Top Social

FIRA KAHAR

Ibu adalah sekolah utama, bila engkau mempersiapkannya, maka engkau telah mempersiapkan generasi terbaik.

Menu Pavorit Pasca Operasi Melahirkan

Monday, July 8, 2019
Assalamu'alaikum Wr Wb,

Hai Hai Hai 

lama kutak menatap dan menjamah blogku ini, rasanya sangat rindu untuk memainkan jari dan kata-kata di sini. Banyak sekali alasan yang bisa kurangkai hingga kulama meninggalkanmu. padahal kupunya ide tulisan yang lebih banyak dari alasanku yang bisa kurangkai di sini. 

Untungnya punya sahabat-sahabat komunitas bobe yang setia memotivasi untuk tetap menulis, seperti sekarang bobe punya ide menantang untuk menulis satu hari satu tulisan dalam satu minggu. Entah kenapa ide itu membuatku berhasil mengalahkan kemalasanku, akupun membuka laptop hingga kuteringat sebuah ide tulisan menu pavoritku selama pasca operasi lahiran, yakni pindang ikan gabus air tawar.
Pindang ikan gabus foto resep utama
Cookpad.com
Teman-teman pada tau ya dengan ikan gabus air tawar?
yang konon ceritanya banyak mengandung zat protein albumin tertinggi dibanding dengan jenis ikan-ikan lainnya seperti ikan lele, mas,nila, bandeng dan lain-lain.
Jenis ikan gabus ini banyak sekali khasiatnya, diantara khasiat protein albumin pada ikan gabus adalah mempercepat penyembuhan pasca operasi dan melahirkan.
Info khasiat ikan gabus ini tidak kulewatkan begitu saja, setiap habis lahiran ikan ini adalah menu andalanku, apalagi lahiran anakku yang kelima dan keenam yang harus dioperasi karena bobot babynya melebihi standar bisa lahiran normal.

Sebenarnya cara pengolahan ikan gabus banyak sekali dan enak semua, tapi aku paling suka diolah cara pindang, apalagi pindang bening, syruuup syruuup....mantap banget menghirupnya. 
Habis operasi dan lahiran kok bisa dapat menu sesuai selera dan bernilai gizi tinggi ya, gimana bisa?, Alhamdulillah aku masih punya sepasang bidadari yang masih sehat, kuat dan memiliki kasih sayang yang tulus pada anak-anaknya, terkhusus makku yang selalu setia menjaga setiap anak-anaknya lahiran.
Mau gak nih resep pindang buatan bidadariku....ntar kubagi dech resepnya.

Dari lahiranku pertama sampai lahiranku yang keenam selalu menikmati menu spesial pindang ikan gabus cipta karya emakku. Apalagi lahiranku yang terakhir tiga bulan yang lalu, diusia yang sudah 39 Tahun sangat membutuhkan zat protein untuk penyembuhan pasca operasi lahiran. Kuingat habis subuh banget suami pergi ke pasar pagi mencari ikan gabus air tawar, khawatir kalau kesiangan biasanya gak dapat lagi yang masih hidup dan segar, dapatlah Dia ikan gabus hidup seberat 2 kg lebih yang harga perkilonya Rp.85.000,-
Memang sih harganya lumayan mahal, tapi sebadinglah dengan khasiat dan nilai manfaatnya. 
Berkas:Channa stri 060627 7960 jtgno ed resize.jpg
Foto:channa stri

Kata orang palembang Sumatera Selatan, Ternyata ikan gabus air tawar ini banyak juga jenis-jenisnya, sesuai dengan kondisi air tempat ikan tersebut hidup dan berkembang, yakni ada ikan gabus Ruan, Toman, Serandang, dan Bujuk.


Resep Pindang Ikan Gabus Ala makku

Bahan-bahan (1 porsi) 

  1. 1 ekor ikan gabus ukuran sedang
  2. 3 jari lengkuas/ laos memarkan
  3. 1 batang serai dimemarkan
  4. 2 lembar daun salam
  5. 3 tangkai kemangi
  6. 2 tomat dipotong memanjang
  7. 5 biji asam jawa
  8. 1.5 gelas air
  9. Bumbu halus:
  10. 5 bawang merah
  11. 3 bawang putih
  12. 5 cabe merah keriting
  13. 1 jari kunyit
  14. 1 jari jahe
  15. 1.5 sdm garam
  16. 1 sdt gula
Langkah
  1. Tumis bumbu halus, sereh, lengkuas dan daun salam hingga harum.
  2. Kemudian tambahkan air, masukkan asam jawa dan ikan.
  3. Biarkan hingga mendidih.
  4. Terakhir, tambahkan daun kemangi dan tomat, selanjutnya diangkat.
    Pindang Ikan Gabus foto resep utama
    cookped.com
2 comments on "Menu Pavorit Pasca Operasi Melahirkan"
  1. Leziz, kapan masak lagi bagi-bagi ya kak. Itu gabus kalau bahasa Bengkulu Ikan Guan

    ReplyDelete
  2. Trmksih resep ikan gabusnya mbak .hehe

    ReplyDelete

Auto Post Signature

Auto Post  Signature