Total Tayangan Halaman

MA'HAD AL JAMI'AH UIN FATMAWATI SUKARNO PUTRI BENGKULU
MA'HAD AL JAMI'AH UIN FATMAWATI SUKARNO PUTRI BENGKULU

MA'HAD AL JAMI'AH UIN FATMAWATI SUKARNO PUTRI BENGKULU

- +


Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Putri Bengkulu memiliki ma'had atau pondok khusus tempat mahasantri baik putri dan putra menghafal Al-Qur'an, yakni Ma'had Al- Jami'ah UIN FAS Bengkulu. Berlokasi di dalam kampus, ada asrama khusus mahasantri putri dan asrama mahasantri putra. Mahasantrinya berasal dari semua fakultas yang ada di UIN, ada yang dari fakultas Tarbiyah, fakultas Syari'ah, fakultas Ushuludin dan fakultas Ekonomi dan Perbangkan Islam. Siapapun mahasiswa yang berminat dan berkeinginan menghafal Qur'an akan dibina dan dibimbing oleh musyrif dan  musyrifah yang berkompeten dibidangnya. Sebelum masuk asrama Ma'had, mahasiswa melewati seleksi terlebih dahulu, baik seleksi bidang wawasan umum dan kemampuan membaca serta menghafal Al-Qur'an masing-masing calon santri.




Selain menghafal Al-Qur'an, banyak sekali kegiatan-kegiatan mahasantri lainnya, diantaranya mengkaji tafsir Qur'an, mengkaji hadist, Khatam Qur'an minimal satu kali dalam seminggu, mengkaji kitab, sholat berjama'ah lima waktu setiap hari, Sholat sunat malam, Sholat Dhuha, shaum sunnah, iftor jama'i, muhadhoroh, marawis, berzanji, hadro bersyalawat, senam sehat, bela diri, dan kegiatan lainnya.



yang memilih untuk tinggal di dalam ma'had sangatlah beruntung, selain bisa belajar dan mengerjakan tugas perkuliahan dengan baik, mahsiswa tersebut dapat memiliki keahlian-keahlian lainnya. Keberuntungan yang paling beruntung bagi mahasiswa yang tinggal di ma'had adalah mahasiswa tersebut mendapat teman dan berada di lingkungan atau komunitas orang baik semua, yakni para penghafal Al-Qur'an.



Malam ini, Jum'at, 21 Januari 2022, Ma'had Al-Jami'ah UIN FAS Bengkulu mengadakan syukuran akhir semester dan pembagian reward bagi para mahasiswa yang terbaik hafalan qur'annya. Terdapat mahasantri terbaik hafalan qur'annya di semester satu, terbaik hafalan qur'an mahasiswa di semester tiga, terbaik hafalan masiswa di semester lima dan terbaik hafalan qur'an mahasiswa di semester tujuh. Semua mahasiswa yang terbaik hafalannya di masing-masing semester, malam ini mendapat reward dari bapak Rektor UIN PAS Bengkulu. Tidak mau ketinggalan bapak Kepala Biro AUAK UIN PAS Bengkulu memberikan reward secara spontan sebesar Rp.5.000.000 terkhusus mahasiswa yang tertinggi hafalan qur'annya diperiode ini yakni sebanyak 21 Juz oleh mahasiswa jurusan Tafsir Qur'an Fakultas Ushuludin yakni Permata Puncak Siregar. Dari Pembatu rektor 3 menginformasikan bahwa ada beasiswa khusus penghafal Al-Qur'an setiap tahunnya bagi mahasiwa-mahasiswi UIN FAS Bengkulu yang sudah memiliki hafalan yang mutkin.




Setiap pagi Jum'at ada program mengkhatamkan Al-Qur'an dari jam 07.00 - 09.00, yang diikuti oleh semua santri ma'had putra dan putri, para dosen dan pegawai UIN yang waktunya lapang dari tugas dan tidak ada jam mengajar pada waktunya. Semua bersinergi mensukseskan program-program yang sudah dirancang dan disepakati sebelumnya.



Program yang tak kalah unggulnya ada di Ma'had Al-jami'ah, yakni belajar tilawah Mujawwad. Program ini rutin dilaksanakan setiap hari senin di sor3 hari, yang dibimbing oleh Al-Ustadz Dori Setiawaan, M.pd, sebagai Qori' tingkat nasional yang sangat ahli dibidangnya.




Mudir Ma'had UIN PAS Bengkulu, yakni Bapak DR. H. Rozian karnedi, M.Ag, selalu menampung dan memfasilitasi semua ide, saran dan kritik untuk kemajuan Ma'had Al-Jami'ah. Semoga Ma'had ini akan semakin dikenal dimasyarakat luas, sehingga menjadi daya tarik yang mempesona, terpancar cahaya Al-Qur'annya, yakni Nur dari Allah SWT. Aamiin.

Diperbarui
Tambahkan Komentar

Hello pembaca yang sholeh dan sholehah
Terima kasih ya, telah mampir dan baca tulisanku di blog www.firakahar.com ini.

Alhamdulillah wa syukrulillah aku bisa jumpai pembaca dengan menulis di blog, kalaulah ada tulisanku bermanfaat bagin pembaca, jangan sungkan dan ragu untuk di share, follow dan di coment ya.

Aku senang dan bahagia jika ada kritik ataupun masukan yang membangun terhadap tulisan-tulisanku di blog ini.

Jika ada kesempatan untuk bekerjasama boleh hubungi hp/wa-ku: 8117306556, by email_ku: mfwkk@yahoo.com

see you
regard from me
FIRA KAHAR


MA'HAD AL JAMI'AH UIN FATMAWATI SUKARNO PUTRI BENGKULU

MA'HAD AL JAMI'AH UIN FATMAWATI SUKARNO PUTRI BENGKULU

Ma'had Al Jami'ah Universitas Islam Negeri Bengkulu