaran dan tugas-tugas perpertemuan jelas, rinci dan detail, maka guru yang menggantikanpun akan lebih terarah menggantikan peran kita di kelas, kitapun akan tenang dan fokus mengikuti kegiatan pembekalan CPP.

              Awalnya saya mencari guru bidang yang sama yakni guru seni budaya untuk menggantikan saya di kelas, karena tidak ada akhirnya saya menghubungi mahasiswa magang disekolah waktu tahun ajaran kemaren, Alhamdulillah kondisi mereka sedang libur semesteran, tawaran ini mereka sambut dengan riang karena bisa menjadi media pembelajaran bagi mereka melakukan KBM masuk kelas dan mengelola siswa di kelas. Jika kalian sebagai Kepala Sekolah, hal cari pengganti tidaklah perlu kalian lakukan, karena Kepala Sekolah punya tanggung jawab yang komplit, dan bisa mengikuti pembekalan di ruangan sendiri sambil mengerjakan tugas-tugas sebagai kepala sekolah.

MEMPERSIAPKAN BEKAL /BAHAN MASAKAN UNTUK KELUARGA

     H-2 mulai menyiapkan bekal bahan masakan/ menu untuk keluarga, diantaranya beberapa jenis ikan yang sudah dipotong, ayam yang sudah diungkep, telor, sayuran sudah dibersihkan, cabe, bumbu dan bawang yang sudah digiling. Beberapa bungkus kecil santan untuk bikin menu gulai, beberapa variant buah-buahan, susu murni, tahu dan tempe semua sudah dibersihkan disusun dalam kulkas dan preezer. semua bahan komplit ready, sesibuk apapun kondisi urusan masak menu untuk keluarga mesti saya siapkan setiap pagi hari. Dari dulu di meja makan selalu siap sarapan menu seimbang, ada lauk, sayuran, sambal dan buah-buahan. Tapi bagi ibu-ibu yang khawatir tidak bisa menyediaan waktunya untuk masak solusinya adalah Katring menu keluarga selama kegiatan padat.

MENGATUR POSISI MEJA KERJA YANG AMAN DAN NYAMAN

    Selama 15 hari mengikuti kegiatan pembekalan CPP secara daring, membutuhkan meja yang aman dan nyaman untuk standby selalu, laptop siap hidup dengan batre full selalu. Saya akhirnya menggunakan meja kerja suami diletakkan di dalam kamar agar tidak terganggu dari aktivitas lalu lalang anak-anak dan suami disaat beraktifitas di rumah. Selain itu juga di kamar ada toilet agar tidak jauh-jauh ketika ijin untuk buang air.

MEMASTIKAN JARINGAN WIFI BAGUS DAN LANCAR

            Kegiatan pembekalan ini dilakukan secara daring, untuk itu ada persiapan fisik yang harus disiapkan yakni jaringan internet. Di rumah saya menggunakan jaringan wifi dengan kecepatan 20 mbps. alhmdulillah jaringan lancar, aman dan terkendali. Sebelumnya sudah dipersiapkan dengan matang agar penggunaan wifi oleh keluarga dan lainnya dibatasi dulu agar kegiatan selama pembekalan tidak ada terjadi gangguan internet.

MENGIKUTI SEMUA RANGKAIAN KEGIATAN TEPAT WAKTU

Ketika niat kita sudah mantap akan mengikuti semua kegiatan dengan baik, pastilah kita akan melakukan semua rangkaian kegiatan dengan baik juga, Semua kegiatan tidak akan dilewatkan sia-sia.

BERPERAN AKTIF DI SETIAP SESI KEGIATAN

Nah...ini sangat penting dilakukan, sebagai bukti komitmen akan pilihan kita untuk menjadi pengajar praktik yang baik dan berkualitas, peserta mesti berperan aktif di semua kegiatan yang telah di program oleh panitia pembekalan Calon pengajar Praktik. Kegiatan pada pembekalan memang sangat padat merayap, baik itu materi langsung dari Fasilitator dan Instruktur maupun tugas-tugas yang diberikan, semuanya ada batas atau limit waktu pengumpulan, dan kalupun kita tidak mengerjakan tugas pada waktunya, kita juga akan kerepotan karena tugas akan menumpuk, sehingga kita sendiri yang pusing dan kewalahan akan penumpukan tugas tersebut. Kita pun nantinya tidak akan fokus dan maksimal lagi dalam mengerjakan tugas jika sudah menumpuk.

Disaat materi by zoom, semua fasilitator dan instruktur sangat hebat mengemas materi, sehingga semua peserta CPP antusias menyimak dan aktif berdiskusi, semua berkesempatan untuk sharing mengeluarkan pengalaman masing-masing, suasana jadi renyah, dan hidup tanpa ada gangguan kantuk dan capek. 

BERKOLABORASI DENGAN PESERTA LAINNYA

Peserta pembekalan sangat beragam, baik usia, latar belakang pendidikan, asal daerah, budaya, suku dan agama. Dengan keberagaman ini peserta mesti mampu berkomunikasi dengan baik, menerapkan asas kebhinekaan global, sehingga keragaman yang ada adalah modal bagi kita untuk berkolaborasi bersama antar peserta sehingga sangat memudahkan dalam menyelesaikan tugas-tugas dari fasilitator dan intstuktur selama pembekalan CPP.

SIAPKAN CEMILAN BUAH DAN AIR MINUM DI MEJA KERJA

Kegiatan pembekalan ini butuh kosentrasi dan kerja otak secara maksimal, untuk itu dibutuhkan nutrisi yang seimbang agar bisa bekerja dengan baik. Cemilan buah dan air putih adalah sebuah keharusan untuk disiapkan di atas meja kerja disaat-saat padat kegiatan.

MAKANAN SEIMBANG DAN TERATUR

Untuk menjaga agar badan tetap vit dan bugar dibutuhkan makanan yang seimbang dan teratur, apapun kondisi sempatkan untuk sarapan walau hanya sepotong roti. Hal ini akan berdampak pada kerja metabolisme tubuh. makan teratur dan seimbang adalah salah satu usaha kita untuk menjaga metabolisme tubuh tetap baik sehingga badan tetap sehat dan bugar walau banyaknya kegiatan da dilakukan.

IBADAH TETAP DILAKSANAKAN SESUAI AGAMA MASING-MASING

Kebutuhan hidup manusia tidak hanya makanan saja, manusia punya sisi lain yakni Ruhiyah dan fikriyah, ruhiyah membutuhkan siraman rohani yang teratur juga yaitu dengan beibadah kepada sang pemilik yang Maha Segalanya, sedangkan fikriyah membutuhkan ilmu dan wawasan yang bisa didapat dengan mendengar, membaca dan berpetualang atau mengalami langsung sisi kehidupan.

Ketika kebutuhan ruhiyah terpenuhi, maka ketenangan hati dapat dinikmati. Dengan hati yang tenang kerjapun akan senang dan nyaman. Ketenangan hati seseorang akan terpancar diwajahnya, menyejukan dan terlihat juga pada santun lisannya.

QUALITY TIME BERSAMA KELUARGA TETAP ADA

Sesibuk apapun aktifitas kita, jangan lupakan keluarga yaitu orang-orang yang kita cintai dan kita sayangi, mereka adalah segalanya bagi kita, pelipur lara, penyemangat hidup. Untuk itu hubungan dan komunikasi diantara sesama keluarga mesti kita ciptakan dengan baik, kita bangun hubungan yang saling membahagiakan dan menghargai antar sesama.

Ketika hubungan di keluarga sudah baik maka hubungan kita dengan orang lainpun akan mengalir hubungan yang baik juga. aura kebaikan akan muncul bagi orang-orang yang sudah memberi kebahagiaan kepada orang-orang terdekatnya yaitu keluarga.

Sehingga dalam mengikuti kegiatan pembekalan kita dapat mengikutinya dengan penuh semangat, nyaman berinteraksi dan fokus mengerjakan tugas yang diberikan para asilittor dan instruktur.
Diperbarui
Tambahkan Komentar

Hello pembaca yang sholeh dan sholehah
Terima kasih ya, telah mampir dan baca tulisanku di blog www.firakahar.com ini.

Alhamdulillah wa syukrulillah aku bisa jumpai pembaca dengan menulis di blog, kalaulah ada tulisanku bermanfaat bagin pembaca, jangan sungkan dan ragu untuk di share, follow dan di coment ya.

Aku senang dan bahagia jika ada kritik ataupun masukan yang membangun terhadap tulisan-tulisanku di blog ini.

Jika ada kesempatan untuk bekerjasama boleh hubungi hp/wa-ku: 8117306556, by email_ku: mfwkk@yahoo.com

see you
regard from me
FIRA KAHAR


TIPS SUKSES MENGIKUTI PEMBEKALAN CALON PENGAJAR PRAKTIK

TIPS SUKSES MENGIKUTI PEMBEKALAN CALON PENGAJAR PRAKTIK

5 tips sukses mengikuti pembekalan calon guru penggerak untuk berkontribusi dapam transformasi pendidikan bangsa indonesia.