Top Social

Ibu adalah sekolah utama, bila engkau mempersiapkannya, maka engkau telah mempersiapkan generasi terbaik.

3 AMALAN YANG BERAT TETAPI DAHSYAT

Saturday, January 9, 2021

            


           
        Amal secara umum terbagi menjadi dua bagian, yaitu amal lahiriyah dan amal bathiniyah. Pada kesempatan ini kita akan bahas tentang tiga amal bathiniyah yang berat dilaksanakan oleh manusia tetapi punya nilai dahsyat di hadapan Allah SWT.


            Diantara amalan bathiniyah tersebut adalah:


1. Ikhlas


وَمَآ اُمِرُوْٓا اِلَّا لِيَعْبُدُوا اللّٰهَ مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنَ ەۙ حُنَفَاۤءَ وَيُقِيْمُوا الصَّلٰوةَ وَيُؤْتُوا الزَّكٰوةَ وَذٰلِكَ دِيْنُ الْقَيِّمَةِۗ

        

Artinya: Padahal mereka hanya diperintah menyembah Allah dengan ikhlas menaati-Nya semata-mata karena (menjalankan) agama, dan juga melaksanakan salat dan menunaikan zakat : dan yang demikian itulah agama yang lurus (benar). (QS. Al Bayyina:5)


Sungguh susah memang melakukan amalan ikhlas ini, di mulut sangat mudah diucapkan "saya ikhlas kok" tapi kadang di hati ada bisikan-bisikan syetan yang kadang tidak terkendalikan, manusia ataupun orang lain tidak ada yang mengetahui bisikan-bisikan itu, tapi Allah SWT maha mengetahui apapun yang terlintas di hati kita. kalau sudah begini, senjatanya adalah beristighfar, memohon ampun kepada Allah SWT akan apapun yang pernah terlintas dalam hati kita sehingga mengurangi keikhlasan yang ada.  


2. Sabar


يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اسْتَعِيْنُوْا بِالصَّبْرِ وَالصَّلٰوةِ ۗ اِنَّ اللّٰهَ مَعَ الصّٰبِرِيْنَ   


Artinya: Wahai orang-orang yang beriman! Mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat. Sungguh, Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqaroh:153)


Sabar, sebuah kata yang sangat mudah juga kita ucapkan, tapi kenyataan dalam kehidupan yang kita jalani, sabar ini sangat berat kita lakukan. Kadangkala sedikit saja kesalahan orang kepada kita, kita langsung marah dan mengata-ngatain orang tersebut dengan kata-kata yang kurang baik, Na'uzubillahimzalik. Semoga kita bisa menjadi orang yang sabar akan apapun yang kita alami selama hidup di dunia ini.


3. Khusuk dalam sholat


وَاسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ ۚ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلَّا عَلَى الْخَاشِعِينَ


Artinya: Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan susungguhnya yang demikian itu sungguh berat kecuali bagi orang-orang yang khusyu'. (QS. AL Baqorah:45)


Khusuk dalam sholat adalah impian bagi setiap muslim. Sholat yang khusuk akan tercermin pada akhlak orang tersebut. Seseorang yang sholatnya sudah khusuk, pastilah orang tersebut akan terhindar dari perbuatan keji dan mungkar, karena orang tersebut selalu ingat bahwa Allah Maha melihat dan Maha Mengetahui sekecil apapun yang ada di dunia ini.


       Ketiga amalan ini adalah amal bathiniyah manusia di hadapan Allah SWT. Amalan bathiniyah merupakan kegiatan ruhaninya manusia yang tidak dapat dilihat oleh makhluk, hanya Allahlah yang dapat menyaksikan bagaimana tingkat atau kualitas manusia dalam menjalani amal tersebut.

11 comments on "3 AMALAN YANG BERAT TETAPI DAHSYAT"
  1. MasyaAllah, suka bacanya, mbak... sangat bermanfaat sekaligus mengingatkan diri...

    ReplyDelete
  2. MasyaAllah, emang gak mudah buat mengamalkan amalan-amalan itu ya mba, tapi ternyata dahsyat banget balasannya. :'))

    ReplyDelete
  3. Benar nih mbak harus lulus kita, berjuang terus dan usianya setiap hari ..

    ReplyDelete
  4. Betul sekali mbak. Pada prakteknya 3 amalan ini sungguh berat. Moga kita bisa ya menjalani ketiganya. Aamiinn

    ReplyDelete
  5. Serasa dapat pencerahan dengan diingatkan gini. Sering-sering ya mbak postingan kek gini. Biar rohani kita tersiram dan diingatkan ke akhirat😊

    ReplyDelete
  6. MasyaAllah Mbk, mmg iya susah sekali mengamalkannya, tp sebisa mgkin berusaha setiap hr utk mengamalkannya. Makasih Mbk sdh mengingatkan. ☺

    ReplyDelete
  7. mudah diucapkan tetapi butuh perjuangan untuk dapat melaksanakannya. Semoga kita masuk pada bagian orang yang dimudahkan untuk melaksanakan amalan-amalan tersebut. Aamiin.

    ReplyDelete
  8. Waduh jadi adem banget setelah baca tulisan ini. Emang belajar ikhlas itu sulit, tapi tambah ke sini tambah yakin kalo kita ikhlas maka pasti Allah SWT telah menyediakan sesuatu yang lebih baik.

    ReplyDelete
  9. All of easy to saying but hard to do. Be patient ia not simple but so difficult. But i Will do best in my life. Thanks for your reminder

    ReplyDelete
  10. Ya Allah Mba.. susah semua itu �� makasih banyak sudah diingatkan.

    ReplyDelete
  11. Ya Allah mak fira, dak ditawar lagi itu beratnya. Makanya yang mampu menjalaninya itu balasannya surga

    ReplyDelete

Hello pembaca yang sholeh dan sholehah
Terima kasih ya, telah mampir dan baca tulisanku di blog www.firakahar.com ini.

Alhamdulillah wa syukrulillah aku bisa jumpai pembaca dengan menulis di blog, kalaulah ada tulisanku bermanfaat bagin pembaca, jangan sungkan dan ragu untuk di share, follow dan di coment ya.

Aku senang dan bahagia jika ada kritik ataupun masukan yang membangun terhadap tulisan-tulisanku di blog ini.

Jika ada kesempatan untuk bekerjasama boleh hubungi hp/wa-ku: 8117306556, by email_ku: mfwkk@yahoo.com

see you
regard from me
FIRA KAHAR

Auto Post Signature

Auto Post  Signature