Top Social

Ibu adalah sekolah utama, bila engkau mempersiapkannya, maka engkau telah mempersiapkan generasi terbaik.

PESAN SYEKH ALI JABER PADAKU : UCAPKAN 10 KALIMAT AGAR ANAK MENJADI SHOLEH DAN SHOLEHAH

Saturday, January 23, 2021

 Salam Fira Kahar



Innalillahiwainnailaihiroji'un


Kabar meninggalnya seorang Ulama dan pendakwah Indonesia Syekh Ali Jaber, Kamis 14 januari 2021 pagi hari, menjadikan umat islam setanah air bersedih.


Ulama kelahiran Madinah, 3 Februari 1976, yang memiliki nama lengkap Syekh Ali Saleh Mohammed Ali Jaber. Beliau sangat aktif berdakwah di tanah air Indonesia, dengan logat bicara yang khas bahasa indonesia dengan logat arabic, sudah banyak menyentuh hati umat muslim Indonesia, bahasanya sangat sederhana dan mudah dipahami. Aku sendiri suka mendengarkan dakwah beliau di beberapa media, yakni televisi, live streaming dan juga di media youtube yang sering di share oleh teman-teman.


Diantara banyaknya pesan dakwah ataupun ceramah yang beliau sampaikan lewat media, ada ceramah beliau yang sangat kukenang dan menyentuh sanubariku, yakni : 


Ucapkan 10 Kalimat Agar Anak menjadi Sholeh dan Sholehah.


Setiap Ucapan dari lisan kita adalah do'a, untuk itu berucaplah atau berkatalah hal-hal yang baik saja untuk anak-anak kita


1. Aku Cinta Padamu


Anak adalah tempat luapan cinta dan sayang orang tuanya, anak yang merasa dicintai oleh orang tuanya akan tumbuh menjadi anak yang penuh rasa cinta juga pada semua orang. Untuk itu kita mestilah sering-sering menyampaikan bahwa "Aku Cinta Padamu Nak". Arti cinta adalah memberi, apupun kebutuhan anak-anak pasti akan diberi atau dipenuhi oleh orang tuanya. Kenapa? karena orang tua cinta pada anaknya. Jadi tepatlah kiranya jika kita sebagai orang tua sering-sering bilang ke anak bahwa aku Cinta padamu tanpa mengharapkan si anak akan membalas kata-kata yang telah kita ucapkan pada mereka.Ingat bahwa arti cinta adalah memberi bukanlah menerima.


2. Aku Bahagia Karena Kamu Anakku


Seorang anak adalah amanah dari Allah SWT. Semua Anak yang Allah titipkan kepada kita masih putih bersih, masih dalam keadaan suci. Kita terima titipan ini dengan ikhlas dan penuh rasa tanggung jawab. 


Tidak lupa pula kita bersyukur akan titipan yang Allah berikan kepada kita. Salah satu wujud syukur itu adalah kita berbahagia selama mendampingi dan mendidik anak tersebut. Dengan itu akan membuat  hati sang anak penuh bahagia juga. Kalaulah hati anak sudah penuh kebahagian yakinlah anak tersebut akan menjadi anak yang sangat luar biasa dan akan membahagiakan kita nantinya.


3. Kamu Pandai/Cerdas Sekali dan Aku Suka Sama kamu


Kalimat ini sangat berarti bagi anak-anak jika sering didengarnya dari orang tuanya. kalimat ini akan menghipnotis si anak akan kasih sayang dan berharganya dirinya bagi orang tuanya. kita sebagai orang tua suka pada anak kita bukan karena apa-apa tapi suka kita padanya karena Allah SWT yang memberi kepandaian atau kecerdasan pada sianak tersebut.


4. Kamu Manis, Kamu Cantik dan Suara Kamu Indah


Cobalah kamu ungkapkan kalimat ini pada anak-anakmu, niscaya anakmu akan tersenyum-senyum malu dengan perasaan yang berbunga-bunga tiada tara keindahannya. Aura kebahagiaan akan terus berkembang pada sianak hingga diapun akan menebar kebahagian itu pada siapapun juga. Bahagiannyapun akan dipamerkannya kepada siapapun yang ditemuinnya. Luar biasa, Allahu Akbar.


5. Kamu Hebat, dan Bagi Saya Kamu Berguna Bagi Semua Keluarga


Kalimat ini akan mampu menumbuhkan rasa kepemimpinan dan tanggung jawah anak akan dirinya sendiri dan keluarganya. Bolehlah kalimat ini sering-sering kita sampaikan pada anak pada waktu-waktu tertentu, misalnya disaat kita mau ke luar kota kita sampaikan padanya, jaga mama ya, jaga adek-adekmu, disaat papa lagi tidak di rumah. Walaupun si anak masih kecil.

 

6. Kamu Punya Kelebihan Yang Tidak Ada Batasnya


Kalimat ini sangat dahsyat pengaruhnya pada diri si anak jika kalimat ini sering didengarnya dari lisan kedua orang tuanya. Kamu punya kelebihan yang tidak ada batasnya nak...betapa bahagianya sianak  mendengarnya, dia akan senyum sambil malu-malu depan ibu atau ayahnya. kalaulah sianak sudah bahagia dan berbunga-bunga yakinlah apapun kebaikan yang kita sampaikan akan didengarkan dan dilakukannya tanpa syarat.


7. Selalu Ajak Anak Bermusyawarah


Bermusyawarah adalah budaya yang patut kita biasakan dari rumah kita, bersama anak-anak kita walaupun mereka masih kecil, kita hadirkan suara mereka di setiap pengambilan keputusan, sehingga sianak merasa dia dihargai dan dipentingkan dalam keluarga ini. Di masa selanjutnya anakpun akan sangat mementingkan keluarganya disaat mengambil sebuah keputusan dalam hidupnya.


8. Selalu Puji Anak Dikala Dia Berama Teman-Temannya


Jangan pelit untuk memuji anak, apalagi si anak sedang bersama teman-temannya. Pujian yang orang tua berikan untuk anak akan membuat anak-anak senang dang bangga pada dirinya sehingga anak tersebut merasa sangat bahagia, apa lagi jika pujian itu didengar teman-temannya.


9. Do'akan Kebaikan Untuk Anak Sewaktu Anak Bersama Kita, Sehingga Dia mendengarkan Do'a-Do'a Kita


Sebagai orang tua pastilah kita sudah melakukan hal ini, yakni mendo'akan anak-anak setiap habis sholat atau diwaktu-waktu tertentu.tapi...apakah kita pernah mendo'akan si anak yang dengan sengaja dikuatkan suara, agar dia mendengarkan bahwa ibunya selalu mendo'akan hal kebaikan untuknya? Ternyata hal ini sangatlah bermanfaat untuk membentuk anak yang sholeh atau sholehah. Anak yang sering mendengarkan dan mengetahui bahwa orang tuanya selalu mendo'akan dia, alam sadarnya akan membimbing si anak ke arang do'a yang dia dengar dari lisan orang tuaannyaa tersebut.


10. Saya Sangat Percaya Kepadamu, Apapun Tugas Yang Saya Berikan, Saya Yakin Kamu Kerjakan Dengan Baik


Ungkapan yang kesepuluh ini bertujuan untuk menanamkan rasa tanggung jawab pada si anak. Dengan seringnya sianak mendengar ungkapan ini dari kedua orang tuanya, hal ini dapat mendorong jiwa si anak melakukan apapun yang diarahkan orang tuanya dengan baik dan segera.

8 comments on "PESAN SYEKH ALI JABER PADAKU : UCAPKAN 10 KALIMAT AGAR ANAK MENJADI SHOLEH DAN SHOLEHAH"
  1. MasyaAllah, semoga kelak di surga kita dapat bertemu beliau... Ceramah beliau sungguh bagus, terharu sekali dgn banyaknya kebaikan yg dilakukannya...

    ReplyDelete
  2. Benar-benar ngasih insight yang bagus ya mak, bisa kita praktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Lebih menghargai keluarga, lebih menghargai kebersamaan. :))

    ReplyDelete
  3. Ibu, ini pesan menyentuh sekali. Insyallah ini sebagai pengingat saya dan suami, agar senantiasa berkata baik pada anak. Masyaallah, semoga syekh ali jaber diterima amalannya oleh Allah swt. Aamiin.

    ReplyDelete
  4. Pesan syeikh untuk anak2 tu bikin aku terharu mbak
    Beliau penyayang banget, aku banyak belajar dari beliau bagaimana mendidik dan menyayangi anak2
    Makasih mak sudah mengingatkan

    ReplyDelete
  5. Luar biasa nih syekh Ali Jaber, aku merasakan ulama yang diterima di semua kalangan ya beliau. Semoga pesan pesannya dapat kita teladani

    ReplyDelete
  6. Masyallah.. Aku catat nasehatnya mak. Moga bisa kuamalkan juga ke anakku nanti. Aamiinn

    ReplyDelete
  7. MasyaAllah, aku jd terharu sekali membaca 10 pesan ini. Semoga pesan ini bisa kita praktikkan ya Mbk. Makasih Mbk pengingatnya ☺

    ReplyDelete
  8. Tiap baca postingan Mak Fira Alhamdulillah penuh hikmah dan teladan. Moga bisa aku terapkan di keluarga. ❤️

    ReplyDelete

Hello pembaca yang sholeh dan sholehah
Terima kasih ya, telah mampir dan baca tulisanku di blog www.firakahar.com ini.

Alhamdulillah wa syukrulillah aku bisa jumpai pembaca dengan menulis di blog, kalaulah ada tulisanku bermanfaat bagin pembaca, jangan sungkan dan ragu untuk di share, follow dan di coment ya.

Aku senang dan bahagia jika ada kritik ataupun masukan yang membangun terhadap tulisan-tulisanku di blog ini.

Jika ada kesempatan untuk bekerjasama boleh hubungi hp/wa-ku: 8117306556, by email_ku: mfwkk@yahoo.com

see you
regard from me
FIRA KAHAR

Auto Post Signature

Auto Post  Signature