Top Social

FIRA KAHAR

Ibu adalah sekolah utama, bila engkau mempersiapkannya, maka engkau telah mempersiapkan generasi terbaik.

Tips Blogging "Maxmanroe"

Monday, July 30, 2018
Belum satu tahun aku memulai menulis di blog, rasanya ngiler melihat blog teman-teman yang memiliki banyak pengunjung dan pengikut. sering timbul pertanyaan besar yang saya yakin semua blogger pemula di dunia ini pasti ingin tahu jawabannya: 
Bagaimana sih caranya supaya blog kita sukses? Kemudian mulailah petualangan mencari ilmu dan informasi blogging.
Pengen rasanya berguru langsung untuk mendapatkan tips langsung dari para ahlinya? Dari mereka yang sudah sukses membuat blog.
Suatu ketika aku menemukan tulisan hasil wawancara seorang blogger  yang berhasil mewawancarai para blogger terbaik di Indonesia dengan 1 pertanyaan: “Apa strategi paling ampuh untuk mempercepat perkembangan blog baru?”
Dan jawabannya, luar biasa…hingga aku tertarik untuk membagikannya dengan menuliskan kembali di blog ini.
Dikesempatan ini aku mau berbagi tips dari Marikxon Manurung.

Marikxon Manurung — Maxmanroe 

Marikxon Manurung Maxmanroe1. Konten
Strategi pertama tentunya memaksimalkan konten di dalam blog kita terlebih dahulu.
Membangun konten di blog kita jangan semata-mata berdasarkan jumlah pencari keywords tertentu, tapi lebih ke manfaat konten dan cara penyajiannya di blog.
Navigasi blog kita juga berpengaruh.
Satu konten berkualitas tanpa menawarkan links ke artikel terkait pasti hasilnya kurang maksimal. Dengan navigasi yg baik, kita bisa arahkan audiens utk membaca artikel lain yg berhubungan dengan artikel yg baru dia baca.
2. Pemasaran
Pemasaran blog yg biasa saya lakukan adalah dengan cara gratis dan berbayar.
  • Gratis: SEO, Media sosial (FB, Twitter, G+, Instagram), forum aktif
  • Berbayar: FB ads, Twitter ads, email list, memasang feed/links di blog2 terkenal dan punya visitor loyal.
Semua proses pemasaran tersebut (free dan berbayar) dilakukan secara terus menerus. Kombinasi ke semuanya itu bisa membuat blog jadi lebih cepat populer, baik di media sosial maupun di search engine.
Berdasarkan pengalaman saya, proses pemasaran ini akan sangat mudah bila kita punya tim. Kerja sendirian pasti hasilnya gak maksimal.
3. Konsistensi
Apapun bisnisnya kalau kita gak konsisten pasti tidak akan berkembang. Iya kan? Sama juga dengan blogging, kalo ga konsisten ya tidak usah berharap banyak.
Berdasarkan pengalaman saya, kalau kita konsisten dalam blogging, setidaknya dalam waktu 1 tahun blog itu sudah menghasilkan banyak (uang) dan stabil.
Tapi bukan jaminan akan terus begitu, kalau gak konsisten dan tidak ada inovasi maka blog terkenal juga bisa colaps dan ‘terjun bebas’ trafiknya.
Tulisan ini sebenarnya untuk referensiku agar aku bisa konsisten dan bisa selalu berinovasi menulis di blog ini. semoga bisa menginspirasi bagi teman-teman blogger pemula seperti aku.
Post Comment
Post a Comment

Auto Post Signature

Auto Post  Signature