Ibu adalah sekolah utama, bila engkau mempersiapkannya, maka engkau telah mempersiapkan generasi terbaik.

BERMAIN ALAT MUSIK ENSAMBEL

Monday, April 11, 2022





PENGERTIAN

Secara umum, musik ensambel diartikan sebagai penyajian alat-alat musik ritmis dan melodis yang dibunyikan secara bersama untuk menghasilkan suara dan musik yang harmonis. Permainan musik ini dipimpin oleh seorang konduktor yang akan memberi aba-aba pada semua pemain musik sehingga diperoleh suara instrumen musik yang selaras. Bermain musik secara ensambel memerlukan kerja sama dan kekompakan. Harmonisasi bunyi merupakan salah satu kekuatan pada musik ensambel sehingga dapat menghasilkan musik yang enak didngar.


MENAMPILKAN MUSIK ENSAMBEL


1. Pengertian musik ensambel


Musik ensambel adalah bermain musik secara bersama-sama engan menggunakan beberapa alat musik. kata ensambel berasal dari bahasa perancis ensamble yang arttinya rombongan musik. Musik ensambel terbagi menjadi dua kelompok yaitu musik ensambel sejenis dan musik ensambel campuran.


a. Musik ensambel sejenis


        Musik ensambel sejenis adalah permainan musik yang disajikan menggunakan alat musik yang sejenis, misalnya ensambel recorder. Namun, adapula ensambel yang memainkan beberapa jenis alat musik tertentu yang masih tergolong dalam jenis yang sama, misalnya ensamel gesek. Alat musik yang dimainkan adalah biola, selo, dan kontra bas, semuanya masih tergolong alat musik gesek. 


b. Musik ensambel campuran


        Musik ensambel campuran adalah permainan musik yang disajikan menggunakan alat musik yang beraneka macam, misalnya menggunakan recorder, simbal, pianika, tamborin, gitas, dan triangle.


2. Alat musik Ensambel


        Berdasarkan fungsi dan peranannya jenis alat musik ensambel dapat dibedakan menjadi berikut:


a. Alat musik Melodis


        Alat musik melodis ialah alat musik yang digunakan untuk menciptakan semuah lagu dan mengiringi lagu. Alat musik melodis bisa menghasilkan suatu nada atau notasi. Alat musik melodis digunakan untuk mengatur nada pada saat orang sedsang bsrnyanyi. Beberapa jenis alat musik melodi berdasarkan cara memainkannya sebagai berikut:

1. Dipetik, Contohnya kecapi, mendolen, gitar, dan sasando.

2. Ditiup, contohnya seruling, harmonika, dan vianika.

3. Ditekan, Contohnya piano dan acordion.

4, Digesek, contohnya biola

5. Dipukuli, contohnya kulintang

6. Digoyang, contohnya angklung


b. Alat Musik Ritmis


        Alat musik retmis hanya bisa mengeluarkan beberapa nada unik untuk mengiringi alat musik lainnya dalam lagu. Alat musik retmis juga tyidak menghasilkan sebuah nada yang tetap. Namun, alat musik retmis membuat semua lagi menjadi lebih hidup. Alat musik retmis juga berfungsi untuk mengatur tempo lagu supaya teratur dari bagian awal hingga akhir lagu. Setiap alat musik retmis mempunyai bentuk dan cara memainkan yang berbeda. Ada alat musik retmis yang dipukul atau digoyang untuk menghasilkan bunyi. Contoh alat musik retmis yaitu gendang, ketipung, rabana, tifa, kastanyet, drum, dan triangle.


c. Alat Musik Harmonis


        Alat musik harmonis adalah alat musik yang dapat menghasilkan lebih daru satu nada ketika dimainkan dan dapat menghasilkan nada yang harmonis. Aalt musik harmonis sebenarnya dapat berdiri sendiri dalam hal melodi, ritme, maupun paduan pengiringnya. Oleh nkarena itu, para ahli menyebut alat musik harmonis sebagai alat musik Soliter. Semua alat musik harmonis merupakan alat musik melodis, namun tidak semua alat musik melodis merupakan alat musik harmonis. Contoh alat musik harmonis adalah yaitu gitar, harpa, angklung, bonang, siter, gambus, kecapi, kolintang, sasanda, pianika, dan biola.

Post Comment
Post a Comment

Hello pembaca yang sholeh dan sholehah
Terima kasih ya, telah mampir dan baca tulisanku di blog www.firakahar.com ini.

Alhamdulillah wa syukrulillah aku bisa jumpai pembaca dengan menulis di blog, kalaulah ada tulisanku bermanfaat bagin pembaca, jangan sungkan dan ragu untuk di share, follow dan di coment ya.

Aku senang dan bahagia jika ada kritik ataupun masukan yang membangun terhadap tulisan-tulisanku di blog ini.

Jika ada kesempatan untuk bekerjasama boleh hubungi hp/wa-ku: 8117306556, by email_ku: mfwkk@yahoo.com

see you
regard from me
FIRA KAHAR

Auto Post Signature

Auto Post  Signature