Top Social

Ibu adalah sekolah utama, bila engkau mempersiapkannya, maka engkau telah mempersiapkan generasi terbaik.

Skill Academy Memberi Solusi Bagi Permasalahan Guru

Wednesday, February 10, 2021


Assalamu'alaikum para pembaca yang baik,
kali ini aku mau menulis tentang masalah pendidikan di masa pandemic serta solusi yang diberikan Skill Academy bagi permasalahan rendahnya kemampuan para guru dalam mengoperasikan Microsoft Office untuk menunjang kinerja guru yang profesional.

MASALAH PENDIDIKAN DI MASA PANDEMIC

Dunia selalu berubah, tidak ada yang kekal abadi di dunia ini. Begitu juga dengan hal Pendidikan. Sejak Pandemic melanda dunia, sistem pendidikan duniapun berubah drastis hingga 100 % bahkan lebih. Dari kondisi proses belajar tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh atau dalam jaringan yang disebut belajar daring. Dengan perubahan sistem pendidikan di masa pandemic ini, khususnya di Indonesia, banyak ditemukan permasalah pendidikan, diantaranya:

1. Pemerintah : Di bidang pendidikan banyak sekali kendala dan permasalah yang ditemukan di masa pandemi ini, diantaranya ketidak meratanya sarana dan prasaran untuk melakukan pembelajaran jarak jauh di seluruh pelosok tanah air. Selama masa pandemic  proses pembelajaran harus dilakukan secara online, sedangkan kondisi yang ada masih banyak daerah-daerah yang belum memiliki fasilitas jaringan internet sehingga proses pembelajaran tidak dapat dilakukan secara maksimal.

2. Siswa : Dengan Berlakunya sistem pembelajaran jarak jauh ini, menimbulkan banyak masalah pada siswa, diantaranya tidak semua siswa bisa mengikuti proses pembelajaran dengan maksimal. Ini dikarenakan letak geografis tempat tinggal siswa ada yang di perkotaan dan ada yang di pelosok desa serta latar belakang kemampuan ekonomi siswa yang berbeda-beda di seluruh pelosok tanah air. Proses pembelajaran daring membutuhkan fasilitas atau perangkatnya, yakni handphon, laptop dan jaringan internet yang memadai.

3. Orangtua : Bagi orangtua, proses pembelajaran jarak jauh ini menjadi pekerjaan baru yang harus dilakukan tanpa persiapan ilmu yang matang dalam melakukan pendampingan proses belajar daring bagi putra-putri mereka. tidak sedikit orang tua yang mengeluh, jemu, kewalahan bahkan stres karena ketidak mampuan mereka dalam mendampingi anaknya belajar, apalagi yang orangtua memiliki anak yang lebih dari satu jenjang pendidikan. Dengan latar belakang pendidikan yang rendah, bahkan ada yaang tidak sekolah, orangtua menjadi guru dadakan untuk semua mata pelajaran. Akhirnya banyak juga para orangtua yang memilih untuk lari dari tanggung jawabnya, karena ketidaak berdayaannya orangtua tersebut masa bodoh terhadap proses pendidikan anak-anak mereka. Dengan kondisi seperti ini akhirnya banyak anak yang lepas kendali dalam penggunaan handphone. Handphone yang mulanya sebagai alat untuk belajar daring disalah gunakan menjadi alat untuk main game, bermediaa sosial dan nonton tontonan yang tidak senonoh. masalah menjadi semakin konflik, banyak pelajar yang putus sekolah bahkan ada yang memutuskan untuk menikah dini.

4. Guru : Proses  pembelajara jarak jauh di masa pandemic ini, guru dituntut untuk memiliki skill IT yang memadai. Guru tidak bisa hanya sekedar menggunakan pena, spidol dan kertas saja, seperti kebanyakan selama ini. Banyak tugas-tugas guru yang mesti dikemas dengan baik, PJJ ini membuat guru harus lebih kreatif dan lebih disiplin mengemas bahan ajar untuk murid-muridnya. Guru yang biasa mengajar di depan kelas dengan gaya ceramah dan menuntun langsung murid dalam mengerjakan tugas permateri yang diajarkan, hanya bisa bernostalgia saja, karena proses pembelajaaran jarak jauh ini membuat guru mesti melek teknologi, ada kalanya materi di presentasikan lewat power point, lewat video, belum lagi guru mesti membuat soal-soal ujian jarak jauh dan guru mesti membuat rancangan dan evaluasi proses pembelajaran per semester. Semua pekerjaan guru sudah semestinya dikerjakan dengan bantuan teknologi komputer. Di jaman sekarang ini sudah keniscayaan bagi setiap guru untuk mahir menggunakan Microsoft Office untuk memudahkan pekerjaan guru itu sendiri sebagai guru yang profesional. 

GURU MESTI MAHIR 
MENGGUNAKAN SOFTWARE MICROSOFT OFFICE

Definisi dan perkembangan Microsoft Office adalah paket software buatan Micosoft Coorporation yang dirancang untuk memudahkan tugas perkantoran. Dengan mahir menggunakan Microsoft Office, banyak sekali pekerjaan guru akan menjadi mudah dan lebih profesional. Guru bisa mengetik materi bahan ajar, bahan persentasi untuk mengajar di depan kelas, evaluasi proses belajar mengajar, membuat perangkat pembelajaran, laporan proses pembelajaran kepada pimpinan, mengetik soal-soal ujian, mengolah nilai siswa dengan efektif dan efesien, serta bisa mempermudah kerja guru lainnya dalam melakukan proses pembelajar jarak jauh di masa pandemic ini.
 
Beberapa aplikasi di dalam Microsoft Office yang terkenal adalah Word, Exel, dan PowerPoint. Software ini dimulai pada tahun 1990 an dan mengalami perubahan-perubahan yang sangat signifikan setiap tahunnya, hingga sekarang sistem operasi Microsoft Office terus berkembang dan semakin mapan dan terus digandrungi serta digunakan sebagai andalan aplikasi perkantoran modern. Beberapa versi dari Microsoft office yang masih banyak dugunakan saat ini antara lain Microsoft Office 2000. Micosoft Office XP (2002), Microsoft Office 2003, Microsoft office 2007 dan yang terakhir sampai sekarang adalah Microsoft Office 2010.

Sudah keniscayaan bahwa seorang Guru yang profesional mesti mahir dalam menggunakan software Microsoft Office sebagai salah satu cara dalam memaanfaatkan teknologi informasi, diantaranya untuk menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa-siswi, untuk membuat soal-soal ujian yang praktis dan menarik, untuk menganalisis soal yang efektif, serta untuk membuaat rancangan dan evaluasi proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru.

Kondisi real di lapangan, masih sangat banyak para guru yang belum mahir mengoperasikan Microsoft Office dalam rangka memudahkan pekerjaan sebagai guru yang profesional.
MENGENAL SKILL ACADEMY BY RUANGGURU

Skill Academy by Ruangguru adalah platform online dan offline bersertifikat terbesar di Indonesia.  melalui situs dan aplikasi tersedia ratusan kelas pelatihan secara daring dalam bentuk video belajar dengan berbagai topik, diantaranya: pengembangan diri, persiapan tes, teknologi & software, serta bisnis dan keuangan.  

Seluruh kelas daring di Skill Academy by Ruangguru diajarkan oleh pakar industri terpilih dan dapat diakses seumur hidup setelah pembelian. Temukan pula berbagai opsi lokasi pelatihan offline berkualitas dan terakreditasi di seluruh Indonesia di Skill Acaddemy by Ruangguru. Skill Academy dikembangkan oleh Ruangguru, perusahaan teknologi pendidikan terbesar di Asia Tenggara, yang telah melayani lebih dari 15 juta orang di Indonesia. 

Skill Academy by Ruangguru kini bisa diakses melalui situs www.skillacademy.com atau aplikasi mobile yang dapat diunduh melalui Google Play Store di perangkat masing-masing.
Selama ini Ruangguru hanya menyediakan untuk pelajar atau siswa saja, sejak lounchingnya Skill Academy by ruangguru yang targetnya untuk mahasiswa, fresh jobbers, sampai millennials workforces.


SKILL ACADEMY HADIR MEMBERI SOLUSI 

Dengan adanya Skill Academy by Ruangguru menjadi solosi bagi para guru yang ingin meningkatkan skill tentang pemanfaatan IT untuk menunjang peningkatan kinerja sebagai guru profesional. Guru mesti mahir menggunakan Microsoft Office dalam kesehariannya. Skill Academy sangat menjanjikan bagi guru yang ingin mahir di bidang yang diinginkan terutama mahir dalam mengoperasikan Microsof Office. Sangatlah menguntungkan bagi seorang guru yang sudah memeliki keahlian atau kemahiran di bidang software yang menunjang kinerja guru yang profesional.


ALASAN GURU PILIH  BELAJAR  
MICROSOFT OFFICE ONLINE DI SKILL ACADEMY

Perlu guru ketahui alasan memilih pelatihan online Microsoft Office Skill Academy, diantaranya:

1. Tampilan Website, Website Skill Academy didesain dengan tampilan yang simpel dengan desain yang modern, menu navigasi yang mudah untuk digunakan ini sangat ngebantu buat para guru pemula yang gak terbiasa dengan akses website.

2. Pilihan Kelas, Skill Academy menyediakan pilihan kelas bagi guru yang ingin belajar microsoft Office sampai level mahir. Mulai dari kelas Microsoft Word, Microsoft Exel, Power Point dan kelas-kelas lainnya, guru bebas memilih kelas mana yang lebih prioritas untuk menunjang meningkatan kinerja guru.

3. Harga Terjangkau, Alasan para guru yang paling utama adalah Skill Academy memberikan harga yang murah dan banyak diskon untuk berbagai pelatihan atau pendidikan. Harga kursus di Skill Academy skitar ratusan saja. Guru juga bisa mendapatkan promo harga sehingga bisa lebih murah.


4. Tutor Berpengalaman, Semua tutor atau mentor yang menngajar di Skill Academy memang sudah ahli di bidangnya masing-masing, jadi guru benar-benar akan belajar dari ahlinya bukan sekedar belajar materi yang sifat teori namun lebih bersifat aplikatif dan berdasarkan pengalaman.

5. Sertifikat, Skill Academy juga memberikan serifikate digital kepadda guru yang telah mengikuti kelas atau kursus secara gratis. Sertifikat bisa didapatkan setelah mengikuti materi dan exam. Guru langsung mendapatkan 2 sertifikat sekaligus yakni sertifikate materi dan sertifikat penilaaian yang dapat diunduh dengan mudah sesuai kebutuhaan guru.

Lima alasan ini menjadi penguat bagi guru yang ingin belajar mengoperasikan Microsoft Office di Skill Academy sampai ke tingkat mahir, agar tugas-tugas guru menjadi terbantu, lebih efektif dan efesien serta menjadi lebih profesional.


MATERI MICROSOFT OFFICE 
YANG DIDAPAT DI SKILL ACADEMY

Peserta akan mendapatkan materi disaat belajar online di Skill Academy sesuai dengan kelas yang diikuti, diantaranya:

1. Kelas Microosoft Word, menjadi software penting yang selalu kita gunakan untuk menunjang pekerjaan. Bahkan, beberapa perusahaan mensyaratkan karyawannya wajib mahir dalam menggunakan microsoft word. Di kelas ini akan dikupas tuntas hal-hal yang dapat kamu lakukan dengan microsoft word, seperti mengedit dan memformat teks, memasukkan tabel, gambar dan simbol, membuat daftar isi, dan membuat catatan kaki dan indeks, serta teknik membuat surat dengan mail merge.


2. Kelas Microsoft Exel, menjadi salah satu program yang perlu dikuasai seseorang ketika ingin mendaftar kerja. Dengan beragam fitur yang dimiliki microsoft exel, kamu dapat menyelesaikan pekerjaananmu lebih efektif dan efisien. Di kelas ini kamu akan mempelajari cara mengoperasikan microsoft exel dengan optimal, mulai dari penggunaan-penggunaan sederhana rumus kalkulasi hingga pengolahan data. Pekerjaanmu akan menjadi lebih produktif dengan memaksimalkan fitur lengkap Microsoft Exel.


3. Kelas Microsoft PowerPoint, Menjadi software penunjang saat kita melakukan presentasi. Hal ini membuat kita perlu memaksimalkan software tersebut untuk menghasilkan presentasi yang ciamik. Dikelas ini kamu akan belajar mengoptimalkan  microsoft power Point, mulai dari memahami teknik membuat layout, transisi gambar dan animasi, mimilih warna dan font yang sesuai, memasukkan gambar, video, dan tabel sehingga kamu dapat membuat persentasi dalam powerpoint-mu yang menarik, dan membuat terpukau para audiens.


Sudah cukup bagi seorang guru untuk mahir dalam mengggunakan Tiga materi Microsoft Office: word, exel dan powerpoint, Insyaallah sudah bisa mengantarkan menjadi seorang guru yang kreatif, mandiri dan profesional dalam bekerja sebagai guru di manapun ia bertugas. selamat menjadi guru yang profesional!

Mari kita belajar di Skill Academy untuk meningkatkan kinerja kita sebagai guru yang profesinal, menjadi guru yang mampu bersaing di tingkat daerah, nasional, bahkan di level internasional.

Semoga tulisan ini bermanfaat dan menjadi motivasi, khususnya bagi penulis sendiri agar selalu meningkatkan kompetensi di bidang profesinya sebagai guru. TERIMA KASIH.

Wassalamu'alaikum warohmatullahiwabarokatuh.
21 comments on "Skill Academy Memberi Solusi Bagi Permasalahan Guru"
  1. Asik! Bisa upgrade skill dengan lebih mudah tanpa harus keluar rumah ya mba. Solusi saat pandemi nih :))

    ReplyDelete
  2. upgrade skill yang wajib banget ya kak ini

    ReplyDelete
  3. Bener nih Microsoft office tuh basicnya harus diketahui oleh guru. Apalagi zaman sekarang kalau gaptek ketinggalan banget.

    ReplyDelete
  4. Benar Bu, Sekarang ini udah era digitalisasi, skill perlu terus untuk diupgdare

    ReplyDelete
  5. Skill academy bener2 bantu buat kita siap2 hadapi tuntutan jaman ya kak..
    Keren dan boleh dicoba kayaknya...

    ReplyDelete
  6. aku kemaren waktu pelatihan prakerja juga pilih skill academy bu, karena menurut aku lebih praktis dan mudah dipahami

    ReplyDelete
  7. Menjadi guru memang harus bisa memanfaatkan teknologi ya mbak. Skill academy adalah solusi untuk upgrade ilmunya.

    ReplyDelete
  8. Kemaren juga coba upgrade ilmu di skill academy. Seru ya materinya��

    ReplyDelete
  9. Skill academy selain jdi solusi tentu materinya seru dan gampang babget di pahami

    ReplyDelete
  10. Banyak ya, yang terlibat dalam pendidikan di masa sekarang. Semoga pads konsisten.

    ReplyDelete
  11. Banyak y yang terlibat dalam pendidikan di masa sekarang ini. Semoga bisa konsisten.

    ReplyDelete
  12. Skill academy emang platform yang bagus untuk mengupgrade ilmu para guru. Mantepp!

    ReplyDelete
  13. Skill academy emg keren menurutku. Pgn ikut salah satu pelatihannya.

    ReplyDelete
  14. Asik ada pelatihan online di skill academy, aku mau ikut yang prakerja

    ReplyDelete
  15. Semangat ya buk guru ngajarnya karena ada Support dari skill Academy ya.

    ReplyDelete
  16. Wah mantab ni bisa kurus Microsoft office di Skill Academy.

    ReplyDelete
  17. Kemarin pas lihat banyak diskon harga di sini, jadi dompet bakal tetap aman yaa...

    ReplyDelete
  18. Pas banget ya buat upgrade skill para guru
    Pilihan pelatihannya juga banyak,

    ReplyDelete
  19. Di tempat aku ngajar ada lho guru yg gak melek komputer, sampe kesusahan terus kalo udah berurusan dengan data. Kayaknya skill academy ini cocok juga buat pelatihan guru bersama. Biar sama2 upgrade.

    ReplyDelete
  20. Saya merasa terbantu dengan ada ny sistem ini

    ReplyDelete
  21. mantap.. harga murah dan banyak diskon sangat menarik dan memudahkan para guru untuk mendaftar.

    ReplyDelete

Hello pembaca yang sholeh dan sholehah
Terima kasih ya, telah mampir dan baca tulisanku di blog www.firakahar.com ini.

Alhamdulillah wa syukrulillah aku bisa jumpai pembaca dengan menulis di blog, kalaulah ada tulisanku bermanfaat bagin pembaca, jangan sungkan dan ragu untuk di share, follow dan di coment ya.

Aku senang dan bahagia jika ada kritik ataupun masukan yang membangun terhadap tulisan-tulisanku di blog ini.

Jika ada kesempatan untuk bekerjasama boleh hubungi hp/wa-ku: 8117306556, by email_ku: mfwkk@yahoo.com

see you
regard from me
FIRA KAHAR

Auto Post Signature

Auto Post  Signature