Top Social

FIRA KAHAR

Ibu adalah sekolah utama, bila engkau mempersiapkannya, maka engkau telah mempersiapkan generasi terbaik.

3 AMALAN YANG BERAT TETAPI DAHSYAT

Saturday, January 9, 2021

            


           
        Amal secara umum terbagi menjadi dua bagian, yaitu amal lahiriyah dan amal bathiniyah. Pada kesempatan ini kita akan bahas tentang tiga amal bathiniyah yang berat dilaksanakan oleh manusia tetapi punya nilai dahsyat di hadapan Allah SWT.


            Diantara amalan bathiniyah tersebut adalah:


1. Ikhlas


وَمَآ اُمِرُوْٓا اِلَّا لِيَعْبُدُوا اللّٰهَ مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنَ ەۙ حُنَفَاۤءَ وَيُقِيْمُوا الصَّلٰوةَ وَيُؤْتُوا الزَّكٰوةَ وَذٰلِكَ دِيْنُ الْقَيِّمَةِۗ

        

Artinya: Padahal mereka hanya diperintah menyembah Allah dengan ikhlas memaati-Nya semata-mata karena (menjalankan) agama, dan juga melaksanakan salat dan menunaikan zakat : dan yang demikian itulah agama yang lurus (benar). (QS. Al Bayyina:5)


2. Sabar


يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اسْتَعِيْنُوْا بِالصَّبْرِ وَالصَّلٰوةِ ۗ اِنَّ اللّٰهَ مَعَ الصّٰبِرِيْنَ   


Artinya: Wahai orang-orang yang beriman! Mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat. Sungguh, Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqaroh:153)


3. Khusuk dalam sholat


وَاسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ ۚ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلَّا عَلَى الْخَاشِعِينَ


Artinya: Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan susungguhnya yang demikian itu sungguh berat kecuali bagi orang-orang yang khusyu'. (QS. AL Baqorah:45)


       Ketiga amalan ini adalah amal bathiniyah manusia di hadapan Allah SWT. Amalan bathiniyah merupakan kegiatan ruhaninya manusia yang tidak dapat dilihat oleh makhluk, hanya Allahlah yang dapat menyaksikan bagaimana tingkat atau kualitas manusia dalam menjalani amal tersebut.

Post Comment
Post a Comment

Auto Post Signature

Auto Post  Signature