Top Social

FIRA KAHAR

Ibu adalah sekolah utama, bila engkau mempersiapkannya, maka engkau telah mempersiapkan generasi terbaik.

1 Muharam 1440 Hijriyah

Tuesday, September 11, 2018

TIGA SYARAT 

MENDAPATKAN RAHMAT ALLAH SWT


Pada kesempatan ini saya ingin menuliskan kembali hasil yang saya dapat dan dengar dari pengajian tatsqif oleh Ustadz Hamdan Nasution pagi tadi di masjid Al Fida dalam rangka menyambut tahun baru 1 Muharam 1440 Hijriyah, dengan tema "Hijrah adalah memperbaiki diri dan memperbaiki ummat".
                
QS. Al Baqarah : 2018

                    إِنَّ الَّذِينَ آَمَنُوا وَالَّذِينَ هَاجَرُوا وَجَاهَدُوا فِي سَبِيلِ اللَّهِ أُولَئِكَ يَرْجُونَ رَحْمَةَ اللَّهِ وَاللَّهُ غَفُورٌ رَحِيمٌ

Artinya : 

Sesungguhnya orang-orang yang beriman, orang-orang yang berhijrah dan berjihad di jalan Allâh, mereka itu mengharapkan rahmat Allâh, dan Allâh Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Qs.2:218


Ayat di atas merupakan landasan yang sebenar-benarnya tentang tuntunan bagi manusia yang ingin mendapatkan rahmat Allah SWT.

Orang yang memiliki iman, hijrah dan jihad di jalan Allâh yaitu mengejar rahmat Allâh. Rahmat merupakan lambing kasih sayAng yang tiada terhingga. Apabila rahmat Allah telah didapat, maka apa pun yang diinginkan akan didaptkannya kebahagiaan di dunia sekarang, begitu juga  di akhirat nanti, serta mendapat ampunan dari Allah atas segala dosa dan kesalahan.

Orang yang beriman, hijrah dan jihad merupakan langkah meraih rahmat dan maghfirah Allah SWT, yang diharap adalah rahmat Allâh, bakal meraih ampunan dan rahmat-Nya. Oleh sebab itu untuk mendapatkan rahmat dan ampunan Allâh, mesti ada tiga syaratnya yakni:
A. Beriman, Esensi iman adalah kepercayaan seratus persen akan kebenaran yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW yang diyakini dalam hati, diucapkan dengan lisan serta dipraktikan dalam sikap dan perbuatan. 
menurut Ustadz Hamdan nasution, bahwa Keimanan seseorang mesti selalu diperbaharui, ditahun baru Hijriyah ini tepat 1 muharam adalah moment yang sangat tepat bagi kita semua untuk memperbaharui keimanan kita, agar lebih baik  dari tahun kemaren. 
B. Berhijrah, Esensi hijrah adalah perubahan dari yang kurang baik menjadi baik, serta peningkatan kualias kebaikan. 
Untuk meningkatkan kualitas kebaikan pada diri kita, menurut Ustadz Hamdan Nasution, bahwa kita kembali ke sunnah Rasulullah, Pada kesempatan kali ini Ustadz hamdan mengajak semua jama'ah pengajian, mari kita mentauladani apa-apa yang dilakukan oleh Raulullah SAW. Ada 7 hal sunnah harian Rasulullah yang tidk pernah ditinggalkannya, yakni 
1. Sholat lima waktu , dilaksanakan tepat waktu dengan berjama'ah, bagi laki-laki selalu            kemesjid, bagi perempuan semampunya.
2. Membaca Al Qur'an, dianjurkan satu juz setiap hari, jika tidak mampu minimal satu                lembar  tiap hari tidak boleh kurang.
3. Sholat Malam, Sunnah Rasulullah sebanyak 8 rakaat, jika tidak mampu maka                        semampunya saja.
4. Berinfaq dan bersedekah, tujuannya membersihkan diri dari belenggu dunia.
5. Beristighfar kepada Allah, Selalu beristighfar dan memanjangkan istighfar kepada Allah.
6. Sholat Dhuha, Sunnahnya sebanyak 8 rakaat, lakukan secara terus menerus                          semampunya saja.
7. menjaga Wudhu' secara berkesinambungan, maksudnya berwudhu bukan hanya untuk          sholat saja, tetapi selalu memperbaharui wudhu sepanjang waktu.
Dengan melaksanakan sunnah Rasulullah di atas, inyallah tahun baru 1 Muharam1440 Hijriyah menjadi momentum bagi kita untuk selalu memperbaiki kualitas diri dari tahun ke tahun. sehingga kita siap untuk menghadap kembali kepada Allah SWT.
C. Berjihad, Sedangkan jihad intinya adalah menegakkan kebenaran, memberantas kabatilan, bersungguh-sungguh dalam memperpaiki diri dan memperbaiki orang yang belum baik.
Ketujuh sunnah Rasulullah di atas, akan berhasil kita contoh atau kerjakan di tahun 1440 hijriyah ini, jika kita siap berjihad atau bersungguh-sungguh melakukannya dengan  niat karena Allah SWT semata.
Alhamdulillah tulisan saya hasil mereview isi dari pengajian Tatsqif 1 Muharam di mesjid Al Fida oleh Ustadz. Hamdan Nasution. Jika ada yang salah ataupun kurang bolehlah teman-teman tambahkan di komentar ya...
Semoga tulisan ini bermanfaat khususnya bermanfaat untuk si penulis sendiri....Aamiin.

#30DWC  #30DWCJILID14  #DAY21
Post Comment
Post a Comment

Auto Post Signature

Auto Post  Signature