Total Tayangan Halaman

Iq anak Indonesia
Iq anak Indonesia

Iq anak Indonesia

- 16
TEST IQ, MINAT DAN BAKAT, PERLUKAH?

Ada kalanya kita merasa bingung dalam membimbing anak-anak belajar, apakah anak tersebut punya bakat dan minatkah terhadap ilmu yang sedang mereka pelajari?

Ada kalanya juga kita memarahi anak dikala nilai anak pada bidang study tertentu nilainya rendah, kita sendiri tidak tau bahwa ternyata pelajaran itulah yang selama ini membuat dirinya tertekan.
  Foto Musfirah Abdul Kohar.
untuk mengantisipasi hal di atas saya rasa sepertinya penting bagi orang tua untuk mengetahui potensi, kecerdasan, minat dan bakat anak terhadap ilmu  yang sedang mereka pelajari.
Saya memiliki lima orang anak, wajar jika saya sebagai umi mereka mengimpikan kelima anak kami (aku dan suami) sukses semua dalam belajar.

Kondisi sekarang empat orang anak kami sudah sekolah, yang pertama kelas dua SMP, yang nomor dua kelas enam SD dan yang nomor tiga kelas lima SD serta yang nomor empat baru masuk SD.

BAGAIMANA TEST IQ

Saya dan suami sangat perhatian terhadap cara dan pola anak-anak dalam belajar, kadang terbersit kekhawatiran apakah cara dan pola mereka ini sesuai tidak dengan minat dan bakat mereka?

Oleh karena itu keinginanku untuk mengetahui minat dan bakat mereka tinggi, dengan ijin dan rido suami, saya ajaklah mereka untuk tes IQ, minat dan bakat. Pergilah saya dan kelima anakku ke Corien Center dan kudaftarkan anak kami untuk mengikuti tes tersebut, hanya tiga orang saja yang pertama, kedua dan ketiga. merekapun mengikuti test itu,  Saya dampingi mereka sampai test selesai. Saya dan anak-anak datang jam sembilan berakhir jam empat sore.

Alat test mereka berbeda, diantara yang kelas dua SMP dan yang masih SD, jadi yang kelas enam dan lima SD menggunakan alat tes yang sama. Banyak sekali soal-soal yang mesti mereka kerjakan, selain itu mereka juga di test secara lisan, seperti wawancara gitu.

Alat test yang tingkat SMP soalnya lebih banyak sehingga waktunyapun lebih panjang. kalau yang tingkat SD selesai sampai waktu zuhur sedangkan yang tingkat SMP selesainya sampai waktu ashar. Saya bersyukur karena anak-anak kami mengerjakan soal-soal test dengan senang, semangat dan komitmen sampai selesai. 

Terlihat dari mimik wajahnya, mereka juga penasaran akan hasil test yang telah mereka lewati. 


HASIL TEST

Keesokan harinya saya kembali datang ke Corien Center untuk mengambil hasil test IQ, minat dan bakat ketiga anak kami. selain mereka bertiga, saya juga penasaran, gimana ya hasilnya? 

Sampai di lokasi saya langsung menghadap admin trus kuterima tiga sertifikat hasil test, tak lupa pula saya membayar administrasi test mereka bertiga, Lumayan juga jumlahnya. 

Berselang waktu kemudian saya dipanggil menghadap ke salah seorang tutor pelaksana test anak-anak, beliau menjelaskan makna yang tertera di dalam serifikat itu, dijelaskan secara detail bagaimana hasil test IQ, minat dan bakat ketiga anak kami. Saya menyimak dengan baik sambil mengangguk-angguk tanda mengerti dan mengiyakan apa yang tutor sampaikan emang bener adanya, emang begitulah anak-anak kami.  

Sedikit saya sampaikan hasil dari test mereka: diantaranya tentang kepribadian mereka, bahwa anak yang pertama memiliki kepribadian introvert; agak pemalu, pendiam, tertutup dan sedikit bermasalah untuk beradap tasi dengan lingkungan yang baru. Sedangkan anak yang kedua dan ketiga memiliki pribadi yang extrovert; anaknya ceria dan terbuka. Sedangkan hasil IQ ketiganya; mereka termasuk anak-anak yang cerdas diusia mereka, tidak ada yang mengalami kesulitan dalam pelajaran di sekolah. 

KESIMPULAN / HIKMAH

Hasil test IQ anak-anak kami sudah sya lihat dan saya dengarkan dengan sedetail mungkin, yang di jelaskan oleh tutor dan terdokumentasi dengan selembar sertifikat nilai hasil test.

Dengan di test nya IQ, minat dan bakat ketiga anak kami, saya bisa mengambil kesimpulan akan seberapa pentingnya test ini buat anak-anak. Di antaranya: 

1. Test IQ, minat dan bakat anak sangatlah penting dilakukan jika anak kita mengalami keterlambatan perkembangan yang sangat signifikan dibandingkan teman-teman mereka lainnya.

Kenapa? Karena hasil test bisa berguna sebagai tolak ukur perkembangan anak selanjutnya setelah menjalani proses terapi,latihan yang dilakukan.

2. Test IQ, minat dan bakat, penting dilakukan jika selama ini kita kurang menemani dan perhatian terhadap proses pembelajaran anak-anak kita, sehingga kita sebagai orang tua tidak mengetahui dan memahami perkembangan masing-masing anak. Baik perkembangan fisik, psikis,sosial dan agama.

3. Jika anak kita tidak mengalami kendala dan keterlambatan dalam proses belajar dengan teman-teman mereka, dan kita selaku orang tua selama ini selalu mendampigi dan memperhatikan perkembangan anak-anak kita maka test IQ, minat dan bakat tidaklah begitu penting untuk dilakukan, karena toh hasil dari test IQ, minat dan bakat tersebut akan sama hasilnya dengan pengamatan yang kita lakukan selama menemani,mendampingi dan memperhatikan perkembangan anak-anak selama mereka belajar dan bersosial dengan lingkungan mereka.

4. hikmah yang dapat saya ambil dengan melakukan test IQ, minat dan bakat bagi ketiga anak kami, adalah mendapat kepuasan bathin, bahwa selama ini saya sangat bersyukur bisa menemani,mendampingi, dan memperhatikan bagaimana proses perkembangan mereka sejak baru lahir sampai sekarang. sehingga hasil test mereka singkron dan sesuai dengan hasil pengamatan saya selama ini. Alhamdulillah mereka semua dapat mengikuti proses belajar dengan baik.

5. Test Iq, minat dan bakat ini saya lakukan sebagai wujud ikhtiar kami (saya dan suami) selaku orang tua dalam mempersiapkan anak-anak yang berkualitas dan mampu bersaing di masa depannya nanti, sesuai minat dan bakat yang mereka miliki. 

Sampai di sini saja tulisan saya kali ini, semoga bermanfaat untuk pembaca semua. sampai jumpa di tulisan berikutnya.

Wassalam
Fira Kahar




Diperbarui

16 Komentar

+ Tambahkan
Mantab nih mbak, adik-adik sudah tahu kemana arahnya. Kalau punya rezeki memnag enak kalau anak diikutkan tes iq
Iya dek, alhmdulillah ada kesempatan untuk mengikutkan anak-anak test iq, minat dan bakat mereka.... anak-anak terlihat tambah semangat belajar dan terus membaca untuk meningkatkan kecerdasan masing-masing.
Penting mbak...karena dengan begitu kita lebih tau kemana arah minat dan bakat kita
Betul kak, pada diri anakpun otomatis muncul semangat dan lebih percaya diri belajar dalam mengembangkan minat dan bakat yang sudah mereka ketahui sejak dini.
Perlu dong apalagi bagi ortu yanh galau ga jelas soal perkembangan anak
Mengenali potensi anak menjadi hal penting untuk menempatkan anak pada posisi yang sesuai passion mereka, perlu begitu paradigma mendidik sekarang
Memang penting y mbx meng tes minat dan bakat anakanak. Biar tau potensi dan passion mereka dimna dan agar bisa kita arahkan .
Pemeran utama dalam mendidik anak adalah ortu ya bu, baru sekolah dan lingkungan....
Betul dek... anakpun akan lebih semangat dan percaya diri dalam mengejar impian sesuai minat dan bakat yg sudah mereka ketahui sejak dini...
Mau dunk felisha di tes iq nya jg nanti..😊
Dulu pas kecil, Intan gak dicek nih bu kadar IQnya wkwk. Lanjut aja blas. Mungkin karena dinilai gak bermasalah sih. Padahal tes beginian penting juga lohh ^^
Tunggu smp aja cut, agar lebih terlihat minat dan bakatnya
Hujjjjjjjjjjj
salah satu ikhtiar atau usaha kita untuk menjadi orang tua yang bertanggung jawab terhadap pendidikan anak ya mak...sedangkan hasilnya kita serahkan ke pada yang Maha Berkehendak Allah SWT ya mak Bobe
Inspirational....
hahahaa....sama ibu juga gak pakek cek tan,
dulu ibu pernah jadi guru BK SMA, trus ada workshop cara mengetest IQ, minat dan bakat.waktu ibu test, ibu sudah jadi guru, sudah kebablasan ya dek
Tambahkan Komentar

Hello pembaca yang sholeh dan sholehah
Terima kasih ya, telah mampir dan baca tulisanku di blog www.firakahar.com ini.

Alhamdulillah wa syukrulillah aku bisa jumpai pembaca dengan menulis di blog, kalaulah ada tulisanku bermanfaat bagin pembaca, jangan sungkan dan ragu untuk di share, follow dan di coment ya.

Aku senang dan bahagia jika ada kritik ataupun masukan yang membangun terhadap tulisan-tulisanku di blog ini.

Jika ada kesempatan untuk bekerjasama boleh hubungi hp/wa-ku: 8117306556, by email_ku: mfwkk@yahoo.com

see you
regard from me
FIRA KAHAR


Iq anak Indonesia

Iq anak Indonesia