Total Tayangan Halaman

Keseimbangan
Keseimbangan

Keseimbangan

- +

TAWAZUN


Materi tawazun ini materi pertama yang kudapat disaat aku ikut pengajian diwaktu kuliah, yakni pengajian rutin pekanan yang dilakukan di toko baju teman disaat sore hari dimana toko tersebut sudah tutup.

Teringat olehku bagaimana guru mengaji waktu itu menjelaskan apa itu tawazun. Tawazun artinya seimbang. Seimbang dalam hal apa saja? Seorang muslim yang baik sudah semestinya memiliki keseimbangan dalam tatanan hidupnya. Kita mesti seimbang dalam memenuhi kebutuhan masing-masing unsur yang ada pada manusia, diantaranya:

1. Jasadiyah 

manusia memiliki jasad yang membutuhkan makanan yang thoyib dan halal, jasad juga membutuhkan olah raga yang cukup. kalaulah seorang manusia memiliki jasad yang baik, sehat, bugar dan  berenergi, maka manusia tersebutlah yang akan beruntung, dapat menikmati hidup yang sehat.

2. Fikriyah

Selain jasad, unsur yang ada pada manusia adalah unsur fikriyah, Seorang manusia yang sehat sangat membutuhkan fikriyah yang sehat, lurus dan terarah. fikriyah yang baik yakni fikiran yang mudah menerima kebenaran.

3. Ruhiyah 

Unsur yang ketiga yang ada pada manusia yakni unsur Ruhiyah, Ruhiyah yang baik adalah ruhiyah yang sayang dan cinta pada sesama karena ruhnya selalu berkekalan dengan Allah.

Alhamdulillah ketiga hal yang harus disikapi dengan cara tawazun ini masih tetap selalu terngiang dan terbayang bagaimana seharusnya harus sudah terealisasi di tangah masyarakat.


#30DWC
#30DWCJILID14
#DAY18



Diperbarui
Tambahkan Komentar

Hello pembaca yang sholeh dan sholehah
Terima kasih ya, telah mampir dan baca tulisanku di blog www.firakahar.com ini.

Alhamdulillah wa syukrulillah aku bisa jumpai pembaca dengan menulis di blog, kalaulah ada tulisanku bermanfaat bagin pembaca, jangan sungkan dan ragu untuk di share, follow dan di coment ya.

Aku senang dan bahagia jika ada kritik ataupun masukan yang membangun terhadap tulisan-tulisanku di blog ini.

Jika ada kesempatan untuk bekerjasama boleh hubungi hp/wa-ku: 8117306556, by email_ku: mfwkk@yahoo.com

see you
regard from me
FIRA KAHAR


Keseimbangan

Keseimbangan