Top Social

FIRA KAHAR

Ibu adalah sekolah utama, bila engkau mempersiapkannya, maka engkau telah mempersiapkan generasi terbaik.

MENULIS LIPUTAN BLOG

Thursday, April 5, 2018

BELAJAR MENULIS LIPUTAN BLOG



Menjadi orang yang bermanfaat untuk manusia lainnya adalah sebuah motivasi hidupku. Menulis adalah salah satu jalannya.....banyak sekali ku temukan tulisan-tulisan yang dapat menginspirasi orang lain untuk melakukan kebaikan........

Awalnya emang aku masih bingung bagaimana memulainya yaa....agar apa yang aku tulis bisa di baca oleh orang lain dan banyak orang....
Alhamdulillah aku bertemu dengan sebuah komunitas yang anggotanya adalah orang-orang yang mempunya keinginan yang sama yakni menulis untuk memberi pencerahan buat diri sendiri dan orang lain. Sampai akhirnya aku menjadi ketagihan untuk menulis, walau hanya mengupdate status di media sosial, sebuah kepuasan bathin yang membahagiakan ketika tulisan ku di sukai bahkan di bagikan oleh orang lain......

Komunitas ini sudah banyak mengajariku ilmu yang berkaitan dengan dunia menulis. Di komunitas ini sudah banyak yang menjadi penulis yang hebat dan disenangi pembaca....materi-materi yang diberikan sangat bermanfaat dan mendukung sekali agarbisa menulis di blog. Diantaranya ilmu memotret, ilmu membuat video singkat, ilmu meliput berita di blog dan sebagainya. 
Foto Musfirah Abdul Kohar.
Pada akhirnya aku mengerti tentang bagaimana agar tulisan kita bisa bertahan dan masih bisa dibaca kapanpun dibutuhkan, yakni menulis di Blog....pantes ya komunitas ini bernama Blogger Bengkulu 
yakni BOBE adalah sebuah komunitas yang di dalamnya orang-orang yang senang dan hobi menulis di blog. semua sudah punya blog yang bagus-bagus dan sudah di domainkan. Sedangkan aku baru punya blog, alhamdulillah blog ku sudah di domainkan, atas  bantuan teman-teman di BOBE, terkhusus kak Piter dan Kak Milda. Mereka adalah mentor sekaligus guru  yang baik di BOBE ini.
Foto Musfirah Abdul Kohar.
Selain mereka berdua, di Bobe aku ketemu kakak - kakak yang hebat dalam menulis di blog, dan mempunyai blog yang beragam nichise, ada blog lifestyle, blog kuliner, blog traveling, blok kecantikan, dan blog-blog lainnya. kumunitas ini  memberi keleluasaan untuk berkreatifitas dan mengeksplore diri kita sendiri....sesuai dengan kesenangan atau hobi masing-masing blogger. yang jelas dapat membagikan berita atau info yang bermanfaat, baik untuk blogger itu sendiri ataupun untuk orang lain atau pembaca blog. Pokonya aku banyak mendapatkan ilmu blog di komunitas inni dari ilmu dasar-dasarnya sampai ilmu bagaimana mendapatkan berita dan bagaimana pula meliput berita tersebut ke blog yakni  "Menulis berita atau meliput berita di Blog".
materi ini kudapat ketika belajar di blogger kelas delapan Blogger bengkulu.

Foto Musfirah Abdul Kohar.
Untuk mendapatkan materi ini tidak semudah yang kukira, mana tempat belajar kali ini lumayan jauh dari rumahku, acaranyapun dilaksanakan di siang hari, waktu enak-enaknya tidur siang, lagi pula acaranya di hari waktunya aku bisa berleyeh-leyeh sama anak-anak dirumah, yakni hari Minggu.....dimana aku telah menghabiskan keenam hari di kegiatan rutinitasku sebagai ASN.

Bagaimana ya perjalananku mendapatkan ilmu kali ini...begini ceritanya : Salah satu agendaku hari itu adalah kembali belajar bersama teman-teman di kelas Blogger Bengkulu. Sudah satu minggu lamanya aku menunggu dan mempersiapkan diri untuk hadir di Bengkulu Ekspres, tempat belajar Blogger kelas delapan. Bagiku materi kelas blogger kali ini benar-benar menantang "Menulis Liputan Blog".
Maklumlah Blogger pemula.....yang sedang semangat-semangatnya belajar.
Pematarinya ada dua diantaranya Kak Zalmi Herawati (salah seorang redaktur di Bengkulu Express) dan Kak Milda (sebagai ketua BOBE). Walau usiaku sudah kategori mak-emak tapi semangat belajarku gak mau kalah dengan yang masih muda-muda lho....he he heeee.

Foto Musfirah Abdul Kohar.
Semangat belajar yang tinggi mengalahkan segala tentangan yang ada pada hari itu....
Walau jarak dari lokasi BE ke rumahku lumayan jauh sih..mana di hari minggu itu ada beberapa undangan yang wajib aku hadiri....akhirnya ada dua undangan yang kuhadiri pagi-pagi sekali, biarlah gak dapet makan enak di tempat undangan, demi sebuah ilmu yang baru......... 

Alhamdulillah.... akhirnya aku sampai ke lokasi belajar BOBE kelas delapan. Pas nyampe di lantai satu gedung BE ketemu sama beberapa peserta...kayaknya belum mulai ya acaranya, yo weslah punya kesempatan untuk berselfie-selfie duyuu. Jujur yeee, aku baru kali ini lho main atau berkunjung ke kantor Bengkulu Express ini....
Setelah puas berselfie trus aku naik ke lantai tiga mengikuti teman peserta lainnya, naaah pas nyampe di lantai tiga, taunya acara hampir saja akan dimulai, kak Milda ketua Bobe sudah disana beserta peserta lainnya. tinggal menunggu pemateri yang satu lagi kak zalmi.
Foto Musfirah Abdul Kohar.
Acara kelas delapan blogger Bengkulupun akhirnya dimulai yang dimoderatori oleh kak Zepron. Jumlah pesertanyapun full dua puluh orang. Materi dari dua orang kak Zalmi dan Kak Milda ku lahap dengan khusuk. Materi yang kudapatkan hari ini bener-bener bagus.

Kak Zalmi say: " Peliputan beria adalah proses mencari dan menghimpun berita".

Kak Milda say: Menulis berita di grup pada prinsipnya sama dengan meliput berita, bedanya hanya pada tata behasa di blog lebih ke personality penulis".


Selanjutnya kak Zalmi juga menjelaskan tentang Unsur-unsur pembuatan berita diawali dengan lima W : What, Why, Who, When, dan Where. dan 1 H : How.
W pertama adalah Apa? Apa nama kegiatan yang diliput?
W kedua Mengapa? Apa tujuan kegiatan ini dilaksanakan?
W ketiga Siapa? Siapa saja yang terlibat pada kegiatan ini?
W keempat Siapa? Siapa  yang fgurnya sangat dibutuhkan disini.
W kelima siapa) Dimana kegiatan itu dapat dilaksanakan dengan baik
H bagaimana melaksanakan kegiatan tersebut.
Untung ruangan nya ber-AC, sangat representatif untuk belajar, sangat nyaman, adem, tenang, khusuk mengikuti kegiatan belajar menulis meliput blog. Akupun ikut melontarkan beberapa pertanyaan, saking semangatnya aku sampai lupa memepertkenalkan diri terlebih dahulu, rasa-rasa semua orang sudah kenal aku.
 Setelah seisen materi dan tanya jawab selesai, tibalah pada acara yang dinanti yakni ACTION. kita diberi tugas menulis atau meliput langsung tentang kegiatan hari ini. Tulisannya di share di FB dan di IG. Sembari mengerjakan tugas semua peserta dapat jatah nasi goreng ayam geprek, dari panitia kelas bobe. 
"Horeeeeeeeeeeeeeee". mari kita makan siang.
Alhamdulillah semua baik-baik saja.

MARI KITA MELIPUT BERITA BAIK KE DALAM BLOG

Sampai jumpa lagi yaaa........
2 comments on " MENULIS LIPUTAN BLOG"

Auto Post Signature

Auto Post  Signature