Top Social

FIRA KAHAR

Ibu adalah sekolah utama, bila engkau mempersiapkannya, maka engkau telah mempersiapkan generasi terbaik.

Literasi

Sunday, September 9, 2018

Literasi di Sekolahku


Salah satu program di sekolah tempatku mengajar adalah semua siswa harus mengaji atau membaca Al-Qur'an sebelum pelajaran dimulai, hanya lima belas menit, setiap hari Selasa, dan Kamis. Kegiatan sekolah mengaji ini di pimpin oleh siswa-siswi yang bacaan mengajinya sudah bagus, teknik mengajinya besambung, sehingga ada kalanya mengaji Al-Qur'annya sampai khatam, setelah khatam maka mengajinya diulang dari surah Al Fateha lagi.

Ada beberapa kesan dan dampak positif yang dirasakan oleh masing-masing siswa dan guru serta semua warga sekolah, akan adanya program ini. Diantaranya ada beberapa guru yang sudah berkomentar bahwa sejak adanya program ini, dapat menjadikan bacaan Al-Qur'annya atau mengajinya jadi lebih lancar dari sebelumnya. Banyak juga siswa yang berkomentar, untung ada program ini di sekolah kita, kalau tidak mungkin saya tidak akan pernah mengaji dan pegang Al Qur'an.

Program sekolah mengaji ini sangat sesuai dengan tuntunan yang ada pada kurikulum 2013 yakni tentang literasi sekolah, dimana sekolah harus membiasakan budaya baca bagi siswa dan semua warga sekolah. Dengan membaca, salah satunya membaca Al Qur'an menjadikan siswa dan warga sekolah jadi tenang dan menambah dekat dengan Tuhan yang menciptakan manusia itu sendiri.

Literasi di sekolah selain mengaji Al Qur'an ada juga membaca buku engan waktu juga sama selama lima belas menit sebelum pelajaran dimulai, program inni ilaksanakan setiap hari Rabu. Masing-masing siswa diberi panjam buku dari perpustakaan satu buah, selalu dibawa kesekolah setiap hari Rabu, dibaca dan dicatat apa saja kesipulan yang dibaca pada hari itu, kemudian hasilnya dikumpulkan dan di tindak lanjuti oleh bidang osis dan kesiswaan.

Kedua program literasi inni yakni membudayakan baca buku dan mengaji, alhamdulillah berjalan dengan lancaf, semua warga sekolah dapat merasakan dampak positif dadri program ini.


#30DWC
#30DWCJILID14
#DAY19
Post Comment
Post a Comment

Auto Post Signature

Auto Post  Signature