Ibu adalah sekolah utama, bila engkau mempersiapkannya, maka engkau telah mempersiapkan generasi terbaik.

7 LANGKAH INPUT NILAI E-RAPORT DENGAN BAIK DAN CEPAT

Wednesday, December 22, 2021

Musfirawati, M.Pd 

Wakil kepala SMPN 21 Kota Bengkulu Bidang Kurikulum



Assalamu'alaikumWr. Wb.


E-RAPOR     

        Penerapan e-rapor pada sekolah tingkat SMP dan SMA sudah dimulai sejak tahun 2018. Sedangkan di sekolahku SMPN 21 Kota Bengkulu, baru menerapkan e-rapor di tahun ini 2021. Secara planing sekolah, e-rapor sudah mau digunakan sejak awal tahun dimulai e-rapor. Akan tetapi terdapat beberapa kendala secara teknis terjadi dilapangan sehingga e-rapor baru bisa diterapkan di tahun pelajaran 2021-2022.

    

SDM MAMPU IT       

        Dari segi kemampuan sumber daya manusianya yakni guru dan staf di SMPN 21 tidak ada kendala dalam merespon hal-hal baru yang berhubungan dengan IT atau digitalisasi. Insyaallah SDM yang ada siap untuk melakukan perubahan sistem pendidikan yang milineal. Data hasil wawancara kemampuan SDM yang ada di SMPN 21 Kota Bengkulu terhadap IT terdapat 95% SDM yang ada bisa menggunakan komputer dengan baik.

        

TUJUAN E_RAPOR       

        Penerapan e-rapor ini pada prinsipnya adalah untuk lebih menanamkan integritas bagi para guru dalam memberikan penilaian hasil belajar siswa di kelas. Integritas yang tinggi terhadap tugas yang ada, kalau memang nilai siswa itu baik, ya baik. Sedangkan kalau nilai siswa tidak bagus itu berarti proses belajarnya yang harus diperbaiki, bukan nilai yang diperbaiki.

        

        E-rapor tujuannya bukan saja menjaga integritas guru dalam pemberian nilai, tetapi juga membangun akuntabilitas sekolah. Aplikasi e-rapor ini sudah terintegrasi dngan aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik) yang ada di Kemendikbud.

        

        Data yang ada sudah langsung disingkonkan dengan Dapodik yang ada di Dikdasmen. Misalnya di SMPN 21 nama Fira nilainya 6 maka itu memotret kondisi riil siswanya. nilai yang sudah terekam oleh Dapodik tidak bisa dirubah ataupun diedit lagi.


RENCANAKAN DENGAN BAIK       

Tiga hari dari tanggal 9 sampai tgl 11 Desember 2021. input nilai e-rapor siswa-siswi smpn 21 tuntas tas tas dengan sempurna. Disaat yang sama sekolah lain pada belum memulai input nilai dikarenakan adanya perubahan kebijakan tentang waktu pembagian rapor dan ketentuan waktu libur semester ganjil dari pemerintahan pusat. Kondisi ini yang membuat banyak sekolah-sekolah yang mengundur penjadwalan input nilai e-rapor. Sedangkan di SMPN 21 tetap dengan jadwal yang telah dirancang oleh kurikulum sebulan sebelumnya. Alhamdulillah kamipun bisa melaksanakan agenda lainnya yakni In House Training peningkatan mutu guru dalam proses KBM dan evaluasi hasil belajar siswa.


7 LANGKAH INPUT E_RAPOR DENGAN CEPAT

            Ada beberapa hal yang menjadi catatan penting bagi kami bidang kurikulum sekolah sehingga dapat mencapai target kinerja sesuai planing kurikulum sekolah, terkhusus dalam menginput nilai e-rapor:

1. Melakukan rancangan proses KBM dan Evaluasi Hasil Belajar siswa secara bersama-sama oleh semua guru, staf dan pemberi kebijakan atau pihak pimpinan sekolah.

2. Semua pihak, pimpinan, guru, staf dan siswa akan berkomitmen melakukan proses KBM dengan baik seperti yang sudah dirancang bersama.

3.  Kepala sekolah dalam hal ini diwakili oleh wakil bidang kurikulum melakukan kontroling proses KBM setiap satu bulan, yakni melakukan penagihan nilai bulanan siswa, baik nilai pengetahuan maupun nilai keterampilan kepada semua guru bidang studi setiap jenjangnya.

4. Hasil Belajar siswa, didokumentasikan dengan baik oleh guru mata pelajaran, wali kelas, guru BK dan bidang kurikulum, sesuai dengan format yang telah di rancang sehingga disaat input nilai e-rapor guru mata pelajaran bisa melakukan impor nilai dengan baik dan cepat.

5. Setiap Hasil belajar siswa yakni nilai bulanan siswa, guru mata pelajaran mengevaluasi siswa yang nilainya masih rendah atau di bawah KKM sehingga siswa tersebut di panggil dan dicari permasalahan kenapa nilainya masih rendah masih dibawa KKM. Siswa dipanggil untuk melakukan remedial atau perbaikan proses belajar dan diambil nilai kembali. Masalah siswa tersebut dikomunikasikan ke wali kelas dan guru BK, jika masalahnya sudah luamayan berat maka dilakukan pemanggilan orang tua atau wali siswa untuk dibicarakan solusi secara bersama untuk kebaikan masa depan pendidikan siswa tersebut.

6. Teknis pengisian e-rapor dilakukan dengan cara kerjasama yang baik dan kompak diantara pimpinan, guru, staf TU, Operator, teknisi komputer dan teknisi jaringan, serta semua warga sekolah.

7. Nilai e-rapor diisi bersama-sama sesuai jadwal yang ada. Kita laksanakan dengan enjoy dan happy, dengan niat yang ikhlas melaksanakan kinerja sebagai pendidik, tenaga kependidikan atau ASN yang profesional.


        Nah....itulah 7 langkah yang telah kami lakukan di SMPN 21 Kota Bengkulu dalam melaksanakan penginputan hasil belajar siswa di aplikasi e-rapor.


Semoga bermanfaat yaa.....

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Post Comment
Post a Comment

Hello pembaca yang sholeh dan sholehah
Terima kasih ya, telah mampir dan baca tulisanku di blog www.firakahar.com ini.

Alhamdulillah wa syukrulillah aku bisa jumpai pembaca dengan menulis di blog, kalaulah ada tulisanku bermanfaat bagin pembaca, jangan sungkan dan ragu untuk di share, follow dan di coment ya.

Aku senang dan bahagia jika ada kritik ataupun masukan yang membangun terhadap tulisan-tulisanku di blog ini.

Jika ada kesempatan untuk bekerjasama boleh hubungi hp/wa-ku: 8117306556, by email_ku: mfwkk@yahoo.com

see you
regard from me
FIRA KAHAR

Auto Post Signature

Auto Post  Signature