Top Social

FIRA KAHAR

Ibu adalah sekolah utama, bila engkau mempersiapkannya, maka engkau telah mempersiapkan generasi terbaik.

Menuju Indonesia Maju Bersama Flash Blogging Bengkulu

Friday, April 27, 2018
Flash Blogging Bengkulu "MENUJU INDONESIA MAJU"


FLASH BLOGGING...... Itu apaan sih? 

Ada yang mau tau? mungkin sudah tau dan pernah mengalaminya yaa, nah yang belum tau, yuk tuntasi baca tulisan aku kali ini yaa.....Insyallah tulisannya Ok dech. 

Kementrian Komunikasi dan Informasi mengadakan kegiatan Flash Blogging bekerja sama  dengan Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Bengkulu serta Ditjen Informsi dan Komuniksi Publik.

Kegiatan ini pesertanya adalah anggota Komunitas Blogger Bengkulu. Alhamdulillah aku adalah salah seorang anggota dari komunitas, sehingga aku bisa hadir disini, di Hotel Amaris Bengkulu. 
Hotel Amaris Bengkulu tempat pelaksanaan kegiatanku hari ini "Flash Blogging" bersama teman-teman di komunitas Blogger Bengkulu. Aku dan teman-teman peserta berkumpul di sini, ya hari ini Jum'at, 27 April 2018.

Acara ini ku ikuti dengan riang, walau sebenarnya ini pengalamanku pertama ikut kegiatan flash blogging, dua hari sebelumnya sempat sih aku browsing tentang apa itu flash blogging......ternyata flash blogging itu adalah menulis di blok secara serempak dengan waktu yang ditentukan batasannya.

Sebelum memulai menulis,serentak kita dapat materi dulu tentang materi apa yang akan di tulis, Ada dua materi yang di sampaikan oleh pemateri yang keren-keren.
Siapa aja coba?

Pemateri pertama oleh pak Andoko Darta, beliau dari Istana Negara yakni salah seorang Tim Komunikasi Presiden Republik Indonesia, beliau dari Ibu Kota Jakarta langsung menuju Bengkulu. 


Woooooow keren yaa pemateri pertama ini. 
Apalagi di sela-sela menyampaikan materi Bapak Andoko berdialog aktif pada peserta, termasuk aku yang sempat di suruh beliau maju ke depan untuk bercerita tentang keluargaku yang berada di Aceh. sebagai reward dari beliau aku mendapatkan sebuah payung dari Bapak Presien Jokowi, Alhamdulillah senangnya.......

Temans mau tau, Apa sih materi yang disampaikan Bapak Andoko??? 
Diataranya tentang program "Pemerataan" oleh pemerintah di segala bidang di semua wilayah Kesatuan Negara Republik Indonesia, baik daerah terpencil sekalipun, semua dijangkau tanpa terkecuali. Bapak Andoko Darta say " Pemerataan tidak dapat tercapai dengan kesamaan perlakuan" dari penyampaian beliau aku jadi tau betapa mestinya aku bersyukur hidup di Bengkulu yang bisa membeli BBM dengan harga Rp.6.500,- sedangkan di daerah Kalimantan dan Papua sana BBM hingga mencapai Rp.45.000, bahkan sampai Rp.65.000,-                                                                                                                                                   
Tetapi sekarang sejak adanya pemerataan yang berkeadilan, di sana sudah di bangun SPBU sehingga harga BBM sudah di harga Rp.6.450,- . Alhamdulillah jadi ikut senang mendengar apa yang di sampaikan pak Andoko bahwa info terakhir di tahun 2017 tingkat kemiskinan di Indonesia semakin menurun.

Materi pertama ini disampaikan dengan sangat menarik oleh pak Andoko, didukung dengan tampilan video-video yang aktual dengan konten kondisi nyata kehidupan masyarakat Indonesia.

Subhanallah..........benar-benar menyentuh ya....bagaimana perjuangan pemerintah terhadap pembangunan Negara Indonesia, tinggal lagi peran kita sebagai blogger ataupun penulis adalah dapat berpartisipasi menyebarkan berita-berita yang positif dan bijak tentang informasi di media sosial. Pak Andoko Menghimbau kiranya kita semua blogger agar kiranya "menyampaikan berita yang benar dan memperbaiki yang salah dengan cara yang benar"

Lanjut yaaa.....
Pemateri Kedua yakni Mbak MIRA SAHID, beliau adalah founder kumpulan emak blogger yang sudah berkiprah menulis di blog sejak tahun 2008, Sudah banyak sekali pengalaman-pengalaman mba yang kece ini dalam dunia kepenulisan di blog.                                    Wanita kece ini, selain blogger dia juga seorang instruktur yoga.                                               Mba Mira Sahid menyampaikan materi  tentang:




BLOGGER UNTUK INDONESIA.

Salah satu kegiatan manusia sebagai makhlik sosial adalah berinteraksi dngan manusia lainnya lewat internet dengan menulis dan berbagi tulisan di blog.

Untuk apa blog itu?                                                Blog bisa sebagai hobi / passion,                          Blog sebagai rekam jejak digital,                          Blog sebagai media Iinformasi                              Blog sebagai personal branding,                            Blog sebagai engagement, dan                              Blog sebagai peluang.
Selanjutnya, bagaimana menjadikan bentuk blog yang bagus?
diantaranya:
Blog itu ramah mata
Blog itu up to date dan informatif
Blog itu spesifik
Blog itu personal, Blog itu bergguna, dan 
Blog itu unik.

Trus bagaimana mendapatkan ide kreatif menulis blog?
kita mesti banyak membaca, berlatih, terdapat efek visual, inner link, positif, dan pinter dalam mengolah kata.

Pesan untuk semua blogger "you are what your write!"
artinya apa yang kita tulis di blog itu:
Benarkah?
Menyakitkankah?
Ilegalkah?
Pentingkah?

Terakhir mba Mira Sahid menghimbau kita semua blogger "Mari kita bijak dalam bersosmed, think before you post, saring sebelum di sharing

QS. Al-Hujarat ayat 6 yang artinya : " hai orang-orang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa sesuatu berita maka periksalah dengan teliti". 

Setelah sesien mendengarkan materi yang disampaikan Bapak Andoko dan Mba Mira Sahid, tibalah waktunya kegiatan flash blogging, menulis serentak dalam waktu satu jam. 
Akhirnya suasana ruangan menjadi hening dari suara manusia, yang terdengar hanya tak tik tuk tak tik tuk tak saja. Sebanyak 74 peserta blogger bermain di depan medianya masing-masing, ada yang menggunakan laptop, ada juga yang menggunakan android saja.

Subhanallah wa syukrillah hari ini tidaklah sia-sia aku memfokuskan diri pada kegiatan flash blogging "menuju Indonesia Maju" banyak sekali ilmu yang ku dapat dari kegiatan ini:
*Mendapat ilmu baru tentang blogger
*Punya wawasan tentang kinerja pemerintah RI
*bisa kopdar dengan mbak Mira Sahid, sebagai founder Kumpulan Emak Blogger
*Mendapat teman baru
*Yang palingnya lagi tulisan blogku jadi bertambah deh....

Diakhir acara kita foto bersama dulu yaaaa...

Sekitar jam 16.30 kegiatan flash blogging berakhir. Alhamdulillah aku dan teman-temanpun bertolak menuju rumah masing-masing dengan membawa ilmu yang luar biasa bermanfaat untukku sebagai blogger.

Bagi teman-teman yang mau melihat kegiatan flash blogging bengkulu bisa dilihat di video di bawah ini ya......


*Tulisan ini di buat dalam rangka #flashbloggingbengkulu yang dilaksanakan oleh @kemkominfo @djikp dan @rniken



2 comments on "Menuju Indonesia Maju Bersama Flash Blogging Bengkulu"

Auto Post Signature

Auto Post  Signature