Ibu adalah sekolah utama, bila engkau mempersiapkannya, maka engkau telah mempersiapkan generasi terbaik.

EPISODE KESATU ; MENYAMBUT BULAN SUCI RAMADHAN 1443 H

Friday, April 1, 2022

Oleh Fira Rozian

 

HASIL SIDANG ITSBAT

Hari Jum'at waktu ba'da maghrib, tibalah saatnya menyaksikan hasil sidang itsbat, menentukan tanggal 1 Ramadhan 1443 H di tahun 2022 M. Setelah mendapat hasil pengamatan hilal di 107 titik se-Indonesia maka diumumkanlah hasil sidang oleh pak mentri Agama bapak Yaqut, bahwasanya 1 Ramadhan 1443 jatuh pada hari Ahad, 03 April 2022.

Sedangkan yang meyakini perhitungan dengan hisab, tetap melaksanakan puasa di hari Sabtu, 02 April 2022.

Setelah sholat Isya berjama'ah, Suamiku sebagai imam mesjid langsung mengumumkan kepada jama'ah sholat hal hasil dari sidang itsbat ba'da maghrib tadi. Semua jama'ahpun menerima keputusan dengan hati yang lapang dan bergembira ria menyambut bulan suci Ramadhan kan tiba. walau persiapan secara fisik di masjid semuanya sudah siap. Karpet sudah tersusun rapi, lingkungan masjid sudah bersih dan rapi, jadwal imam sholat dan kultum tarawih sudah tersusun dan terjadwal, jadwal berbagi ta'jil oleh ibu-ibu RT 15 juga sudah tersosialisasi dengan baik. Semua persiapan dalam menyambut dan melaksanakan ibadah di bulan suci Ramadhan sudah 100%  tuntas.

Marhaban Ya Ramadhan, Selamat Datang Bulan Suci Ramadhan 1443 H/ 2022 M. Semoga kita semua mendapat Rahmat dari Allah SWT. Aamiin.


ZIARAH KUBUR

Kegiatan berziarah kubur adalah kegiatan yang rutin dilakukan oleh keluargaku, Ada dua momen yang saya alami yakni Ketika mau masuk bulan suci Ramadhan dan ketika hari raya, baik hari raya 'Idul Adha maupun 'Idul Fitri. Ramadhan kali ini dilakukan seminggu sebelum masuk bulan Suci Ramadhan, kebetulan keluarga lagi kumpul semua di rumah orangtua, spontan saja suami ngajak semua keluarga untuk pergi berziarah ke kuburan ayahanda Tarmizi bin Sabri. Yang mana lokasi kuburannya hanya berjarak sekitar 20 M dari rumah orangtua.


BERMAAF-MAAFAN

Bulan Ramadhan adalah bulan terbaik dari seribu bulan, Bulan Ramadhan adalah bulan yang paling mulia, untuk itu, sebelum memasuki bulan mulia yang penuh rahmat dari Allah SWT, hendaknya hati, fikiran dan jasad manusia mesti baik dan suci pula. Untuk itu kita sesama manusia saling memaafkan membersihkan diri dari kesalahan-kesalahan diantara kita sesama manusia.


PREPARE : KEBERSIHAN RUMAH, MENU SAHUR DAN BERBUKA

Hari Jum'at dan Sabtu plus hari minggu, anak-anak dan saya sudah libur sekolah dalam rangka menyambut bulan puasa, sedangkan suami hari Sabtu+minggu saja liburnya kebetulan hari krida mahasiswa. 

Alhamdulillah 3 hari libur, bisa mempersiapkan suatu hal dalam menyambut bulan suci Ramadhan, suami membersihkan kaca dan kusennya, anak-anak ikut membantu, seangkan saya mulai merancang dan membeli bahan untuk menu makan sahur dan berbuka slama bulan suci Ramadhan. 


TARAWIH MALAM KE-1 DI BULAN RAMADHAN

Sabtu malam minggu, 02 April 2022 sudah mulai melaksanakan sholat tarawih, kami sekeluarga melaksanakan sholat terawih di masjid Utsman Bin Affan Rt 15 kelurahan Sumur Dewe Kota Bengkulu. Imam sholat dan kultum taraweh malam ini adalah Ustadz Dr. H. Rozian Karnedi, M.Ag, selaku imam masjid mengawali memimpin sholat taraweh di awal bulan Ramadhan setiap tahunnya.


MATERI KULTUM TARAWIH

Alhamdulillah jama'ah sholat tarawih penuh, sholat isya dilaksanakan jam 19.30 WIB, dilanjutkan kultum dan sholat tarawih 8 takaat plus sholat witir 3 rakaat.

Adapun materi kultum malam pertama ini adalah "KIAT-KIAT SUKSES MENGGAPAI RAMADHAN BERKAH" oleh Dr. H. Rozian Karnedi, M.Ag,

Disaat kultum dimulai, semua jamaah khusyuk mendengarkan materi dari ustadz, ustadz menyampaikan bahwa Ramadhan adalah sayyidusyuhur (penghulu bulan) atau syahrul mubarak (bulan yang penuh berkah). Shahrussiyam (bulan diwajibkan berpuasa). Namun tidak sedikit yang tidak mendapatkan apa-apa di bulan Ramadhan, melainkan hanya lapar dan haus (al-Hadis). Na'uzubillahiminzalik, semoga kita tidak termasuk yang demikian, semua kita pastilah berharap mendapatkan keberkahan dari bulan suci Ramadhan ini.

Semua jamaah menunggu dengan sabar lanjutan materi dari ustadz. Ustadz Rozian memberikan kiat-kiat yang perlu dilakukan agar sukses menggapai Ramadhan yang berkah, diantaranya:

1. Memasang niat puasa pad malam hari sebelum waktu imsyak

    Bagi yang akan berpuasa hendaklah memasang atau memalamkan niatnya pada        malam hari sebelum puasa tersebut. (HR:Al-Nasai)

2. Bersahur dengan men-ta'khir-kannya.

    Disunahkan bagi yang akan berpuasa makan sahur dan mentakhirkannya paling       lambat 10 menit sebelum fajar. (HR : Buhkari)

3. Tidak ber-taladzuz (bernikmat-nikmat) d3ngan makanan dan minuman ketika        berpuasa. Seperti sengaja mencium aroma makanan. Dalam hal ini Rasulullah           melarang paa sahabat berlebihan atau terlalu lama ketika berkumur-kumur.            Istinsyak (memasukkan air kehidung) ketika berwuduk dalam keadaan berpuasa.     (al-Hadis)

4. Berbuka dan menyegerakannya (jika sudah masuk waktunya). Disunahkan                 mendahulukan berbuka dengan kurma yang manis.

5. Berinfak dan memberi perbukaan pada orang yang berpuasa.

6. Tidak berlebihan/boros dalam berbuka.

7. Mendirikan Qiyam Ramadhan, seperti shalat tarawih, shalat witir dan berdo'a.

8. Memperbanyak tilawah dan tadarus al-Quran

9. Memperbanyak infaq dan sedekah

10. Ber'itiqaf di masjid 10 malam terakhir.

Demikianlah materi kultum menjelang tarawih yang disampaikan oleh ustadz di malam pertama dibulan Ramadan 1443 di masjid Utsman Bin Affan, materi kultum diakhiri dengan do'a "Semoga semua jamaah sukses beribadah dan mendapatkan predikat muttaqin (orang yang bertakwa dan memperoleh surga. Aamin Yarabbal'alamiin.                                             

Post Comment
Post a Comment

Hello pembaca yang sholeh dan sholehah
Terima kasih ya, telah mampir dan baca tulisanku di blog www.firakahar.com ini.

Alhamdulillah wa syukrulillah aku bisa jumpai pembaca dengan menulis di blog, kalaulah ada tulisanku bermanfaat bagin pembaca, jangan sungkan dan ragu untuk di share, follow dan di coment ya.

Aku senang dan bahagia jika ada kritik ataupun masukan yang membangun terhadap tulisan-tulisanku di blog ini.

Jika ada kesempatan untuk bekerjasama boleh hubungi hp/wa-ku: 8117306556, by email_ku: mfwkk@yahoo.com

see you
regard from me
FIRA KAHAR

Auto Post Signature

Auto Post  Signature