Top Social

FIRA KAHAR

Ibu adalah sekolah utama, bila engkau mempersiapkannya, maka engkau telah mempersiapkan generasi terbaik.

Keseimbangan

Saturday, September 8, 2018

TAWAZUN


Materi tawazun ini materi pertama yang kudapat disaat aku ikut pengajian diwaktu kuliah, yakni pengajian rutin pekanan yang dilakukan di toko baju teman disaat sore hari dimana toko tersebut sudah tutup.

Teringat olehku bagaimana guru mengaji waktu itu menjelaskan apa itu tawazun. Tawazun artinya seimbang. Seimbang dalam hal apa saja? Seorang muslim yang baik sudah semestinya memiliki keseimbangan dalam tatanan hidupnya. Kita mesti seimbang dalam memenuhi kebutuhan masing-masing unsur yang ada pada manusia, diantaranya:

1. Jasadiyah 

manusia memiliki jasad yang membutuhkan makanan yang thoyib dan halal, jasad juga membutuhkan olah raga yang cukup. kalaulah seorang manusia memiliki jasad yang baik, sehat, bugar dan  berenergi, maka manusia tersebutlah yang akan beruntung, dapat menikmati hidup yang sehat.

2. Fikriyah

Selain jasad, unsur yang ada pada manusia adalah unsur fikriyah, Seorang manusia yang sehat sangat membutuhkan fikriyah yang sehat, lurus dan terarah. fikriyah yang baik yakni fikiran yang mudah menerima kebenaran.

3. Ruhiyah 

Unsur yang ketiga yang ada pada manusia yakni unsur Ruhiyah, Ruhiyah yang baik adalah ruhiyah yang sayang dan cinta pada sesama karena ruhnya selalu berkekalan dengan Allah.

Alhamdulillah ketiga hal yang harus disikapi dengan cara tawazun ini masih tetap selalu terngiang dan terbayang bagaimana seharusnya harus sudah terealisasi di tangah masyarakat.


#30DWC
#30DWCJILID14
#DAY18



Post Comment
Post a Comment

Auto Post Signature

Auto Post  Signature