Top Social

Ibu adalah sekolah utama, bila engkau mempersiapkannya, maka engkau telah mempersiapkan generasi terbaik.

Materi Ajar Seni Budaya Kelas VII Menerapkan Ragam Hias Pada Bahan Kayu

Friday, February 19, 2021
PENERAPKAN RAGAM HIAS
PADA BAHAN KAYU

Oleh: Fira Kahar


                Kayu merupakan bahan alami yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan. Kerajinan kayu di Indonesia memiliki harga jual yang tinggi karena keindahannya. Kerajinan kayu memiliki motif yang beragam. Motif-motif tersebut berasal dari kebudayaan dan kepercayaan masyarakat setempat. Bentuk-bentuk kerajinan kayu yang dapat ditemui berupa meja, lemari, maupun benda kayu lainnya. Lantas, bagaimana pembuatan ragam hias pada sebuah kayu dengan cara sederhana? Untuk lebih jelas pelajari materi yang akan kutulis berikut.

                Tujuan pembelajaran pada materi kali ini, siswa diharapkan dapat mengapresiasi dan berkreasi seni rupa, yaitu:

1. Mengidentifikasi keunikan beragam penerapan ragam hias pada bahan kayu.
2. Mendeskripsikan keunikan beragam penerapan ragam hias pada bahan kayu.
3. mengekspresikan diri melalui penerapan ragam hias flora, fauna, dan/atau geometis pada bahan kayu.
4. mengkomunikasikan hasil karya penerapan ragam hias flora, fauna, dan/atau geometris pada bahan kayu secara lisan.

A. Penerapan Ragam Hias pada bahan Kayu

        Kayu banyak dimanfaatkan oleh manusia sejak jaman dahulu. Kayu digunakan untuk membuat bagian bangunan, seperti pintu dan jendela, serta perabotan rumah, seperti kursi, lemati dan meja. Banyak perabot rumah tangga atau bagian bangunan yang terbuat dari kayu diberi sentuhan ragam hias. Motif hias yang digunakan berupa motif flora, fauna, figurati, geomet4ris, atau gabungan dari motif-motif tersebut. Motif yang digunakan beragam, tergantung pada kebudayaan masyarakat setempat. Berikut jenis-jenis ragam hias pada bahan kayu.

        Sejak masa lampau kayu digunakan untuk membuat perabot rumah tangga (misalnya kursi, lemari, dan peti) dan bagian bangunan (misalnya tiang, pintu, dan jendela). Banyak perabot kayu atau bagian bangunan tersebut diberi sentuhan ragam hias. Motif hias yang digunakan berupa motif tumbuhan, binatang, figuratif, dan geometris atau gabungan dari motif-motif tersebut. Penerapan ragam hias padda bahan kayu dilakukan dngan teknik mengukir atau teknik menggambar (melukis) atau gabungan dari keduannya. 

       Selain digunakan sebagai hiasan, ada ragam hiasan, ada ragam hias pada benda-benda tersebut yang juga memiliki nilai simbolis, terkait dengan kepercayaan atau agama. Beberapa daerah di Indonesia seperti Jawa, Sumatera, kalimantan, Bali, Sulawesi, dan Papua memiliki ragam hias yang khas pada bahan kayu.

1. Ragam Hias Flora
        Ragam hias flora merupakan ragam hias yang menggunakan bentuk tumbuhan sebagai moti ragam hias. Jenis tumbuhan yang dijadikan objek/inspirasi juga berbeda tergantung pada lingkungan (alam, sosial dan kepercayaan pada waktu tertentu) tempat motif tersebut diciptakan. Motif flora pada bahan kayu dapat ditemui di hampir seluruh daerah di Indonesia.


2. Ragam Hias Fauna
        Ragam hias fauna adalah ragam hias yang menggunakan gambar motif hewan-hewan tertentu. Beberapa hewan yang biasa dipakai sebagai objek ragam hias adalah kupu-kupu, burung, kadal, gajah, dan ikan. Daerah-daerah yang banyak menggunakan ragam hias fauna pada kerajinan kayu adalah Yogyakarta, Bali, Sumater, Kalimantan, Sulawesi dan Papua.


3. Ragam Hias Figuratif
        Ragam hias figuratif adalah ragam hias yang menggunakan objek manusia yang digambar dengan mendapatkan penggayaan bentuk. Manusia sebagai salah satu objek dalam penciptaan motif ornamen mempunyai beberapa unsur, baik secara utuh maupun terpisah. Secara terpisah contohnya, kedok atau topeng, dan secara utuh contohnya, bentuk-bentuk dalam pewayangan.


4. Ragam Hias Geometris
            Ragam hias geometris merupakan ragam hias dari bentuk-bentuk geometis. Motif geometris berkembang dari bentuk titik, garis, atau bidang yang berulang dari pola yang sedderhana sampai pola yang rumit. Ragam hias ini dapat dijumpai di wilaya Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Papua.


B. Contoh Penerapan Ragam Hias

         Kayu dapat diolah menjadi kerajinan yang bernilai seni tinggi. pengolahan kayu menggunakan teknik dan alat yang sesuai dengan karakteristik bahan kayu.
      
           Penerapan ragam hias bahan kayu terdiri atas beberapa teknik. Teknik-teknik tersebut, diantaranya mengukir dan menggambar atau perpaduan keduannya. Mengukir adalah proses membentuk cekungank dan tonjolan pada permukaan kayu dengan alat pahat sehingga menghasilkan ragam hias tertentu.  akegiatan mengukir menggunakan alat pahat. Alat utama dalam mengukir adalah pahat yang terdiri atas berbagai ukuran dan pemukul dari kayu. Ada empat jenis pahat sebagai berikut. 

        Ragam hias diterapkan pada permukaan bahan kayu yang berbentuk bidang ua dimensi dan tiga dimensi. Penerapan ragam hias pada bahan kayu ini dilakukan dengan menggambar atau mengukir. Penerapan ragam hias pada bahan kayu juga terdapat pada benda-benda seni kerajinan aerah seperti pada talenan, topeng, dan kerajinan lainnya. Ragam hias ini dikerjakan dengan cara digambar kemudian diberi warna.

Beberapa contoh karya ragam hias pada bahan kayu/bahan keras lainnya:


ragam hias pada talenan




C. Teknik Penerapan Ragam Hias pada Bahan Kayu

                Penerapan ragam hias pada bahan kayu dapat dilakukan dengan cara mengukir dan menggambar (melukis) atau gabungan keduanya. Mengukir dalam hal ini adalah membentuk tonjolan dan cekungan berbentuk ragam hias tertentu pada permukaan kayu dengan menggunakan alat pahat.

1. Alat Untuk Mengukir Ragam Hias di Atas Bahan Kayu

Alat utama untuk mengukir addalah pahat dan pemukul.

a. Pahat

Ada dua jenis mata pahat, yaitu maya pahat mendatar dan mata pahat melengkung. Penggunaan pahat harus disesuaikan dengan bentuk  ragam hias yang akan diukir. Ada empat jenis pahat, yaitu seperti:


Pahat Kuku (pahat penguku), bentuk pahat ini lengkung seperti kuku manusia. pahat penguku digunakan untuk mengerjakan bagian yang lengkung, melingkar, membentuk cembung, cekung, ikal dan pecahan aris maupun pecahan cawen.

Pahat Lurus (Pahat Penyilat), Pahat ini berbentuk lurus, digunakan untuk mengerjakan bagian yang lurus atau rata. Pahat ini juga dapat digunakan untuk membuat dasaran dan membuat siku-siku tepi ukiran dengan dasaran.

Pahat Lengkung Setengah Bulatan (Pahat Kol), Mata pahat kol berbentuk melengkung belahan bulatan, gunanya untuk mengerjakan bagian-bagian cekung yang tidak dapat dikerjakan dengan pahat kuku.

Pahat Miring (Pahat pengot), mata pahat pengot berbentuk miring meruncing dan tajamsebelah, gunanya untuk membersihkan pada sudut selah-selah ukiran dan meraut bagian-bagian yang diperlukan.

b. Pemukul
            Alat pemukul yang digunakan dalam kegiatan mengukir umumnya terbuat dari kayu meskipun ada juga yang menggunakan palu besi atau batu. 


2. Menggambar Ragam Hias Ukiran

            Bentuk kayu ada yang berupa batang dan ada juga yang berbentuk papan. Kayu banyak jenisnya. Ada kayu yang memiliki serat halus dan ada yang kasar. Mengukir kayu harus memperlihatkan alur seratnya. Sebelum kayu diukir, terlebih dahulu harus dibuatkan gambar ragam hiasnya.

        Membuat torehan pada kayu engan menggunakan ragam hias tertentu merupakan aktivitas dalam mengukir. Sebaiknya kamu harus mengenal tlebih dahulu alat dan bahan serta prosedur kerjanya. Kegiatan mengukir padda bahan kayu memiliki proseur sebagai berikut:
a. Menyiapkan alat an bahan menggambar ragam hias ukiran.
b. Memilih bentuk ragam hias sebagai objek berkarya.
c. Membuat sketsa ragam hias pada bahan kayu.
d. Memberikan warna pada hasil gambar. 

3. Melukis Ragam Hias di Atas Bahan Kayu

        Kayu pada dasarnya dapat diberi warna dengan berbagai macam cat, misalnya cat minyak atau cat akrilik. Oleh karena itu, produk dari bahan kayu dapat diberi hiasan ragam hias dengan teknik melukis. 

Berikut adalah contoh melukis ragam hias pada produk dai bahan kayu,
a. Menyiapkan bahan dan alat melukis (cat akrilik/cat tembok, kuas, dan palet).
b. Menyiapkan bahan kayu (papan kayu)
c. Membuat rancangan gambar ragam hias pada kertas.
d. Memindahkan gambar rancangan pada permukaan bahan kayu.
e. Menerapkan cat untuk menyelesaikan gambar ragam hias.
f. Memberikan lapisan vernis atau cat transparan pada permukaan kayu.

TUGAS PENERAPAN RAGAM HIAS PADA BAHAN KAYU

Setelah membaca materi ragam hias pada bahan kayu, selesaikan tugas berikut:

A. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar!

1. Kayu dapat diolah menjadi bangunan seperti ..........
2. Motif pada kerajinan kayu beragam, tergantung pada ............
3. Ragam hias geometri memiliki objek berupa ..............
4. Alat utama untuk mengukir ada dua jenis mata pahat, yaitu ............
5. Kegiatan mengukir menggunakan .........
6. Dalam pengolahan kayu, alat dan teknik yang digunakan harus sesuai dengan .....
7. Pahat pengot berbentuk .......
8. Kayu dapat diberi warna dengan berbagai macam cat, maka produk dari bahan kayu dapat diberi hiasana ragam hias dngan teknik .........
9. Pahat Penyilat memiliki bentuk .......
10. Alat dan bahan untuk menggambar pada kayu adalah ........

B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!

1. Sebutkan jenis ragam hias ukiran di Indonesia!
2. Apa yang dimaksud dengan mengukir?
3. Sebutkan macam-macam pahat dan kegunaanya!
4. Sebutkan langka-langka mengukir pada bahan kayu!
5. Jelaskan langkah-langkah menggambar ragam hias pada bahan kayu!

C. Tugas Praktek Penerapan Ragam Hias pada Bahan Kayu

Buatlah karya penerapan ragam hias pada bahan kayu, boleh juga bahan-bahan keras lainnya. seperti pada talenan kayu, sandal jepit, tampah, tudung pak tani, asbak kayu, dan benda-benda yang berbahan keras lainnya.

Jika kelengkapan alat untuk teknik mengukir tidak lengkap, maka gunakan teknik melukis/menggambar saja dalam membuat tugas praktek penerapan ragam hias pada bahan kayu atau bahan keras lainnya.

Selamat belajar dan berkarya anak-anakku, Semangat ya!       
164 comments on "Materi Ajar Seni Budaya Kelas VII Menerapkan Ragam Hias Pada Bahan Kayu"
  1. Wah hiasan kayu nih lumayan pricey, andai bisa bikin sendiri seru juga. Hemat budget hias menghias rumah, atau mungkin bisa dijadikan sumber cuan juga hihiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayolah dek kita bikin karya sendiri, dengsn cara menghias-hias barang di rumah dengan motif ragam hias.

      Delete
    2. Nama: Aprilia Lestari
      Kelas: 7.2
      Jawaban soal bagian A
      1.Pintu, tiang, tepian jendela, pagar kayu, lemari, meja.
      2. Sesuai dengan bahan kayu.
      3. Motif geometris berkembang dari bentuk titik, garis, atau bidang yang berulang dari pola yang sedderhana sampai pola yang rumit.
      4.mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung.
      5.pahat dan pemukul.
      6.karakteristik bahan kayu.
      7. (Pahat pengot), mata pahat pengot berbentuk miring meruncing dan tajamsebelah.
      8. Teknik pahat.
      9. Pahat ini berbentuk lurus.
      10. Kuas.
      Kucing.
      Kayu.
      Pensil.
      Penghapus kalau perlu.

      Delete
    3. Agus farelion pakpahan
      Kls 7.8

      1.pintu,jendela,kerajinan tangan tempat tidur, tiang.
      2.Sesuai dengan karakteristik bahan kayu atau sesuai dengan keinginan motif yang telah di seketrakan.
      3.Motif geometris berkembang dari bentuk titik, garis, atau bidang yang berulang dari pola yang sedderhana sampai pola yang rumit.
      4.mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung.
      5.pahat dan pemukul.
      6.karakteristik bahan kayu.
      7.(Pahat pengot), mata pahat pengot berbentuk miring meruncing dan tajamsebelah.
      8.Teknik pahat.
      9.Pahat ini berbentuk lurus.
      10.Kuas.
      Cat.
      Kayu.
      Pensil.
      Penghapus kalau perlu

      Delete
    4. Nama: Gea nanda Ramadhani
      Kelas: 7.2
      Jawaban soal bagian A
      1.Pintu, tiang, tepian jendela, pagar kayu, lemari, meja.
      2. Sesuai dengan bahan kayu.
      3. Motif geometris berkembang dari bentuk titik, garis, atau bidang yang berulang dari pola yang sedderhana sampai pola yang rumit.
      4.mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung.
      5.pahat dan pemukul.
      6.karakteristik bahan kayu.
      7. (Pahat pengot), mata pahat pengot berbentuk miring meruncing dan tajamsebelah.
      8. Teknik pahat.
      9. Pahat ini berbentuk lurus.
      10. Kuas.
      Kucing.
      Kayu.
      Pensil.
      Penghapus kalau perlu.

      Delete
    5. Nama: Gea Nanda Ramadhani
      Kelas: 7.2
      Jawaban soal bagian A
      1.Pintu, tiang, tepian jendela, pagar kayu, lemari, meja.
      2. Sesuai dengan bahan kayu.
      3. Motif geometris berkembang dari bentuk titik, garis, atau bidang yang berulang dari pola yang sedderhana sampai pola yang rumit.
      4.mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung.
      5.pahat dan pemukul.
      6.karakteristik bahan kayu.
      7. (Pahat pengot), mata pahat pengot berbentuk miring meruncing dan tajamsebelah.
      8. Teknik pahat.
      9. Pahat ini berbentuk lurus.
      10. Kuas.
      Kucing.
      Kayu.
      Pensil.
      Penghapus kalau perlu.

      Delete
    6. Nama: Gea Nanda Ramadhani
      Kelas: 7.2
      Jawaban soal bagian A
      1.Pintu, tiang, tepian jendela, pagar kayu, lemari, meja.
      2. Sesuai dengan bahan kayu.
      3. Motif geometris berkembang dari bentuk titik, garis, atau bidang yang berulang dari pola yang sedderhana sampai pola yang rumit.
      4.mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung.
      5.pahat dan pemukul.
      6.karakteristik bahan kayu.
      7. (Pahat pengot), mata pahat pengot berbentuk miring meruncing dan tajamsebelah.
      8. Teknik pahat.
      9. Pahat ini berbentuk lurus.
      10. Kuas.
      Kucing.
      Kayu.
      Pensil.
      Penghapus kalau perlu.

      Delete
    7. Nama:Maater P Silaban
      Kelas:74
      1.Pintu,Jendela,Meja,kursi,Lemari
      2.Kualitas Kayu
      3.dari bentuk Titik,garis,atau bidang yang berulang dari pola yang sederhana sampai pola yang rumit
      4.Mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung
      5.Pahat
      6.Karakteristik kayu
      7.Miring meruncing dan tajam sebelah
      8.Melukis
      9.Lurus
      10.Pencil,penghapus,cat air,tuas.

      Delete
  2. unik-unik banget ya mbak, bisa jadi cuan juga nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk kita hasilkan cuan dengan membuat karya seni

      Delete
    2. Nama:amanda puspita sari
      Kelas:7.3

      Jawaban soal bagian a

      1.pintu,jendela dan tiang.
      2.tergantung pada kebudayaan masyarakat setempat.
      3.motif geometris berkembang dari bentuk titik,garis,atau bidang yang berulang dari pola yang sederhana sampai pola yang rumit.
      4.mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung.
      5.pahat dan pemukul .
      6.karakteristik bahan kayu.
      7.miring meruncing dan tajam sebelah.
      8.melukis.
      9.lurus.
      10.cat akrilik,kayu,kuas,dan palet.

      Delete
    3. Nmaa;abdil Vladimir akbar
      Kls. 7.2
      Bagian a

      1.pintu,jendela dan tiang.
      2.tergantung pada kebudayaan masyarakat setempat.
      3.motif geometris berkembang dari bentuk titik,garis,atau bidang yang berulang dari pola yang sederhana sampai pola yang rumit.
      4.mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung.
      5.pahat dan pemukul .
      6.karakteristik bahan kayu.
      7.miring meruncing dan tajam sebelah.
      8.melukis.
      9.lurus.
      10.cat akrilik,kayu,kuas,dan palet.

      Delete
    4. Nama : hamidah Marsus
      Kelas: 7.8
      Senibudaya
      1.Tiang, Pintu, Jendela

      2.tergantung pada batang kayu
      Yang di gunakan serta motifsuatu
      Kota
      3.garis garis bentuk diagonal
      Polaberulang
      4. Pahat lengkung / penguku
      Pahatlurus/penyilat
      5.pahat
      6.batang kayu yang di gunakan
      7.pahat kuku
      8.teknik pahat
      9.pahat kuku
      10.1.kuas 2.cat 3.kayu 4.pensil
      5.penghapus

      Delete
    5. Nama : meisya diva saputri
      Kelas: 7.2
      Senibudaya
      1.Tiang, Pintu, Jendela

      2.tergantung pada batang kayu
      Yang di gunakan serta motifsuatu
      Kota
      3.garis garis bentuk diagonal
      Polaberulang
      4. Pahat lengkung / penguku
      Pahatlurus/penyilat
      5.pahat
      6.batang kayu yang di gunakan
      7.pahat kuku
      8.teknik pahat
      9.pahat kuku
      10.1.kuas 2.cat 3.kayu 4.pensil
      5.penghapus

      Delete
  3. Nama:Meza Kurniyati
    Kelas:7.4
    Jawaban soal bagian A
    1.Pintu,tiang,tepian jendela,pagar kayu,lemari,meja.
    2.Sesuai dengan karakteristik bahan kayu.
    3.Motif geometris berkembang dari bentuk titik, garis, atau bidang yang berulang dari pola yang sedderhana sampai pola yang rumit.
    4.mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung.
    5.pahat dan pemukul.
    6.karakteristik bahan kayu.
    7.(Pahat pengot), mata pahat pengot berbentuk miring meruncing dan tajamsebelah.
    8.Teknik pahat.
    9.Pahat ini berbentuk lurus.
    10.Kuas.
    Cat.
    Kayu.
    Pensil.
    Penghapus kalau perlu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Good!

      Lanjutkan tugas bagian B ya.
      Dikerjakan di buku latihan, terus dikumpulkan di grup telegram mapel kelas masing-masing.

      Delete
    2. Nama:Master P Silaban
      Kelas:74

      Bagian B

      1.Ragam Hias
      Flora,FaunaFiguratif,Geometris
      2.Ukiran adalah kegiatan mengolah permukaan suatu objek trimatra dengan membuat perbedaan ketianggian dari permukaan tersebut sehingga didapat imaji tertentu.Mengukir sering dihubung kan dengan memahat
      3.Pahat Kuku (penguku) digunakan untuk mengerjakan bagian yang lengkung,melingkar,membentuk cembung,cekung,ikal,dan pecahan aris maupaun pecahan cawen.
      Pahat Lurus(penyilat)digunakan untuk mengerjakan bagian yang lurus atau rata
      Pahat Lengkung Setengah Bulatan(Kol) digunakan untuk mengerjakan bagian-bagian cekung yang tidak dapat dikerjakan dengan pahat kuku
      Pahat Miring(Pengot) digunakan untuk membersihkan pada sudut selah-selah ukiran dan meraut bagian-bagian yang diperlukan
      4.A.menyiapkan alat dan bahan menggambar ragam hias ukiran
      B.Memilih bentuk ragam hias sebagai objek berkarya
      C.Membuat sketsa pada bahan kayu
      D.Meberikan warna pada hasil gambar
      5.A Menyiapkan bahan dan alat melukis (cat akrilik/cat tembok, kuas, dan palet).
      B. Menyiapkan bahan kayu (papan kayu)
      C. Membuat rancangan gambar ragam hias pada kertas.
      D. Memindahkan gambar rancangan pada permukaan bahan kayu.
      E. Menerapkan cat untuk menyelesaikan gambar ragam hias.
      F. Memberikan lapisan vernis atau cat transparan pada permukaan kayu.

      Delete
    3. Hamidah marsus
      Kelas 7.8
      Senibudaya

      Delete
  4. Nama:Raden khahar zakaria
    Kelas:7.7
    Jawaban soal bagian A
    1.Pintu,tiang,tepian jendela,pagar kayu,lemari,meja.
    2.Sesuai dengan karakteristik bahan kayu.
    3.Motif geometris berkembang dari bentuk titik, garis, atau bidang yang berulang dari pola yang sedderhana sampai pola yang rumit.
    4.mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung.
    5.pahat dan pemukul.
    6.karakteristik bahan kayu.
    7.(Pahat pengot), mata pahat pengot berbentuk miring meruncing dan tajamsebelah.
    8.Teknik pahat.
    9.Pahat ini berbentuk lurus.
    10.Kuas.
    Cat.
    Kayu.
    Pensil.
    Penghapus kalau perlu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Good!

      Lanjutkan tugas bagian B ya.
      Dikerjakan di buku latihan, terus dikumpulkan di grup telegram mapel kelas masing-masing.

      Delete
  5. Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama:Swedo Raharjo Islami
      Kelas:7.3

      1.Rumah,kursi
      2.Tergantung pada kebudayaan masyarakat setempat
      3.Berupa hiasan bentuk-bentuk geometis
      4.Mata pahat mendatar dan melengkung
      5.Pahat,pemukul
      6.Pola dan alur
      7.Miring meruncing dan tajamsebelah
      8.Melukis
      9.Lurus
      10.Cat akrilik,kuas,kayu dan palet

      Delete
    2. Good!

      Lanjutkan tugas bagian B ya.
      Dikerjakan di buku latihan, terus dikumpulkan di grup telegram mapel kelas masing-masing.

      Delete
    3. Nama:tiara
      Kelas:76


      Jawaban soal bagian A

      Delete
    4. Nama:tiara
      Kelas:76

      Jawaban soal bagian A

      1.pintu, tiang, tepian kayu, lemari, dan meja.
      2.sesuai dengan karakteristik bahan kayu.
      3.motif geometris berkembang dari bentuk titik, garis, atau bidang yg berulang dari pola yg sederhana sampai pola yg rumit.
      4.mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung.
      5.pahat dan pemukul.
      6.karakteristik bahan kayu.
      7.(pahat pengot) mata pahat pengot terbentuk miring meruncing dan tajam sebelah.
      8.teknik pahat.
      9.pahat ini berbentuk lurus.
      10.-kuas
      -cat
      -kayu
      -persis
      -penghapus bila perlu

      Delete
    5. Nama:tiara
      Kelas:76

      Jawaban soal bagian A

      1.pintu, tiang, tepian kayu, lemari, dan meja.
      2.sesuai dengan karakteristik bahan kayu.
      3.motif geometris berkembang dari bentuk titik, garis, atau bidang yg berulang dari pola yg sederhana sampai pola yg rumit.
      4.mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung.
      5.pahat dan pemukul.
      6.karakteristik bahan kayu.
      7.(pahat pengot) mata pahat pengot terbentuk miring meruncing dan tajam sebelah.
      8.teknik pahat.
      9.pahat ini berbentuk lurus.
      10.-kuas
      -cat
      -kayu
      -persis
      -penghapus bila perlu

      Delete
  6. Nama:Rizki ilham maulidi
    Kelas:75

    Jawaban soal bagian A

    1.Pintu,tiang,tepian jendela,pagar kayu,lemari,meja.
    2.Sesuai dengan karakteristik bahan kayu.
    3.Motif geometris berkembang dari bentuk titik, garis, atau bidang yang berulang dari pola yang sedderhana sampai pola yang rumit.
    4.mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung.
    5.pahat dan pemukul.
    6.karakteristik bahan kayu.
    7.(Pahat pengot), mata pahat pengot berbentuk miring meruncing dan tajamsebelah.
    8.Teknik pahat.
    9.Pahat ini berbentuk lurus.
    10.-Kuas.
    -Cat.
    -Kayu.
    -Pensil.
    -Penghapus kalau perlu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Good!

      Lanjutkan tugas bagian B ya.
      Dikerjakan di buku latihan, terus dikumpulkan di grup telegram mapel kelas masing-masing.

      Delete
  7. Nama:Afri roni tua pasaribu
    Kelas:7.3

    1.Rumah,kursi
    2.Tergantung pada kebudayaan masyarakat setempat
    3.Berupa hiasan bentuk-bentuk geometis
    4.Mata pahat mendatar dan melengkung
    5.Pahat,pemukul
    6.Pola dan alur
    7.Miring meruncing dan tajamsebelah
    8.Melukis
    9.Lurus
    10.Cat akrilik,kuas,kayu dan palet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Good!

      Lanjutkan tugas bagian B ya.
      Dikerjakan di buku latihan.

      Delete
  8. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama:abdil vladimir akbar
      Kls:7.2
      1.Pintu,tiang,tepian jendela,pagar kayu,lemari,meja.
      2.Sesuai dengan karakteristik bahan kayu.
      3.Motif geometris berkembang dari bentuk titik, garis, atau bidang yang berulang dari pola yang sedderhana sampai pola yang rumit.
      4.mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung.
      5.pahat dan pemukul.
      6.karakteristik bahan kayu.
      7.(Pahat pengot), mata pahat pengot berbentuk miring meruncing dan tajamsebelah.
      8.Teknik pahat.
      9.Pahat ini berbentuk lurus.
      10.-Kuas.
      -Cat.
      -Kayu.
      -Pensil.
      -Penghapus kalau perlu

      Delete
  9. Nama:Yuliya arnelita
    Kelas:7.1



    1.Pintu,tiang,tepian jendela,pagar kayu,lemari,meja.
    2.Sesuai dengan karakteristik bahan kayu.
    3.Motif geometris berkembang dari bentuk titik, garis, atau bidang yang berulang dari pola yang sedderhana sampai pola yang rumit.
    4.mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung.
    5.pahat dan pemukul.
    6.karakteristik bahan kayu.
    7.(Pahat pengot), mata pahat pengot berbentuk miring meruncing dan tajamsebelah.
    8.Teknik pahat.
    9.Pahat ini berbentuk lurus.
    10.-Kuas.
    -Cat.
    -Kayu.
    -Pensil.
    -Penghapus kalau perlu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Good!

      Lanjutkan tugas bagian B ya.
      Dikerjakan di buku latihan.

      Delete
  10. Nama : Ayrien Dwi Ol Liviea
    Kelas : 7.8

    Jawaban :
    1. Pintu, jendela, lemari, kursi, penyanggah seng untuk atap rumah, dan lain-lain
    2. Karekteristik bahan kayu
    3. Titik, garis, atau bidang yang berulang dari pola yang sederhana sampai pola yang rumit.
    4. Mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung.
    5. Alat pahat
    6. Serat kayu atau alur serat
    7. Miring runcing dan tajam
    8. Teknik menggambar
    9. Berbentuk lurus dan rata
    10. Kayu, cat akrilik/cat tembok, kuas, palet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Good!

      Lanjutkan tugas bagian B ya.
      Dikerjakan di buku latihan.

      Delete
  11. 1.tiang,pintu,dan jendela
    2.kebudayaan masyarakat setempat
    3.titik,garis,atau pola yang sederhana
    4.mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung
    5.alat pahat
    6.bahan
    7.melengkung, seperti kuku manusia
    8.teknik melukis
    9.lurus
    10.alat:pahat dan pemukul bahan:kuas,dan cat,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Good!

      Lanjutkan tugas bagian B ya.
      Dikerjakan di buku latihan.

      Delete
  12. Nama:Arin Nandini Syahfitri
    Klas:7.7



    1.tiang,pintu,jendela
    2.batang kayu dan motif
    3.garis garis bentuk diagonal pola berulang
    4.pahat kuku dan pahat lurus
    5.pahat
    6.alat:pisau dan pahat ,teknik:pahat
    7.miring meruncing dan tajam sebelah
    8.pahat
    9.berbentuk lurus
    10.pensil , pewarna bisa cat air ,cat minyak ,cat tembok,pilok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Good!

      Lanjutkan tugas bagian B ya.
      Dikerjakan di buku latihan.

      Delete
  13. Nama: Priska Olifvia
    Kelas:7.4
    Jawaban soal bagian A
    1.tiang,pintu, jendela
    2.batang kayu yang di gunakan,serta motif suatu kota
    3.garis garis, biasanya terdapat pada bahan tekstil maupun kayu
    4.mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung
    5.palu besi, dan batu
    6.batang kayu yang di gunakan
    7.miring meruncing dan tajam sebelah
    8.teknik pahat
    9.berbentuk lurus
    10.Kuas.
    Cat.
    Kayu.
    Pensil.
    Penghapus kalau perlu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama:M.radius Saputra
      Kelas:7.1
      Jawaban soal bagian A
      1.Tiang,pintu,jendela
      2.batang kayu yang di gunakan,serta motif suatu kota
      3.garis garis bentuk diagonal pola berulang
      4.Pahat kuku,pahat lurus
      5.pahat pemukul
      6.batang kayu yang digunakan
      7.miring meruncing dan tajam
      8.teknik pahat
      9.berbentuk lurus
      10.kuas,cat,kayu,pensil,

      Soal jawaban B
      1.ragam hias flora,ragam hias fauna,ragam hias figuratif,ragam hias geomatris
      2.mengukir adalah meegekspresikan hasil buah pikiran kepada pola yg sesuai aas dasar pikiran yang secara spontan
      3.pahat kuku
      Gunanya:mengerjakan bagian yang lengkung ,melingkar,cekung dan pecah Aris maupun cewen
      Paha lurus
      Gunanya:mengerjakan bagian yang lurus dan rata
      Pahat lengkung
      Gunanya:mengerjakan bagian bagian cekung yang tidak dapat di kerjakan dengan pahat kuku
      Pahat miring
      Gunanya:untuk membersikan pada sudut sela sela ukiran dan meraut bagian bagian yg di perlukan
      4.nggetak'ki:proses memindahkan motif/garis ke benda kerja
      INDASARI:proses mencongkel bagian dasar fi luar motif
      MBUKAKI:proses pembentukan pahatan
      5.1.Menyiapkan bahan dan melukis
      2.menyiapkan bahan kayu
      3.membuat rancangan ragam hias pada kertas
      4.memindahkan gambar rancangan pada permukaan bahan kayu
      5.menerapkan cat untuk menyelaraskan gambar ragam hias
      6.memberikan lapisan vernis atau cat transparan pada permukaan kayu

      Delete
  14. Nama:Bima putra Agusti
    Kelas:7.6
    1.tiang,pintu,dan jendela
    2.kebudayaan masyarakat setempat
    3.titik,garis,atau pola yang sederhana
    4.mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung
    5.alat pahat
    6.bahan
    7.melengkung, seperti kuku manusia
    8.teknik melukis
    9.lurus
    10.alat:pahat dan pemukul bahan:kuas,dan cat,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Good!

      Lanjutkan tugas bagian B ya.
      Dikerjakan di buku latihan.

      Delete
  15. Nama : Shafira Dwi Wahyuni
    Kelas : 7.4

    1.Pintu, jendela, kursi, lemari, meja dan
    lainnya.
    2.Kebudayaan masyarakat setempat
    3.Berupa titik, garis atau bidang yang
    berulang dari pola sederhana sampai pola
    yang rumit.
    4.Mata pahat mendatar dan mata pahat
    melengkung.
    5.Pahat dan pemukul.
    6.Karakteristik bahan kayu.
    7.Berbentuk miring meruncing dan tajam
    Sebelah
    8.Teknik melukis
    9.Bentuk Lurus
    10. - Kuas, palet
    - cat akrilik / cat tembok
    - papan kayu
    - membentuk rancangan gambar pada
    Kertas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Good!

      Lanjutkan tugas bagian B ya.
      Dikerjakan di buku latihan.

      Delete
  16. Nama: m.alfarikoh Pratama
    Kelas:7.4
    Jawaban bagian a
    1.pintu.jendela.kursi.meja.rumah.
    2.teegantung dengan karakteristik dan bentuk Kayu
    3.motif giometeiberkembang dari titik garis atau bidang yang berulang dari pola yang sederhana sampai pola yang sulit
    4.pahat mendatar dan melengking
    5.pahat dan pemukul
    6.pola dan alur
    7.miring meruncing dan tajam sebelah
    8.teknik pahat
    9.berbentuk lurus
    10.cat.kias .kayu pensil.penghapus kalau perlu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Good!

      Lanjutkan tugas bagian B ya.
      Dikerjakan di buku latihan.

      Delete
  17. Nama: adhytia Alif muharam
    Kelas: 7.4


    1. Lemari,kursi,meja,dan lain lain
    2. coraknya
    3. Motif geometris berkembang dari bentuk titik, garis, atau bidang yang berulang dari pola yang sedderhana sampai pola yang rumit.

    4. Mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung
    5.pahat dan pemukul
    6.alat atau bahan
    7.Pahat pengot), mata pahat pengot berbentuk miring meruncing dan tajamsebelah
    8.tekhnik pahat
    9.berbentuk lurus dan rata
    10.Cat akrilik, kuas, kayu dan palet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Good!

      Lanjutkan tugas bagian B ya.
      Dikerjakan di buku latihan.

      Delete
  18. Nama:Ananda khoirun nisa
    Kls:72
    Tugas bagian A

    1.pintu.jendela.kursi.meja.rumah.
    2.teegantung dengan karakteristik dan bentuk Kayu
    3.motif giometeiberkembang dari titik garis atau bidang yang berulang dari pola yang sederhana sampai pola yang sulit
    4.pahat mendatar dan melengking
    5.pahat dan pemukul
    6.pola dan alur
    7.miring meruncing dan tajam sebelah
    8.teknik pahat
    9.berbentuk lurus
    10.cat.kias .kayu pensil.penghapus kalau perlu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Good!

      Lanjutkan tugas bagian B ya.
      Dikerjakan di buku latihan.

      Delete
  19. Nama:Lucya Aldrich Ariyes
    Kls:75
    Tugas Bagian A

    1.Meja.
    Kursi.
    Lemari.
    Jendela.
    Gitar.
    Pintu.
    Pantung Pahatan.
    Palu.
    2.tergantung dengan karakteristik dan bentuk kayu
    3.motif Geometri berkembang dari titik garis atau bidang yg berulang dari pola yg sederhana sampai pola yg sulit
    4.mata pahat mendatar dan melengking
    5.Pahat dan pemukul
    6.pola dan alur
    7.miring meruncing,dan tajam sebelah
    8.teknik pahat
    9.berbentuk lurus
    10.Cat,luas,kayu pensil,penghapus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Good!

      Lanjutkan tugas bagian B ya.
      Dikerjakan di buku latihan.

      Delete
  20. Nama: Tasya Adita
    Kelas: 72

    1. Pintu,jendela, kursi,meja.
    2.tergantung dengan karakteristik dan bentuk kayu
    3. Motif geometris berkembang dari titik garis atau bidang yg berulang dari pola yang sederhana sampai pola yg sulit

    4. Pahat mendatar dan melengking
    5. Pahat dan pemukul
    6. pola dan alur
    7. Miring meruncing dan melengkung
    8. Teknik pahat
    9. Berbentuk lurus dan rata
    10.cat, kuas, kayu,pensil, penghapusan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Good!

      Lanjutkan tugas bagian B ya.
      Dikerjakan di buku latihan.

      Delete
  21. Nama: Nurul Anggraini syafiatulula
    Kelas:VII.5

    Jawaban

    1.lemari,meja,kursi,papan iris,dll
    2.pada rancangan sesuai gambar
    3.garis-garis,bentuk diagonal,pola ruangan dll
    4.pahat kuku dan pahat lurus
    5.alat pemukul
    6.batang kayu
    7.berbentuk miring meruncing dan tajam sebelah
    8.teknik pahat
    9.berbentuk lurus
    10.pahat,pemukul,cat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Good!

      Lanjutkan tugas bagian B ya.
      Dikerjakan di buku latihan.

      Delete
  22. nama:Ziddan Gustav kls:7.8
    jawaban A
    1.meja,kursi,rumah adat,pintu,dan lemari
    2.tergantun kepada kebudayaan masyarakat setempat
    3.berupa bentuk bentuk geometri
    4.pahat mendatar dan pahat melengkung
    5.pahat dan pemukul
    6.serat kayu atau alur serat
    7.miring runcing dan tajam
    8.teknik menggambar
    9.berbentuk lurus dan rata
    10.kayu,cat akrilik/cat tembok,kuas palet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Good!

      Lanjutkan tugas bagian B ya.
      Dikerjakan di buku latihan.

      Delete
  23. Nama:iksan daffa
    Kelas:7.6
    Bagian A

    1.pintu.jendela.kursi.meja.rumah.
    2. teegantung dengan huruf dan bentuk Kayu
    3. motif giometeiberkembang dari titik garis atau bidang yang berulang dari pola yang sederhana sampai pola yang sulit
    4.pahat mendatar dan melengking
    5.pahat dan pemukul
    6.pola dan alur
    7.miring meruncing dan tajam sebelah
    8.teknik pahat
    9. bentuk lurus
    10. cat.kias .kayu pensil.penghapus kalau perlu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Good!

      Lanjutkan tugas bagian B ya.
      Dikerjakan di buku latihan.

      Delete
  24. Nama:iksan daffa
    Kelas:7.6
    Bagian A

    1.pintu.jendela.kursi.meja.rumah.
    2. teegantung dengan huruf dan bentuk Kayu
    3. motif giometeiberkembang dari titik garis atau bidang yang berulang dari pola yang sederhana sampai pola yang sulit
    4.pahat mendatar dan melengking
    5.pahat dan pemukul
    6.pola dan alur
    7.miring meruncing dan tajam sebelah
    8.teknik pahat
    9. bentuk lurus
    10. cat.kias .kayu pensil.penghapus kalau perlu

    ReplyDelete
  25. Nama : mozza Dwi Jayanti
    Kelas : 7.3

    Jawaban soal bagian A ( senbud ) :

    1.) Pintu,rumah,tepian jendela.
    2.) Tergantung pada kebudayaan masyarakat setempat.
    3.) Ragam hias geometris adalah ragam hias yang berupa garis dan unsur seperti lurus, lengkung, Zig zag. 
    4.) PAHAT KUKU, PAHAT LURUS.
    5.) Pahat,pemukul.
    6.) Pola dan alur.
    7.) berbentuk miring meruncing dan tajam sebelah.
    8.) Teknik melukis
    9.) Lurus
    10.) Kuas,cat,kayu,pensil,pengapus.

    ReplyDelete
  26. Nama :CHERA ENDI ANGGRAINI
    Kelas :7.1

    Jawaban:
    1.kursi,pintu,meja,lemari,dan jendela.
    2.batang kayu yg digunakan,serta motif suatu kota dan tergantung pada kebudayaan dan kepercayaan masyarakat setempat.
    3.bentuk titik,garis atau bidang yang berulang dari pola yang rumit.
    4.mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung.
    5.pahat dan pemukul.
    6.karakteristik bahan kayu.
    7.miring meruncing dan tajam sebelah.
    8.pahat.
    9.berbentuk lurus atau rata.
    10.kuas,cat,kayu,pensil,penghapus,cat minyak,dan pilok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Good!

      Lanjutkan tugas bagian B ya.
      Dikerjakan di buku latihan.

      Delete
  27. Nama:Alvin pedom prameynata
    Kls:72
    Tugas bagian A

    1.meja,kursi,lemari,dll
    2.Tergantung pada,batang kayu yg sering digunakan serta motif suatu kota(sebagai simbol dari kota tersebut
    3.garis-garis,bentuk diagonal dan pola berulang
    4.mata pahat mendatar dan pahat melengkung
    5.pahat dan pemukul
    6.bahan
    7.miring meruncing dan tajam sebelah
    8.teknik pahat
    9.lurus
    10.pensil,cat,kayu,dan kuas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Good!

      Lanjutkan tugas bagian B ya.
      Dikerjakan di buku latihan.

      Delete
  28. Nama :Davina anja putri
    Kelas:V11.5

    Jawaban bagian A

    1.seperti pintu,jendela,serta perabotan rumah , seperti kursih,lemari dan meja.

    2.Tergantung pada kebudayaan masyarakat setempat.

    3.Berdasarkan bentuk titik,garis,atau bidang yang berulang dari pola yang sederhana sampai pola yang rumit.

    4.mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung.

    5.menggunakan alat pahat.

    6.yang sesuai dengan bahan kayu.

    7.miring meruncing dan tajam sebelah.

    8.teknik melukis.

    9.bentuk lurus.

    10.kuas , cat , kayu , pensil , dan penghapus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Good!

      Lanjutkan tugas bagian B ya.
      Dikerjakan di buku latihan.

      Delete
  29. Nama: putri puspa kartika m
    Kelas: 72


    1. Pintu,jendela,lemari,kursi,penyanggah seng
    untuk atap rumah dan lain-lain
    2. Karekterisrik bahan kayu
    3. Titik. Garis. Atau bidang yang berulang dari pola
    Yang sederhana sampai pola yang rumit
    4. Mata pahat mendatar dan mata pahat
    Melengkung
    5. Alat pahat
    6. Serat kayu atau alur serat
    7. Miring runcing dan tajam
    8. Teknik menggambar
    9. Berbentuk lurus dan rata
    10. Kayu.cat akrilik/cat tembok.kuas.palet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Good!

      Lanjutkan tugas bagian B ya.
      Dikerjakan di buku latihan.

      Delete




  30. Nama salwa oktarinaa
    Vll.5
    Jawaban bagian A

    1.seperti pintu,jendela,serta perabotan rumah , seperti kursih,lemari dan meja.

    2.Tergantung pada kebudayaan masyarakat setempat.

    3.Berdasarkan bentuk titik,garis,atau bidang yang berulang dari pola yang sederhana sampai pola yang rumit.

    4.mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung.

    5.menggunakan alat pahat.

    6.yang sesuai dengan bahan kayu.

    7.miring meruncing dan tajam sebelah.

    8.teknik melukis.

    9.bentuk lurus.

    10.kuas , cat , kayu , pensil , dan penghapus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Good!

      Lanjutkan tugas bagian B ya.
      Dikerjakan di buku latihan.

      Delete
  31. Nama Ria Rama Dona
    Kelas 7.4
    1.pintu. jendela. Kursi meja rumah
    2.yeegantung dengan karakterisitik dan bentuk kayu
    3.motif giomoteiberkembang dari titik garis atau bidang yg berulang dari pola yg sederhana sampai pola yg sulit
    4.pahat mendatar dan melengking
    5.pahat dan pemukul
    6. Pola dan alur
    7.miring meruncing dan tajamsebelah
    8.teknik pahat
    9.berbentuk lurus
    10cat kias kayu
    Pensil penghapus kalau perlu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Good!

      Lanjutkan tugas bagian B ya.
      Dikerjakan di buku latihan.

      Delete
  32. Nama: kasih mutiara sari
    Kelas: 7.8

    Jawaban bagian A

    1.seperti tiang pintu, jendela.Perabotan rumah lemari, meja, kursk

    2.tergantung pada batang kayu yang digunakan, serta motif suatu kota( sebagai simbol suatu)

    3.garis garis bentuk diagonal pola berulang

    4.pahat kuku,( pahat penguku). Pahat lrus,( pahat penyilat)

    5.umunya terbuat dari kayu meskipun masih ada yang menggunakan palu besi dan batu

    6.batang kayu yang digunakan

    7.miring meruncing dan tajam sebelah

    8. Teknik pahat

    9.berbentuk lurus

    10. Kuas, cat, kayu, pensil, penghapus kalo perlu

    1. Seperti ting pintu, jendela

    ReplyDelete
    Replies
    1. Good!

      Lanjutkan tugas bagian B ya.
      Dikerjakan di buku latihan.

      Delete
  33. Nama : Gibriel Deunov
    Kelas : 7.3
    Jawaban bagian A

    1. Pintu,jendela,kursi,lemari,
    meja
    2. Kebudayaan masyarakat setempat
    3. Titik,garis,atau bidang yang berulang dari pola yang sederhana sampai pola yang rumit
    4. Mendatar dan melengkung
    5. Pahat dan pemukul
    6. Karakteristik bahan kayu
    7. Miring
    8. Melukis
    9. Lurus
    10. Kayu,kuaa,cat,pensil,penghapus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Good!

      Lanjutkan tugas bagian B ya.
      Dikerjakan di buku latihan.

      Delete
  34. Nama:Melan Eka Pitri Lestari
    Kelas:7.6

    1.Pintu rumah, tepian jendela,
    Lemati, Kursi, Meja, pagar kayu.
    2.Tergantung Dengan kastaristik dan bentuk kayu
    3.Motif geometri berkembang dari titik garis atau bidang yg berulang dari pola yg sederhana sampai pola yg sulit
    4.Pahat mendatar dan melengkir
    5.Pahat dan pemukul
    6.Pola dan alur
    7.Miring meruncing dan tajam sebelah
    8.Teknik pahat
    9.Berbentuk Lurus 10 kucing kias kayu
    10.Pensil Penghapus kalau perlu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Good!

      Lanjutkan tugas bagian B ya.
      Dikerjakan di buku latihan.

      Delete
  35. Nama:Delpi Agus Tina Putri
    Kelas:7.6 24-02-2021
    Mapel:Seni Budaya

    JAWABAN BAGIAN A

    1.)meja, kursi, lemari, jendela, pintu, perabotan rumah, Dan Lain Lain

    2.) batang kayu yg digunakan,serta motif suatu kota ( sebagai simbol suatu kota ) atau Tergantung pada kebudayaan masyarakat setempat.

    3.)Motif geometris berkembang dari bentuk titik, garis, atau bidang yang berulang dari pola yang sedderhana sampai pola yang rumit.

    4.)mata pahat mendatar dan pahat melengkung

    5.)menggunakan alat pahat

    6.)yang sesuai dengan bahan kayu

    7.)miring meruncing dan tajam sebelah.

    8.)teknik melukis

    9.)Bentuk lurus

    10.)Kuas, Cat, Kayu, Pensil, dan Penghapus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Good!

      Lanjutkan tugas bagian B ya.
      Dikerjakan di buku latihan.

      Delete
  36. Nama: Fadila Nur Shakinah
    Kelas: Vll.5
    Jawaban bagian A

    1.seperti pintu,jendela,serta perabotan rumah , seperti kursih,lemari dan meja.

    2.Tergantung pada kebudayaan masyarakat setempat.

    3.Berdasarkan bentuk titik,garis,atau bidang yang berulang dari pola yang sederhana sampai pola yang rumit.

    4.mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung.

    5.menggunakan alat pahat.

    6.yang sesuai dengan bahan kayu.

    7.miring meruncing dan tajam sebelah.

    8.teknik melukis.

    9.bentuk lurus.

    10.kuas , cat , kayu , pensil , dan penghapus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Good!

      Lanjutkan tugas bagian B ya.
      Dikerjakan di buku latihan.

      Delete
  37. Nama :Rangga Anugrah
    Kelas:7,6
    Mapel:seni-budaya

    Jawaban bagian A

    1:pintuh,rumah,jendela,lemari,meja,kursih,perabotan rumah tangga

    2:tergantung pada kebudayaan masyarakat

    3:berdasarkan bentuk garis titik atau bidang yg berulang dari pola yg sederhana sampai pola yg sulit

    4:bahan pahat dan melengkir

    5:menggunakan alat pahat

    6:pola dan alur

    7:miring meruncing dan tajam

    8:teknik melukis

    9:bentuk lurus

    10:kuas,cat,kayu,pensil,dan penghapus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Good!

      Lanjutkan tugas bagian B ya.
      Dikerjakan di buku latihan.

      Delete
  38. Nama: ayu aljunnil
    Kelas:78

    Jawaban bagian A

    1.pintu,rumah,jendela,lemari,meja,kursi,perabotan rumah tangga

    2tergantung pada kebudayaan masyarakat

    3. Bentuk berdasarkan garis titik Atau bidang yang berulang dari pola ya sederhana sampai pola yang sulit

    4. Bahan pahat dan dan melengkir

    5. Menggunakan alat Bahat

    6. Pola dan alur

    7. Miring meruncing dan tajam

    8. Teknik lukisan

    9. Bentuk lurus

    10. Kuas,cat,kayu,pensil,dan penghapus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Good!

      Lanjutkan tugas bagian B ya.
      Dikerjakan di buku latihan.

      Delete
  39. Nama:william aldi pratama
    Kls :74

    1.tiang,pintu,jendela
    2.batang kayu yang digunakan
    3.titik,garis,bangun
    4.pahat kuku dan pahat lurus
    5.palu besi dan batu
    6.batang kayu
    7.miring runcing dan panjang sebelah
    8.teknik pahat
    9.berbentuk kurus
    10.kuas cat kayu dan penghapus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Good!

      Lanjutkan tugas bagian B ya.
      Dikerjakan di buku latihan.

      Delete
  40. Nama:Aisyah utami putri
    Kelas:7.2
    Tanggal:25.02.2021.

    Jawaban tugas bagian A:

    1.seperti pintu,lemari,meja,kursi,dll

    2.tergantung pada batang kayu yg digunakan,serta motif suatu kota( sebagai simbol suatu kota).

    3.garis garis.
    Bentuk diagonal.
    Pola berulang.

    4.pahat kuku,( pahat penguku)
    Pahat lrus,( pahat penyilat)

    5.alat pahat dan alat pemukul.

    6.batang kayu yg digunakan.

    7.miring meruncing dan tajam sebelah.

    8.teknik pahat.

    9.berbentuk lurus.

    10.1. Kuas
    2. Cat
    3. Kayu
    4. Pensil
    5. Penghapus kalau perlu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Good!

      Lanjutkan tugas bagian B ya.
      Dikerjakan di buku latihan.

      Delete
  41. Nama:FAJAR NUR HIDAYAT
    Kelas:7.8
    Mata pelajaran:Seni Budaya

    Jawaban bagian B

    1.Pintu dan jendela, serta perabotan rumah, seperti kursi,lemari dan meja

    2.Kebudayaan masyarakat setempat

    3.Titik, garis, atau bidang yang berulang dari pola yang sederhana sampai pola yang rumit

    4.Mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung

    5.Pahat dan pemukul

    6.Karakteristik bahan kayu

    7.Miring meruncing dan tajam sebelah

    8.Teknik melukis

    9.Bentuk lurus

    10. Alat dan bahan untuk menggambar pada kayu yaitu bahan (papan kayu), alat melukis yaitu cat akrilik/cat tembok,kuas dan palet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Good!

      Lanjutkan tugas bagian B ya.
      Dikerjakan di buku latihan.

      Delete

  42. Nama:Sucelsi adriani
    Kls:7.7
    Jawaban soal bagian A
    1.Pintu,tiang,tepian jendela,pagar kayu,lemari,meja.
    2.Sesuai dengan karakteristik bahan kayu.
    3.Motif geometris berkembang dari bentuk titik, garis, atau bidang yang berulang dari pola yang sedderhana sampai pola yang rumit.
    4.mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung.
    5.pahat dan pemukul.
    6.karakteristik bahan kayu.
    7.(Pahat pengot), mata pahat pengot berbentuk miring meruncing dan tajamsebelah.
    8.Teknik pahat.
    9.Pahat ini berbentuk lurus.
    10.Kuas.
    Cat.
    Kayu.
    Pensil.
    Penghapus kalau perlu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Good!

      Lanjutkan tugas bagian B ya.
      Dikerjakan di buku latihan.

      Delete
  43. Nama:Jonathan william fernando
    Kelas:7.6



    1. Tiang,pintu dan jendela
    2.kebudayaan masyarakat setempat
    3.garis-garis,bentuk diagonal,dan pola berulang
    4.mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung
    5.alat pahat
    6.bahan
    7.berbentuk miring meruncing dan tajam sebelah
    8.teknik melukis
    9.lurus
    10.alat:pahat,dan pemukul
    Bahan:kuas dan cat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Good!

      Lanjutkan tugas bagian B ya.
      Dikerjakan di buku latihan.

      Delete
  44. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  45. Nama: Bintang andikha pratama
    Kelas:76
    Mapel:seni budaya

    Jawaban bagian A

    1.pintu,jendela,meja,kursi

    2.batang kayu yg digunakan

    3.garis garis,bentuk diagonal,pola berulang

    4.PAHAT KUKU,Pahat Penguku,PAHAT LURUS,Pahat Penyilat

    5.alat pahat

    6.batang kayu

    7.miring meruncing dan tajam sebelah

    8.teknik pahat

    9.lurus

    10.Kuas.
    Cat.
    Kayu.
    Pensil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Good!

      Lanjutkan tugas bagian B ya.
      Dikerjakan di buku latihan.

      Delete
  46. Nama:dewi mutiara suci
    Kelas:7.7

    Jawaban soal bagian A.

    1.Pintu ,jendela, kursi lemari dan meja
    2.tergantung pada kebudayaan masyarakat setempat
    3.Motif geometris berkembang dari bentuk titik, garis, atau bidang yang berulang dari pola yang sedderhana sampai pola yang rumit.
    4.mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung
    5.pahat dan pemukul
    6.pola dan alur
    7.pahat pengot berbentuk miring meruncing dan tajamsebelah
    8.teknik pahat
    9.bentuk lurus
    10.cat akrilik/cat tembok, kuas, dan palet.

    ReplyDelete
  47. Nama:Gilang yenanda putra
    Kelas:7.5

    Jawaban bagian A

    1.pintu,lemari,kursi
    2.tergantung pada batang kayu Yg digunakan
    3.garis dan unsure sperti lurus,lengkung,zig zag
    4.pahat Juju(pahat penguku2) dan pahat Lurus (pahat penyilat1)
    5.alat pemukul yg terbuat dari bahan kayu dan Ada juga dari palu besi dan Batu
    6.alat dan bahan yg di gunakan
    7.miring meruncing dan tajam sebelah
    8.melukis/menggambar
    9.berbentuk lurus
    10.kuas,cat,kayu,pensil,penghpus jika di perlukan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Good!

      Lanjutkan tugas bagian B ya.
      Dikerjakan di buku latihan.

      Delete
  48. Widiya Arida putri
    Kls.78

    Jawaban A
    1.pintu tiang, tepian jendela pagar kayu,lemari,meja
    2.sesuai dengan bahan kayu
    3.motif geometris berkembang dari bentuk titik garis atau bidang yg berulang dari pola yg sederhana sampai pola yg rumit.
    4.mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung.
    5.pahat dan pemukul.
    6.karakteristik bahan kayu.
    7.pahat pengot,mata pahat pengot berbentuk miring,meruncing dan tajam sebelah.
    8.tehnik pahat.
    9.oahat ini berbentuk lurus.
    10.kuas,cat kayu,pensil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Good!

      Lanjutkan tugas bagian B ya.
      Dikerjakan di buku latihan.

      Delete
  49. Nama :lola Olivia
    Kelas:7,6
    Mapel:seni budaya
    J

    ReplyDelete
  50. Nama:lola Olivia
    Kelas:7,6
    Mapel:seni budaya
    Jawaban A
    1.pintu tiang, tepian jendela pagar kayu, lemari, meja
    2.sesuai dengan bahan kayu
    3. motif geometris berkembang dari bentuk titik garis atau bidang yang berulang dari pola yang sederhana sampai pola yang rumit.
    4.mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung.
    5.pahat dan pemukul.
    6.karakteristik bahan kayu.
    7.pahat pengot, mata pahat pengot berbentuk miring, tajam dan tajam sebelah.
    8. tehnik pahat.
    9.oahat ini berbentuk lurus.
    10. kuas, cat kayu, pensil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Good!

      Lanjutkan tugas bagian B ya.
      Dikerjakan di buku latihan.

      Delete
  51. Nama:gustinievika
    Kelas:7.8
    Mapel:seni budaya

    Jawaban A
    1.pintu tiang, tepian jendela pagar kayu, lemari, meja
    2.sesuai dengan bahan kayu
    3. motif geometris berkembang dari bentuk titik garis atau bidang yang berulang dari pola yang sederhana sampai pola yang rumit.
    4.mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung.
    5.pahat dan pemukul.
    6.karakteristik bahan kayu.
    7.pahat pengot, mata pahat pengot berbentuk miring, tajam dan tajam sebelah.
    8. tehnik pahat.
    9.oahat ini berbentuk lurus.
    10. kuas, cat kayu, pensil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Good!

      Lanjutkan tugas bagian B ya.
      Dikerjakan di buku latihan.

      Delete
  52. Nama:nabila sabrina azzahra
    Kelas:72
    mapel:seni budaya

    1.kayu dapat di ukir dengan beberapa motif,yaitu flora,fauna dll,bahan kayu yg keras dan tak mudah patah sangat cocok di gunakan untuk ukiran

    2.ragam hias geometri,kayu di bentuk dengan bentuk geometri ragam hias figuratif

    3.mengidentifikasi teknik penerapan ragam hias pada media tekstil

    4.seni ukir dan pahat di sertai dengan,

    Cara yang digunakan dalam teknik ini yaitu dengan cara mengurangi bahan sedikit demi sedikit dengan menggunakan alat pahat sampai dengan tercipta barang yang diinginkan. Dan material yang digunakan pada teknik ini adalah berbahan dasar keras seperti batu, kayu, dll

    ReplyDelete
    Replies
    1. Good!

      Lanjutkan tugas bagian B ya.
      Dikerjakan di buku latihan.

      Delete
  53. Nama: exeleri maruka putra
    Kelas:7.8

    Jawaban soal bagian a

    1.pintu,jendela dan tiang.
    2.tergantung pada kebudayaan masyarakat setempat.
    3.motif geometris berkembang dari bentuk titik,garis,atau bidang yang berulang dari pola yang sederhana sampai pola yang rumit.
    4.mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung.
    5.pahat dan pemukul .
    6.karakteristik bahan kayu.
    7.miring meruncing dan tajam sebelah.
    8.melukis.
    9.lurus.
    10.cat akrilik,kayu,kuas,dan palet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Good!

      Lanjutkan tugas bagian B ya.
      Dikerjakan di buku latihan.

      Delete
  54. Nama jovi surya purnanda
    Kelas 7.8
    Mata pelajaran seni budaya


    Jawaban A
    1.pintu tiang, tepian jendela pagar kayu, lemari, meja
    2.sesuai dengan bahan kayu
    3. motif geometris berkembang dari bentuk titik atau bidang yang berulang dari pola yang sederhana sampai pola yang rumit.
    4.mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung.
    5.pahat dan pemukul.
    6.karakteristik bahan kayu.
    7.pahat pengot, mata pahat pengot berbentuk miring, tajam dan tajam sebelah.
    8. tehnik pahat.
    9.oahat ini berbentuk lurus.
    10. kuas, cat kayu, pensil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Good!

      Lanjutkan tugas bagian B ya.
      Dikerjakan di buku latihan.

      Delete
  55. Nama:indah kasih mira ardella
    Kelas:7.4
    Mata pelajaran:Senibudaya

    Jawaban soal bagian A
    1.tiang,pintu, jendela
    2.batang kayu yang di gunakan,serta motif suatu kota
    3.garis garis, biasanya terdapat pada bahan tekstil maupun kayu
    4.mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung
    5.palu besi, dan batu
    6.batang kayu yang di gunakan
    7.miring meruncing dan tajam sebelah
    8.teknik pahat
    9.berbentuk lurus
    10.Kuas.
    Cat.
    Kayu.
    Pensil.
    Penghapus kalau perlu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Good!

      Lanjutkan tugas bagian B ya.
      Dikerjakan di buku latihan.

      Delete
  56. Nama :Valen Pratama
    Kls : 7.8
    Mapel : seni budaya
    Jawaban A
    1.Pintu, tiang, tepian jendela, pagar kayu, lemari, meja.
    2. Sesuai dengan bahan kayu.
    3. Motif geometris berkembang dari bentuk titik, garis, atau bidang yang berulang dari pola yang sedderhana sampai pola yang rumit.
    4.mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung.
    5.pahat dan pemukul.
    6.karakteristik bahan kayu.
    7. (Pahat pengot), mata pahat pengot berbentuk miring meruncing dan tajamsebelah.
    8. Teknik pahat.
    9. Pahat ini berbentuk lurus.
    10. Kuas.
    Kucing.
    Kayu.
    Pensil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Good!

      Lanjutkan tugas bagian B ya.
      Dikerjakan di buku latihan.

      Delete
  57. Nama:Viona Fronicha
    kelas:7.8

    jawaban bagian A.
    1.kursi,pintu,lemari,meja
    2.tergantung pada karakteristik bahan kayu dan kebudayaan masyarakat setempat
    3.berupa bentuk titik, garis, atau bidang yang berulang dari pola yang sederhana sampai pola yang rumit
    4.mata pahat mendatar dan melengkung
    5.pahat dan pemukul
    6.pola dan alur
    7.miring meruncing dan tajam sebelah
    8.melukis
    9.lurus
    10.cat,kuas,kayu,pensil,dan palet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Good!

      Lanjutkan tugas bagian B ya.
      Dikerjakan di buku latihan.

      Delete
  58. Nama: Jastin evander
    Kelas: 7.2
    Jawaban soal bagian A
    1.Pintu, tiang, tepian jendela, pagar kayu, lemari, meja.
    2. Sesuai dengan bahan kayu.
    3. Motif geometris berkembang dari bentuk titik, garis, atau bidang yang berulang dari pola yang sedderhana sampai pola yang rumit.
    4.mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung.
    5.pahat dan pemukul.
    6.karakteristik bahan kayu.
    7. (Pahat pengot), mata pahat pengot berbentuk miring meruncing dan tajamsebelah.
    8. Teknik pahat.
    9. Pahat ini berbentuk lurus.
    10. Kuas.
    Kucing.
    Kayu.
    Pensil.
    Penghapus kalau perlu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Good!

      Lanjutkan tugas bagian B ya.
      Dikerjakan di buku latihan.

      Delete
  59. NAMA:M.Thoriq al faruqi
    kls:7.5
    1.kharakteristik bahan kayu.
    2.(pahat pengot), Mata pahatpengotberbentuk miring meruncing dan tajam sebela.
    3.tejnik pahat.
    4.pahat ini berbentuk lurus.
    5.kuas.
    kucing.
    kayu.
    pensil.
    penghapus kalau perlu.

    ReplyDelete
  60. Nama:Ery Silvia Gusnita
    Kelas:7.3

    1.Tiang, Pintu rumah,Tepian Jendela, Meja, lemari.
    2.tergantung pada batang kayu yg digunakan,serta motif suatu kota ( sebagai simbol suatu kota ).
    3.Motif geometris berkembang dari bentuk titik, garis, atau bidang yang berulang dari pola yang sedderhana sampai pola yang rumit.
    4.PAHAT KUKU, (Pahat Penguku). PAHAT LURUS, (Pahat Penyilat).
    5.pahat dan pemukul.
    6.batang kayu.
    7.Mata pahat pengot berbentuk miring meruncing dan tajam sebelah.
    8.teknik lukis.
    9.saat ini berbentuk lurus, gunanya pahat lurus digunakan untuk mengerjakan bagian yang lurus , rata .
    10.Kuas
    Cat
    Kayu
    Pensil
    Penghapus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Good!

      Lanjutkan tugas bagian B ya.
      Dikerjakan di buku latihan.

      Delete
  61. Nama: Muhammad Rifkhan Al Habsyi
    KLS:7,6

    1.pintu,jendela,kerajinan tangan tempat tidur, tiang.
    2.Sesuai dengan karakteristik bahan kayu atau sesuai dengan keinginan motif yang telah di seketrakan.
    3.Motif geometris berkembang dari bentuk titik, garis, atau bidang yang berulang dari pola yang sedderhana sampai pola yang rumit.
    4.mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung.
    5.pahat dan pemukul.
    6.karakteristik bahan kayu.
    7.(Pahat pengot), mata pahat pengot berbentuk miring meruncing dan tajamsebelah.
    8.Teknik pahat.
    9.Pahat ini berbentuk lurus.
    10.Kuas.
    Cat.
    Kayu.
    Pensil.
    Penghapus kalau perlu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Good!

      Lanjutkan tugas bagian B ya.
      Dikerjakan di buku latihan.

      Delete
  62. NAMA:M.Ramadhan Adriano
    KLS :7.5
    JAWABAN BAGIAN (A)
    1.seperti pintu dan jendela, serta perabotan rumah, seperti kursi, lemati dan meja.
    2.tergantung pada kebudayaan masyarakat setempat.
    3.dari bentuk titik, garis, atau bidang yang berulang dari pola yang sedderhana sampai pola yang rumit.
    4.yaitu maya pahat mendatar dan mata pahat melengkung.
    5.kayu,pahat,dan alat pemukul
    6.yang sesuai dengan karakteristik bahan kayu.
    7.tajam sebelah
    8.melukis.
    9.lurus
    10.cat akrilik/cat tembok, kuas, dan palet,Menyiapkan bahan kayu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Good!

      Lanjutkan tugas bagian B ya.
      Dikerjakan di buku latihan.

      Delete
  63. Nama. aditya dwi saputra
    Kls 7.6
    1 pintu jendelah dan perabotan rumah tangga
    2.Kebudayaan masyarakat setempat
    3.titik .Garis atau bidang yang Berulang ulang dari pola Yang Sedarhana sampai pola Yang rumit
    4.mata pahat mendatar dan mata pahat Melengkung
    5.pahat dan pemukul
    6. Bahan baku
    7. Miring meruncing dan tajam Sebela
    8.melukis
    9. Lurus
    10.kaus kucing kayu pensil

    ReplyDelete
  64. Nama:Muhammad Rafli Alfarezi
    Kelas:7.3

    1.pintu,jendela dan tiang.
    2.tergantung pada kebudayaan masyarakat setempat.
    3.motif geometris berkembang dari bentuk titik,garis,atau bidang yang berulang dari pola yang sederhana sampai pola yang rumit.
    4.mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung.
    5.pahat dan pemukul .
    6.karakteristik bahan kayu.
    7.miring meruncing dan tajam sebelah.
    8.melukis.
    9.lurus.
    10.cat akrilik,kayu,kuas,dan palet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Good!

      Lanjutkan tugas bagian B ya.
      Dikerjakan di buku latihan.

      Delete
  65. Nama:Rain Delizky
    Kelas7.6
    1.tiang,pintu,jendela
    2.batang kayu yang di gunakan
    3.Motif geometris berkembang dari bentuk titik, garis, atau bidang yang berulang dari pola yang sedderhana sampai pola yang rumit.
    4.mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung
    5.pahat dan pemukul
    6.batang kayu yang di gunakan
    7.mata pahat pengot berbentuk miring meruncing dan tajam sebelah.
    8.menggunakan teknik mengecat
    9.berbentuk lurus
    10.kuas,cat,kayu,

    ReplyDelete
  66. Nama:Mutia marlina
    Kelas:78

    Jawaban bagian A
    1.menyiapkan alat dan bahan untuk mengukir kayu
    2.melihat bentuk ragam hias yang akan diukir
    3.membuat sketsa ragam hias pada bahan kayu
    4.mengukir kayu sesuai sketsa gambar yang telah dibuat
    5.menghaluskan bagian-bagian ukiran dengan menggunakan amplas agar permukaan ukiran lebih halus
    6.memberikan sentuhan akhir pada hasil ukiran, biasanya menggunakan silak agar serat kayu ukiran tetap tampak
    7.setelah media kayu diukir,media tersebut diwarnai sedemikian rupa agar jadi lebih indah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Good!

      Lanjutkan tugas bagian B ya.
      Dikerjakan di buku latihan.

      Delete
  67. Nama :galuh surya dhaniarsa
    Kls:7.2

    1.pintu,jendela dan tiang.
    2.tergantung pada kebudayaan masyarakat setempat.
    3.motif geometris berkembang dari bentuk titik,garis,atau bidang yang berulang dari pola yang sederhana sampai pola yang rumit.
    4.mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung.
    5.pahat dan pemukul .
    6.karakteristik bahan kayu.
    7.miring meruncing dan tajam sebelah.
    8.melukis.
    9.lurus.
    10.cat akrilik,kayu,kuas,dan palet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Good!

      Lanjutkan tugas bagian B ya.
      Dikerjakan di buku latihan.

      Delete
  68. Nama:Tiara Diva
    Kelas:7⁸

    Bagian A
    1.Tiang, Pintu rumah,Tepian Jendela, Meja, lemari.
    2.tergantung pada batang kayu yg digunakan,serta motif suatu kota ( sebagai simbol suatu kota ).
    3.Motif geometris berkembang dari bentuk titik, garis, atau bidang yang berulang dari pola yang sedderhana sampai pola yang rumit.
    4.PAHAT KUKU, (Pahat Penguku). PAHAT LURUS, (Pahat Penyilat).
    5.pahat dan pemukul.
    6.batang kayu.
    7.Mata pahat pengot berbentuk miring meruncing dan tajam sebelah.
    8.teknik lukis.
    9.saat ini berbentuk lurus, gunanya pahat lurus digunakan untuk mengerjakan bagian yang lurus , rata .
    10.Kuas
    Cat
    Kayu

    ReplyDelete
  69. Good!

    Lanjutkan tugas bagian B ya.
    Dikerjakan di buku latihan.

    ReplyDelete
  70. Senin merupakan salah satu jalan untuk mengasah kreativitas, Bu. Rasa puas itu mencul tatkala kita sudah berhasil menyelesaikan sebuah karya seni.

    ReplyDelete
  71. Suka banget liat hiasan dari kayu, lebih seneng lagi kalo ada yang ngasih karena kalo beli harganya lumayan hehe Tapi tetep kagum banget ama orang yang berbakat di seni hias.

    ReplyDelete
  72. Asik belajar kerajinan, aku kurang punya bakat mbak tapi suka aja gitu

    ReplyDelete
  73. Nama = Adli Ar rahman
    kelas = 7.7
    bagian A
    1.Pintu, tiang, tepian jendela, pagar kayu, lemari, meja.
    2. Sesuai dengan bahan kayu.
    3. Motif geometris berkembang dari bentuk titik, garis, atau bidang yang berulang dari pola yang sedderhana sampai pola yang rumit.
    4.mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung.
    5.pahat dan pemukul.
    6.karakteristik bahan kayu.
    7. (Pahat pengot), mata pahat pengot berbentuk miring meruncing dan tajamsebelah.
    8. Teknik pahat.
    9. Pahat ini berbentuk lurus.
    10. Kuas.
    Kucing.
    Kayu.
    Pensil.
    Penghapus kalau perlu.

    ReplyDelete
  74. mantap ini pelajarannnya jadi bisa dapat ide juga saya, mantap buk guru

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ide muncul karena tuntutan kondisi dan profesi mak.....
      Semoga bermanfaat

      Delete
  75. Keren nih... cara pengajaran bu guru..
    Selain bikin siswa2 melek sama blog, pemilik blog dapet manfaat juga... keren 👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ide muncul kareba tuntutan prosesi dek hihihi

      Delete
  76. Nama: Nurul anisyah
    Kelas:7.3
    Bagian A
    1.pintu,jendela dan perabotrumah
    2.kebudayaan masyarakat setempat
    3.bentuk titik garis atau bidang yang berulang dari pola yang sederhana sampai pola yang rumit
    4.mata pahat mendatar dan mata pahat melengkung
    5.proses membentuk cekungank dan tonjolan pada permukaan kayu dengan alat pahat sehingga menghasilkan ragam hias tertentu
    6.kerajinan dan batang kayu yang digunakan
    7.miring meruncing dan tajam sebelah
    8.melukis
    9.lurus atau rata
    10.cat akrilik atau cat tembok, kuas ,dan palet ,papan kayu membuat rancangan gambar ragam hias pada kertas ,memindahkan gambar rancangan pada permukaan bahan kayu, menetapkan cat untuk menyelesaikan gambar ragam hias ,memberikan lapisan vernis atau cat transparan pada permukaan kayu.

    ReplyDelete
  77. Nama:Aril Ramadan Saputra
    Kelas 7,3
    Bagian A
    1.pintu jendela perabotan rumah serta lemari pakaian
    2.tergantung pada bahan kayu yg digunakan
    3.motif geometris dari titik-titik atau bidang yang berulang dari pola rumit
    4.jenis mata pahat untuk mengukir adalah pahat kuku pahat lurus (pahat penyilat
    5.pahat dan pemukul
    6.kerajinan bahan kayu yg digunakan
    7.Pahat pengot
    8.teknik melukis
    9.pahat ini yang berbentuk lurus dan rata
    10.kuas cat dan kayu dan cat akrilik

    ReplyDelete
  78. Ragam hias pada kayu ini unik bgt ya Mbk. Algkah baiknya kl bisa berkreasi sndiri, psti lbh seru.

    ReplyDelete

Hello pembaca yang sholeh dan sholehah
Terima kasih ya, telah mampir dan baca tulisanku di blog www.firakahar.com ini.

Alhamdulillah wa syukrulillah aku bisa jumpai pembaca dengan menulis di blog, kalaulah ada tulisanku bermanfaat bagin pembaca, jangan sungkan dan ragu untuk di share, follow dan di coment ya.

Aku senang dan bahagia jika ada kritik ataupun masukan yang membangun terhadap tulisan-tulisanku di blog ini.

Jika ada kesempatan untuk bekerjasama boleh hubungi hp/wa-ku: 8117306556, by email_ku: mfwkk@yahoo.com

see you
regard from me
FIRA KAHAR

Auto Post Signature

Auto Post  Signature